Informasi Terpercaya Masa Kini

Rusia Akui Krasikov adalah Pembunuh yang Diperintahkan Negara untuk Habisi Tokoh Chechen

0 5

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Negara Barat telah melakukan pertukaran tahanan dengan Rusia. Salah satu tahanan yang masuk dalam program penukaran itu adalah Vadim Krasikov.

Kremlin mengakui Vadim Krasikov adalah ‘pembunuh’ atau eksekutor yang diperintahkan negara Rusia. Vadim Krasikov merupakan pembunuh yang dibebaskan oleh Jerman dalam pertukaran tahanan bersejarah pada Kamis. Krasikov diketahui sebagai petugas Dinas Keamanan Federal Federasi Rusia (FSB),.

Seperti dilaporkan the Guardian, ini merupakan pengakuan pertama kali bahwa pembunuhan pada 2019 terhadap seorang tokoh pengasingan Chechnya di Berlin adalah serangan yang diperintahkan negara.

Hal ini juga mengisyaratkan bahwa Krasikov terkait dengan pengawal pribadi Vladimir Putin. “Krasikov adalah pegawai FSB,” kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov, kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa dia “telah bertugas bersama beberapa orang yang bekerja di bagian keamanan presiden”.

Krasikov adalah satu dari delapan warga Rusia yang dibebaskan dari penjara di barat dan kembali ke Moskow pada Kamis. Pembebasan Krasikov sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran yang rumit. Sebanyak 16 orang dibebaskan dari tahanan Rusia, termasuk reporter AS Evan Gershkovich dan beberapa politisi oposisi Rusia.

Mereka yang terlibat dalam perundingan mengatakan bahwa bagi Putin, Krasikov selalu menjadi bagian terpenting dari teka-teki tersebut, dan Kremlin bersikeras bahwa dia harus menjadi bagian dari pertukaran tahanan ini.

Putin digambarkan sebagai orang yang nekad dan beradi dalam memulangkan Krasikov dari Jerman, Demikian salah satu sumber di Moskow yang mengetahui negosiasi tersebut – dan pengakuan pada hari Jumat bisa menjelaskan alasannya.

 

Ini adalah pertama kalinya Kremlin mengakui salah satu agennya berada di balik pembunuhan di luar negeri. Sebelumnya, Moskow selalu membantah terlibat dalam kasus-kasus seperti peracunan Alexander Litvinenko pada 2006 di London, percobaan pembunuhan terhadap Sergei Skripal pada 2018 di Salisbury, atau sejumlah serangan terhadap orang buangan Chechnya di Istanbul.

Ketika Krasikov membunuh Zelimkhan Khangoshvili di pengasingan Chechnya di Berlin pada 2019, Kremlin menyangkal semua tanggung jawab. “Saya dengan tegas menolak segala kaitan antara insiden ini, pembunuhan ini dan pejabat Rusia,” kata Peskov saat itu.

Namun, dalam sebuah wawancara awal tahun ini, Putin menyebut Krasikov sebagai “patriot” yang telah “melikuidasi bandit”.

Krasikov dan tujuh orang lainnya yang kembali ke Rusia mendapat sambutan bak pahlawan di Moskow setelah pertukaran di Ankara.

Mereka disambut dengan karpet merah oleh pengawal kehormatan, dan Putin yang datang sendiri untuk memberikan persembahan. pelukan dan karangan bunga saat mereka turun dari pesawat.

Peskov menegaskan bahwa Artem Dultsev dan Anna Dultseva, yang menyamar sebagai pasangan Argentina di Slovenia, sebenarnya adalah mata-mata rahasia yang dapat menghabiskan waktu puluhan tahun di luar negeri dengan berpura-pura menjadi orang asing.

Kedua anak pasangan tersebut, yang dirawat di panti asuhan ketika orang tua mereka ditangkap pada akhir tahun 2022.

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, yang secara pribadi memberi Joe Biden lampu hijau untuk mengakhiri perjanjian di Berlin, mendukung pertukaran tahanan yang dibenarkan oleh “kewajiban untuk melindungi nyawa”. Ini karena Jerman cukup ‘menderita’ karena mahalnya harga pembebasan Krasikov.

Vladimir Kara-Murza, warga negara Rusia-Inggris yang juga dibebaskan oleh Moskow dalam pertukaran tersebut, mengakui betapa sulitnya bagi Jerman untuk menyetujui pembebasan Krasikov. Namun ia mengatakan kesepakatan itu telah menyelamatkan “16 nyawa manusia”.

Dia juga berspekulasi bahwa pemimpin oposisi Alexei Navalny mungkin masih hidup seandainya Barat menyetujui pertukaran dengan Kremlin lebih cepat.

“Sulit bagi saya untuk tidak berpikir bahwa, mungkin jika proses ini berjalan lebih cepat – jika perlawanan yang ada lebih sedikit – yang harus diatasi oleh pemerintah Scholz dalam hal pembebasan Krasikov, maka mungkin Alexei akan berada di sini dan bebas,” katanya kepada wartawan.

Aktivis oposisi lainnya, Ilya Yashin, menggambarkan kesepakatan itu sebagai “dilema yang sulit bagi pemerintah negara-negara barat”.

“Saya tidak tahu bagaimana melakukan politik Rusia di luar Rusia, tapi saya akan mencoba mempelajarinya,” katanya.

Pembebasan para tahanan disambut dengan kegembiraan dan kelegaan di seluruh Jerman, namun juga mendapat kekecewaan dari kelompok hak asasi manusia dan kemarahan dari keluarga korban pembunuhan.

Scholz, yang menghentikan liburannya untuk menyambut 13 mantan tahanan ketika mereka keluar dari pesawat pribadi di Cologne, mengatakan dia tidak punya pilihan, mengingat nyawa setidaknya beberapa sandera telah dipertaruhkan.

“Tidak ada yang menganggap enteng keputusan ini untuk memecat seorang terpidana pembunuh yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setelah hanya beberapa tahun ditahan,” katanya.

Michael Roth, seorang anggota parlemen dari Partai Sosial Demokrat yang dipimpin Scholz, mengatakan kadang-kadang diperlukan “atas dasar kemanusiaan untuk membuat kesepakatan dengan setan”.

Menteri Kehakiman, Marco Buschmann, dari partai libertarian Demokrat Bebas, mengatakan pemerintah diharuskan membuat “konsesi yang menyakitkan” dalam bentuk perintah pembebasan Krasikov, yang pertama, dan yang secara pribadi harus dia lakukan.

Amnesty International, organisasi hak asasi manusia, menyambut baik pertukaran tersebut namun memperingatkan akan adanya preseden yang bisa terjadi.

“Pemerintah Rusia dapat merasa berani untuk melakukan penangkapan politik lebih lanjut dan pelanggaran hak asasi manusia tanpa harus takut akan konsekuensinya,” kata wakil sekretaris jenderal cabang kelompok tersebut di Jerman, Christian Mihr.

Keluarga Khangoshvili bereaksi dengan marah terhadap pertukaran tersebut dan mengatakan bahwa mereka tidak diberitahu sebelumnya. “Itu adalah berita buruk bagi kami para kerabat,” kata keluarga tersebut dalam pernyataan melalui pengacara mereka, Inga Schulz.

Leave a comment