Informasi Terpercaya Masa Kini

Jika Dedi Mulyadi Maju Pilkada Jabar dan Ridwan Kamil di Jakarta, Demokrat: Memang sejak Awal Begitu

0 4

JAKARTA, KOMPAS.TV  – Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani berpendapat, Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah sejak awal memiliki skenario agar Ridwan Kamil maju di Pilkada Jakarta dan Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat.

Pendapat Kamhar tersebut ia sampaikan setelah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut bahwa partainya bakal mengusung Dedi Mulyadi sebagai cagub di Pilkada Jabar 2024.

“Jika kemudian Kang Dedi Mulyadi yang dimajukan di (Pilkada) Jawa Barat dan Kang Emil maju di Jakarta, memang sejak awal seperti itu adanya,” jelasnya pada Tribunnews.com, Sabtu (3/8/2024).

“Meskipun kemudian dalam perjalanan terjadi dinamika,” tambahnya.

Berkaitan dengan keputusan itu, ia mengatakan Partai Demokrat menyambut baik pengusungan RK di Jakarta dan Dedi Mulyadi di Jabar. Menurutnya, itu merupakan proses politik yang berkemajuan.

Baca Juga: Golkar Dukung Dedi Mulyadi Maju Sebagai Bakal Calon Gubernur di Pilkada Jabar

“Kami tentu saja menyambut baik jika proses dan dinamika politik yang terbangun di KIM semakin berkemajuan, apalagi jika telah mengerucut,” tuturnya. 

“Sejak awal Partai Demokrat pada posisi menunggu, siapa yang nanti akan diputuskan KIM sebagai cagub Jabar dan Jakarta,” kata dia.

Ia meyakini pimpinan partai politik anggota KIM akan melakukan pertemuan, meski ia mengaku belum mengetahui kapan pertemuan itu akan dilaksanakan.

“Tentu akan ada pertemuan para pimpinan partai yang tergabung di KIM. Belum ada waktu pasti pertemuan, namun mestinya dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut partainya bakal mengusung Dedi Mulyadi sebagai cagub di Pilkada Jabar 2024.

“Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu (mendukung Dedi Mulyadi), berarti Jakarta siapa. Masih nanya? Apalagi Jakartanya KIM Plus,” kata Airlangga di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada Jumat (2/8/2024), dikutip dari Kompas.com.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus, yang mengatakan partainya membuka peluang untuk mendukung Ridwan Kamil karena di Jawa Barat sudah mendukung Dedi Mulyadi.

“Ya itu yang kita, Pak Dedi di sana (Jawa Barat), berarti otw RK (Jakarta) jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya, gimana setuju enggak?” kata Lodewijk.

Mengenai kapan Ridwan Kamil akan diusung di Pilkada Jakarta, Lodewijk menyebut dalam waktu dekat.

Baca Juga: KPU Provinsi Gorontalo Fasilitasi Penguatan dan Kesiapan Pamdal Dalam Pengamanan Tahapan Pilkada

Dirinya memastikan kalau sebelum pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 27 Agustus sudah ada kepastian dan pengumuman tersebut.

“Tanggal 27 Agustus sudah pengumuman, ya berarti udah pasti (RK di Jakarta). Berati sebelum tanggal 27,” tandas dia.

Leave a comment