Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Menumbuhkan Daun Bawang dari Sisa Bahan Makanan

0 24

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah memotong daun bawang saat memasak, biasanya ada bagian yang tidak digunakan. Bagian tersebut biasanya area bonggol yang terdapat akar. 

Biasanya, bonggol daun bawang akan dibuang begitu saja. Padahal, bonggol daun bawang bisa ditanam kembali dengan mudah. 

Jika sudah menumbuhkan bonggol daun bawang, maka kita tidak perlu membeli daun bawang lagi di pasar karena bonggol daun bawang akan tumbuh dan bisa dipanen, lalu ditanam kembali. 

Baca juga: Cara Menanam Daun Bawang Kembali, Mudah dan Praktis

Selain bisa menghasilkan daun bawang terus menerus, menanam bonggol daun bawang juga bisa mengurangi sampah rumah tangga. 

Lantas, bagaimana cara menanam daun bawang dari bonggol? Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (28/7/2024), berikut ini cara menumbuhkan daun bawang dari sisa bahan makanan dengan mudah. 

Cara menumbuhkan daun bawang di air

Sisa daun bawang ternyata bisa ditanam di dalam air. Namun, sebelum menanamnya, pastikan akar pada bonggol tersebut sehat dan berwarna putih. 

Setelah itu, letakkan sisa daun bawang dengan akar sehat ke dalam stoples kaca bening. Pastikan akar menyentuh dasar stoples.

Baca juga: Cara Menanam Daun Bawang di Air, Mudah Dilakukan

Tambahkan kerikil atau kelereng di sekitar akar untuk menjaga agar bonggol daun bawang berdiri tegak dan stabil di dalam stoples. 

Tambahkan sedikit air ke dasar stoples sampai akarnya terendam. Namun, jangan sampai ujung bonggol terendam. 

Letakkan stoples berisi sisa daun bawang di ambang jendela agar terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk mengganti air setiap beberapa hari sekali untuk mencegah pembusukan akar. 

Setelah beberapa hari, tunas hijau akan tumbuh di bagian tengah bonggol. Seteah seminggu, tunas hijau tua baru akan tumbuh hingga ukurannya besar. 

Apabila daun bawang sudah tumbuh tinggi, panen daun bawang dengan cara memotong bagian atas daun bawang dan sisakan bagian bonggol untuk ditanam kembali.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menanam Daun Bawang

Cara menanam daun bawang di tanah

Selain di tanam dalam air, sisa daun bawang juga bisa ditumbuhkan di tanah. Saat menanam daun bawang dalam tanah, pastikan pot atau wadah yang digunakan untuk menanam memiliki lubang drainase agar air penyiraman tidak menggenang. 

Selain itu, tanah juga harus memiliki drainase dan aerasi yang baik. Tumbuhkan bonggl daun baang yang sudah dipotong dengan cara menguburkan di dalam tanah. 

Pastikan akar tertimbun tanah, namun bagian atasnya tetap terlihat. Setelah itu, letakkan pot di area yang terkena sinar matahari. Jika menyimpannya di dalam rumah, maka letakkan pot di ambang jendela. 

Baca juga: Tertarik Budidaya Daun Bawang di Polybag? Begini Caranya

Lakukan penyiraman dengan rutin. Setelah beberapa hari, daun bawang sudah tumbuh tinggi dan bisa dipanen dengan cara memotong bagian atas daun bawang. 

Sedangkan bagian pangkal bawah atau bonggol daun bawang dibiarkan tetap berada di dalam tanah agar bisa tumbuh kembali. 

Leave a comment