Informasi Terpercaya Masa Kini

Apa Arti Tobrut? Lagi Viral di TikTok dan X

0 20

Dunia jagat maya dihebohkan munculnya bahasa gaul yang sedang viral. Tak jarang, dari bahasa gaul tersebut bermakna negatif dan menyerang salah satu golongan tertentu dan melabel buruk individu.

Belakangan ini, tengah viral bahasa gaul tobrut, yang aslinya akronim memiliki arti negatif dan selayaknya tak diucapkan di publik. Kata tobrut dipopulerkan pertama kali di TikTok dan X, ragam individu yang menggunakan slang tersebut untuk mengomentari konten.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum penjelasan terkait “apa arti tobrut?” secara detail.

Yuk, simak penjelasannya!

Apa Itu Tobrut?

Jika dilihat dari TikTok dan X, tobrut adalah bahasa gaul yang merujuk pada payudara perempuan yang besar dan mencolok. Istilah tobrut sering digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh anak muda atau dalam konteks informal. Namun, penggunaan istilah ini bisa dianggap vulgar atau tidak sopan.

Istilah seperti ini cenderung menonjolkan objektifikasi terhadap tubuh perempuan, sehingga penggunaannya perlu diperhatikan agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Perlu diingat bahwa bahasa gaul dan slang terus berkembang, dan istilah seperti ini bisa memiliki nuansa atau makna yang berbeda tergantung pada konteks dan kelompok sosial yang menggunakannya.

Istilah Tobrut Bisa Melecehkan Perempuan

Bahasa atau slang tobrut ini ternyata dapat menimbulkan persepsi buruk bagi perempuan yang menerima sarkasme ini. Istilah tobrut secara langsung merujuk pada ukuran dan penampilan fisik bagian tubuh perempuan, yang dapat mengurangi perempuan menjadi objek semata, bukan individu dengan nilai dan identitas yang utuh.

Penggunaan kata “brutal” dalam konteks ini menambahkan konotasi yang kasar dan tidak sopan, dapat memperkuat rasa tidak nyaman dan penghinaan.

Faktanya, penggunaan istilah ini dalam konteks tertentu dianggap sebagai bentuk pelecehan verbal, terutama jika digunakan secara sengaja untuk merendahkan atau mempermalukan perempuan.

Bisa Dikenakan Sanksi Pidana

Meski tidak melibatkan kontak fisik secara langsung, penggunaan kata tobrut untuk merendahkan dapat dikenakan sanksi pidana.

Hal ini diatur dalam Undang-undang (UU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) No. 12 Tahun 2022 Pasal 5, di mana menyatakan setiap orang yang melakukan perbuatan seksual non-fisik yang ditujukan terhadap tubuh, keinginan seksual, atau organ reproduksi dengan maksud merendahkan harkat dan martabat seseorang berdasarkan seksualitas atau kesusilaannya, dapat dipidana dengan penjara maksimal 9 bulan atau denda hingga Rp10.000.000,00.

Nah, itulah tadi informasi detail untuk menjawab pertanyaan terkait “apa itu tobrut yang lagi viral di TikTok dan X?” yang berhasil dirangkum. Sebaiknya penggunaan bahasa gaul ini jangan ditiru, ya.

Baca juga:

  • Apa Itu Talak Tiga Menurut Islam? Benarkah Sudah Tidak Bisa Rujuk?
  • Apa Itu Dry Text? Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial
  • Meningkatkan Gairah, Apa Itu Mandi Kucing saat Berhubungan Seks?
Leave a comment