Informasi Terpercaya Masa Kini

Deretan Bank yang Sudah Mulai Pembangunan di IKN

0 6

TEMPO.CO, Jakarta – Pembangunan di IKN hingga kini masih terus dilakukan. Beberapa infrastruktur telah dibangun, salah satunya bank. Sebagai jantung sistem keuangan suatu negara, keberadaan bank di ibu kota sangat vital. Lantas bank mana saja yang telah mulai pembangunan di IKN?

Bank Indonesia

Gedung perkantoran Bank Indonesia atau BI mulai dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kepala Otorita IKN Bambang Susantono bersama Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah melaksanakan groundbreaking atau peletakan batu pertama kantor pusat BI pada Kamis, 2 November 2023.

Menurut Jokowi, dimulainya pembangunan kompleks perkantoran Bank Indonesia menunjukkan kesungguhan, komitmen, dan kesiapan pemerintah untuk membangun IKN. “Keberadaan gedung perkantoran Bank Indonesia di IKN ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, dunia usaha, dan investor,” kata dia dalam keterangan tertulis pada Minggu, 5 November 2023.

Adapun perpindahan lokasi gedung perkantoran Bank Indonesia ini didasari oleh Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara.

Beleid ini menyebutkan bahwa BI merupakan lembaga negara independen yang diamanatkan untuk berpindah kedudukan serta menjalankan tugas, fungsi, dan peran di IKN.

Tiga bank BUMN

Presiden Joko Widodo secara bergantian melakukan peletakan batu pertama untuk tiga bank BUMN yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. pada Kamis, 29 Februari 2024.

Dikutip dari Antara, pada kesempatan itu Presiden mengatakan keberadaan digital banking penting di IKN, untuk mendorong masyarakat agar betul-betul beralih kepada transformasi digital.

“Dan memang transformasi ekonomi di Ibu Kota Nusantara ini harus mendorong kita semua untuk bertransformasi dari pola ekonomi lama ke pola ekonomi baru, karena memang landskap ekonomi global semua sekarang berubah, landskap politik global juga berubah semuanya, geopolitik juga berubah,” jelasnya.

Bank Kaltimtara

Jokowi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bank Kaltimtara di IKN pada Jumat, 1 Maret 2024. Menurut dia pembangunan Bank Kaltimtara menjadi langkah memajukan sektor keuangan di Kalimantan, sekaligus transformasi ekonomi Indonesia.

“Memang kita konsepkan bahwa di sini adalah akan menjadi ekonomi baru, akan menjadi transformasi ekonomi Indonesia sehingga semuanya memang harus masuk ke digital banking,” ujar Presiden Jokowi.

Dikutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara RI, Bank Kaltimtara yang memiliki modal terbesar di antara bank-bank pembangunan daerah (BPD) di Tanah Air, diharapkan dapat membentuk konsorsium dengan BPD lain di Kalimantan dan berfungsi sebagai koordinator untuk meningkatkan kekuatan modal dan daya saing.

BTN

Bank Tabungan Negara (BTN) juga menjadi salah satu bank yang telah memulai pembangunan di IKN. Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang telah mengambil langkah untuk membangun kantor pusat atau kantor cabang di Nusantara. Menurut Presiden, pembiayaan untuk investasi di bidang properti akan sangat dibutuhkan di IKN.

“Jadi kalau Bank BTN membangun head office-nya atau cabangnya di Nusantara ini tidak salah, tidak keliru karena memang akan banyak sekali dibutuhkan pembiayaan untuk investasi untuk properti di Ibu Kota Nusantara ini,” kata Jokowi.

YOLANDA AGNE | RIANI SANUSI PUTRI | DANIEL A. FAJRI | ANTARA

Pilihan Editor: PUPR Pastikan Ada Rumah Subsidi di IKN

Leave a comment