Informasi Terpercaya Masa Kini

Sugiono Tiba di Rusia Ikuti KTT BRICS Plus, Akan Suarakan Pesan Penting

0 2

Menlu Sugiono telah tiba di Kazan, Rusia, untuk menghadiri KTT ke-16 BRICS. Sugiono merupakan Utusan Khusus Presiden Prabowo untuk menghadiri KTT BRICS Plus yang diselenggarakan Presiden Rusia Vladimir Putin itu.

Sugiono mendarat di Kazan pada Selasa malam, 22 Oktober 2024. Begitu turun dari pesawat, Sugiono disambut pejabat Rusia. Politikus Gerindra berusia 45 tahun ini juga mencicipi kue khas Kazan sebelum melanjutkan perjalanan.

Kemlu RI dalam pernyataan tertulis menyatakan, tidak sampai 24 jam setelah pelantikannya, Sugiono langsung bertolak ke Kazan memenuhi undangan KTT yang akan digelar pada 23-24 Oktober 2024.

Kunjungan ke Rusia ini adalah kunjungan resmi perdana Sugiono setelah resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri RI.

Kemlu RI mengatakan, kehadiran Sugiono di forum ini menegaskan komitmen Indonesia untuk terus berperan aktif dalam forum-forum internasional dan memperkuat hubungan dengan seluruh negara termasuk negara-negara anggota BRICS.

“Dalam KTT BRICS Plus tersebut, Indonesia akan menyuarakan pesan penting perdamaian serta menyerukan pentingnya negara-negara berkembang dan Global South untuk bersatu, meningkatkan solidaritas, serta memainkan peran pentingnya dalam menciptakan tatanan dunia yang lebih inklusif, adil, dan setara,” ungkap Kemlu.

BRICS adalah suatu forum kerja sama yang dibentuk Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan untuk membahas isu-isu global terkini. Pada awal tahun 2024, sejumlah negara lain yakni UAE, Iran, Mesir, Ethiopia telah bergabung menjadikan keanggotaannya kini 9 negara.

KTT BRICS dengan negara-negara berkembang mengusung tema BRICS and Global South: JointBuilding of a Better World.

Presidensi Rusia telah mengundang negara-negara anggota BRICS, negara-negara non-anggota BRICS, dan organisasi internasional seperti Commonwealth of Independent States (CIS), Shanghai Cooperation Organization(SCO), dan Eurasian Economic Comission (EEC).

Indonesia pada beberapa tahun terakhir telah diundang menghadiri forum BRICS. Pada tahun ini, Indonesia kembali diundang untuk menghadiri pertemuan BRICS Plus.

Selain menghadiri KTT BRICS Plus, Sugiono juga dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan sejumlah negara sahabat untuk membahas isu-isu bilateral, kawasan dan global.

Leave a comment