Informasi Terpercaya Masa Kini

Hasil Selandia Baru Vs Perancis 0-3: Les Bleuets Jumpa Argentina di Perempat Final

0 4

KOMPAS.com – Perancis memastikan diri sebagai juara Grup A sepak bola putra Olimpiade 2024. Les Bleuets akan bersua Argentina di perempat final.

Status sebagai juara Grup A dipastikan timnas Perancis dengan raihan kemenangan 3-0 atas Selandia Baru.

Partai pamungkas Grup A sepak bola putra Olimpiade Paris 2024 antara Selandia Baru vs Perancis digelar di Stadion Velodrome, Marseille, Selasa (30/7/2024) atau Rabu (31/7/2024) dini hari WIB.

Perancis memastikan raihan tiga angka tambahan berkat gol penyerang Crystal Palace, Jean-Philippe Mateta (19′) dan kontribusi dua pilar Rennes, Desire Doue (71′) serta Arnaud Kalimuendo (74′).

Skuad beralias Les Bleuets (Si Biru Cilik) arahan Thierry Henry pun menutup fase grup Olimpiade 2024 dengan sempurna.

Baca juga: Hasil Ukraina Vs Argentina 0-2: Echeverri Bawa Tango ke Perempat Final

Perancis mengoleksi sembilang angka dalam tiga pertandingan. Pasukan Henry berturut-turut melibas Amerika Serikat (3-0), Guinea (1-0), dan Selandia Baru (3-0).

Apabila saat mengalahkan Guinea Les Bleuets harus menanti sampai seperempat jam terakhir laga untuk memecah kebuntuan, kisah berbeda tersaji dalam duel melawan Selandia Baru.

Anak asuh Thierry Henry yang tampil dominan sejak awal pertandingan mampu membuka keran gol pada menit ke-19 via sebuah skema transisi cepat.

Semuanya berawal oleh keberhasilan Andy Diouf merebut bola dari penguasaan pemain Selandia Baru.

Rayan Cherki lantas mendribel bola ke arah kotak penalti Selandia Baru. Situasi tiga lawan tiga tercipta karena akselerasi Cherki disertai pergerakan Arnaud Kalimuendo dan Jean Philippe-Mateta.

Aksi dribel Cherki bisa dimentahkan oleh pemain belakang Selandia Baru. Akan tetapi, bola justru bergerak liar dan sampai ke hadapan Mateta yang berada di dalam kotak penalti.

Melalui penyelesaian dingin, Mateta pun mengantar Les Bleuets memimpin 1-0. Keunggulan tersebut dipertahankan pasukan Henry sampai memasuki masa jeda babak.

Baca juga: Pejabat Argentina Dipecat Usai Suruh Messi Minta Maaf ke Perancis

Babak kedua menjadi kesempatan Perancis untuk mempertajam keunggulan. Pada menit ke-71, Les Bleuets mendapatkan gol kedua via kontribusi Desire Doue.

Pemain Stade Rennes itu menyontek masuk sapuan tak sempurna pilar defensif Selandia Baru yang mencoba merebut bola dari kaki Andy Diouf.

Dengan gerakan sekali tekuk, Desire Doue yang belakangan dikaitkan dengan Bayern Muenchen, tanpa kesulitan menjebol gawang Selandia baru.

Kemenangan Perancis lantas dibungkus oleh Arnaud Kalimuendo. Jebolan akademi PSG yang kini bermain untuk Rennes itu sukses menempatkan bola ke gawang Selandia Baru lewat sebuah sepakan mendatar.

Melakukan pergerakan dari arah kiri penyerangan Perancis, Kalimuendo melepaskan tembakan ke arah tiang dekat. 

Kiper Selandia Baru, Alex Paulsen, coba merentangkan tangannya sejauh mungkin, tetapi tetap saja tak bisa menjangkau sepakan presisi dari Kalimuendo.

Perancis pun menang 3-0 atas Selandia Baru dan lolos ke perempat final Olimpiade 2024 sebagai juara Grup A.

Pada laga perempat final nanti, Perancis akan menjalani laga sengit kontra Argentina.

Belakangan relasi Perancis dengan Argentina sedang tegang seturut apa yang terjadi usai final Piala Dunia 2022 dan Copa America 2024 silam

Pada final Piala Dunia 2022 dibekuk Argentina via adu penalti. Rivalitas Argentina dengan Perancis kembali memanas usai Copa America 2024.

Dalam momen perayaan gelar juara Copa America 2024 di bus, pemain Argentina, Enzo Fernandez, tampak menyanyikan lagu bernada rasis yang menyinggung tentang Perancis.

  Susunan Pemain Selandia Baru vs Perancis

Selandia Baru (4-2-3-1): 1-Paulsen; 4-Bindon, 5-Surman, 2-Boxal, 3-Sutton; 6-Bell, 7-Garbett; 18-Van Hattum, 10-Singh, 13-Kelly-Heald; 9-Waine.

Pelatih: Darren Bazeley.

Perancis (3-4-1-2): 1-Nkambadio; 17-Magassa, 2-Lukeba, 19-Matsima; 11-Doue, 20-Diouf, 21-Lepenant, 15-Locko; 18-Cherki.

Pelatih: Thierry Henry.

Leave a comment