Informasi Terpercaya Masa Kini

Jangan Beri MPASI Saat Anak Berusia 4 Bulan, Simak Penjelasannya

0 8

TANGERANG, KOMPAS.com – Tidak semua orangtua memiliki pengetahuan tentang makanan pendamping ASI (MPASI), termasuk kapan usia yang tepat untuk memberikannya.

Masih bayak yang beranggapan, MPASI boleh diberikan sedini mungkin saat bayi baru berusia empat bulan. Padahal, tidak demikian.

Dokter spesialis anak di Mykidz Clinic dr. Siska Natalia Situmeang, M.Ked.(Ped.), Sp.A menegaskan, bayi baru bisa diberi MPASI pada usia enam bulan.

“Kenapa dikasih saat bayi berusia enam bulan? Karena di usia itu, organ tubuh sudah mulai (bekerja) maksimal,” kata dia di Gramedia World BSD, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Catat, Tahapan MPASI Anak Mulai dari Usia 6 Bulan

Sistem pencernaan bayi memang sudah terbentuk sejak lahir karena mampu mencerna ASI, tapi bukan berarti sudah mampu bekerja secara maksimal untuk mencerna asupan selain ASI.

Meski hanya berbeda dua bulan, perkembangan sistem pencernaan bayi sudah berkembang dengan pesat saat ia menginjak usia enam bulan.

“Kalau dikasihnya saat usia empat bulan, sistem pencernaannya tidak bisa melakukan penyerapan dan pengolahan. Akibatnya, bisa terjadi pendarahan usus,” ucap Siska.

Untuk itu, banyak dokter spesialis anak yang tidak menyarankan, bahkan melarang ibu memberikan MPASI sebelum waktunya.

“Pemberian MPASI dimulai dari usia enam bulan, saat lambung, usus, dan lain-lain sudah maksimal penyerapan dan pengolahannya,” pungkas dia.

Baca juga: Jangan Asal, Simak 4 Syarat Pemberian MPASI

Leave a comment