Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Maksimal, Rendam Dulu

0 10

KOMPAS.com – Bawang goreng, si pelengkap hidangan yang tak tergantikan. Aroma gurih dan tekstur renyahnya selalu berhasil meningkatkan kelezatan masakan, dari nasi uduk hingga opor ayam.

Membuat bawang goreng sendiri sebetulnya mudah, hanya membutuhkan bawang merah dan sedikit kesabaran. Namun, di balik kesederhanaannya, ada rahasia untuk menghasilkan bawang goreng yang renyah sempurna dan tahan lama.

Bagi banyak orang, bawang goreng menjadi elemen penting dalam hidangan Lebaran. Tak hanya menambah cita rasa, bawang goreng juga memberi variasi tekstur yang menggoda.

Baca juga:

  • Bawang Goreng Jadi Bahan Kondimen Terbaik Kedua di Dunia Versi Taste Atlas 
  • Resep Bawang Goreng Pedas ala Penjual, Renyahnya Tahan 1 Minggu
  • Resep Gepuk Daging, Sajikan dengan Bawang Goreng

Membuat bawang goreng renyah yang tahan lama mungkin terkesan rumit. Namun, dengan beberapa tips dan trik jitu, kamu dapat dengan mudah menghasilkan bawang goreng yang renyah sempurna, gurih, dan tahan lama untuk menemani hidangan istimewa.

Dilansir dari laman Sajian sedap dan buku “1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif” (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbotan Andi Publisher, simak tips membuat bawang goreng renyah. 

1. Pilih Bawang Merah Terbaik

Kunci pertama bawang goreng renyah adalah memilih bawang merah yang tepat. Gunakan bawang merah Sumenep atau Bima yang terkenal renyah. Hindari bawang merah yang terlalu tua atau terlalu muda.

2. Iris Tipis dan Merata

Iris bawang merah dengan ketebalan sedang menggunakan alat iris bawang. Pastikan irisan sama rata agar matang merata saat digoreng.

3. Angin-anginkan Bawang

Langkah ini penting untuk mengurangi kadar air pada bawang merah. Angin-anginkan bawang merah iris selama 30 menit sebelum digoreng. Hal ini membantu bawang goreng lebih renyah dan tahan lama.

4. Taburi Tepung Maizena

Tambahkan sedikit tepung maizena ke bawang merah iris untuk meningkatkan kerenyahan. Aduk rata tanpa meremas agar teksturnya tetap renyah.

5. Gunakan Minyak Kelapa

Goreng bawang merah dengan minyak kelapa untuk rasa gurih dan tekstur renyah tahan lama. Hindari minyak goreng biasa yang mudah membuat bawang gosong.

6. Rendam Bawang

Rendam bawang merah iris dalam air garam 15 menit untuk rasa gurih dan tekstur renyah. Tiriskan dan angin-anginkan sebelum digoreng.

7. Taburi Garam

Taburi garam halus pada bawang merah iris dan angin-anginkan 15-20 menit. Cara ini membuat bawang goreng gurih dan renyah tahan lama.

8. Lumuri Tepung Terigu

Lumuri bawang merah kupas dengan tepung terigu untuk menjaga kerenyahan. Pastikan tepung tercampur rata dengan bawang merah.

9. Goreng dengan Api Sedang

Goreng bawang merah dengan minyak panas sedang agar tidak gosong dan pahit. Gunakan api kecil saat bawang mulai berwarna kuning.

10. Tiriskan dengan Benar

Tiriskan bawang goreng dengan kertas roti atau tisu dapur setelah matang. Pastikan minyak tiris sempurna agar bawang goreng tidak basah dan bau tengik.

Leave a comment