Informasi Terpercaya Masa Kini

Laptop Lenovo Ini Punya Prosesor Intel dan Snapdragon Sekaligus

0 5

KOMPAS.com – Produk PC kategori 2-in-1 alias convertible biasanya berupa laptop yang bisa ditekuk atau dilepas papan ketiknya sehingga bisa berubah menjadi layaknya tablet, tapi memiliki satu prosesor utama.

Beda halnya dengan ThinkBook Plus Hybrid dari Lenovo yang benar-benar menerapkan istilah “2-in-1” secara harfiah dengan cara menanamkan prosesor laptop dan tablet sekaligus, yakni Intel Core Ultra 7 155H (x86) dan Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Sistem operasi yang dijalankan pun ada dua, yakni Windows 11 ketika digunakan sebagai laptop dan Android 13 saat perangkat difungsikan sebagai tablet.

Baca juga: Baterai Laptop Snapdragon X Elite Lenovo Diklaim Bisa Tahan 29 Jam

ThinkBook Plus Hybrid sebenarnya terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berupa tablet Android dengan prosesor Snapdragon yang bisa dipakai secara mandiri alias stand alone.

Bagian kedua adalah keyboard dock yang ikut memuat hardware laptop dengan prosesor Intel Core Ultra dan sistem operasi Windows. Saat tablet dihubungkan ke docking, layarnya pun beralih fungsi menjadi monitor untuk sistem Windows di keyboard.

Konsepnya mirip-mirip dengan perangkat tablet “dual OS” yang dulu sempat marak. Namun, ThinkBook Plus Hybrid buka perangkat dual-boot, melainkan terdiri dari dua perangkat berbeda yang bisa disatukan.

Dua dalam satu

Bagian layar ThinkBook Plus Hybrid yang bernama “Hybrid Tab” adalah tablet Android dengan layar OLED selebar 14 inci (2.800 x 1.800 piksel) yang turut mendukung input berbasis sentuhan dan pena digital (stylus).

Di dalam tablet terdapat SoC Snapdragon 8 Plus Gen 1 dengan RAM LPDDR5X 12 GB, storage UFS 3.1 256 GB, baterai 38 Wh dengan fast charging 50 watt PD/ PPS, USB C, WiFi 6E, Bluetooth 5.3, kamera belakang 13 MP dan 5 MP, serta kamera depan 1080p dengan dukungan IR dan privacy shutter.

Sementara itu, bagian keyboard yang bernama “Hybrid Station” tak ubahnya sebuah komputer lengkap tanpa layar. Komponennya terdiri dari prosesor Intel Core Ultra 7 155H, RAM LPDDR5x-7467 32 GB, storage SSD NVMe PCIe Gen 4 1 TB, dan baterai 75 Wh dengan fast charging 100 watt.

Ketika Hybrid Tab ditancapkan ke Hybrid Station, tablet itu pun berubah menjadi layar bagi komputer Windows di keyboard. Kamera depannya ikut menjadi webcam bagi keseluruhan laptop yang turut menyediakan dua port Thunderbolt dan audio jack 3,5 mm.

Selain itu, ThinkBook Plus Hybrid menyediakan shared storage untuk berbagi file antar komponen tablet Android dan keyboard Windows, tapi ukurannya relatif terbatas dengan kapasitas hanya 10 GB.

Baca juga: Lenovo Luncurkan Yoga Portal, PC Mini Pesaing Mac Studio

Seperti dihimpun KompasTekno dari Liliputing, Selasa (6/8/2024), bagian tablet berbobot 785 gram dengan ketebalan hanya 6,6 mm. Namun, ketika digabungkan dengan bagian keyboard, ukurannya membengkak jadi berbobot 1,75 kg dengan ketebalan 15,9 mm.

ThinkBook Plus Hybrid yang pertama kali diperkenalkan di ajang CES 2024 di awal tahun kini sudah mulai dijual lewat pre-order di Chna. Banderolnya cukup tinggi, yakni 15.999 yuan atau Rp 36,2 juta.

Leave a comment