Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Masak Nasi Liwet di Rumah, Cuma Butuh 4 Bahan

0 7

KOMPAS.com – Menikmati seporsi nasi liwet hangat dengan cita rasa gurih kini tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke restoran khas Sunda. Nasi liwet juga bisa dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur.

“Kadang ibu-ibu di rumah tidak punya bahan-bahan yang komplit, jadi sederhananya cuma butuh empat bahan saja, ada bawang putih, bawang merah, daun salam, dan serai,” kata  Executive Chef di Gurih 7 Ade Suhendar kepada Kompas.com di Gurih 7, Senin (22/7/2024).

Bila tertarik membuat nasi liwet, simak penjelasan Ade berikut.

Baca juga:

  • Resep Nasi Liwet dengan Sambal Terasi Bakar
  • Nasi Liwet khas Solo, Ternyata Bukan Berasal dari Kota Solo

Cara masak nasi liwet

Berdasarkan penjelasan Ade, mula-mula bahan utama yang digunakan diiris-iris terlebih dahulu, termasuk daun salam dan serai.

“Ini tergantung selera, kadang ada yang risih dengan banyaknya daun, jadi bisa tidak diiris daunnya,” katanya.

Setelah itu cuci beras menggunakan air bersih, dan sisihkan air cucian beras pertama. Air cucian beras pertama ini nantinya akan digunakan untuk memasak nasi liwet.

Baca juga: Resep Tumis Ikan Asin Gabus, Bisa Jadi Lauk Nasi Liwet

Alasan penggunaan air cucian beras pertama ini, kata Ade, karena kandungan gizi dan supaya khas beras masih terasa ketika nasi liwet disantap.

“Sebenarnya ini pro kontra juga pakai air cucian beras (untuk masak nasi liwet), tapi kalau dari segi kesehatan bagus air cucian beras, biasanya air cucian beras disiram buat tanaman, manfaatnya bagus,” katanya.

Baca juga: Resep Nasi Liwet Jambal, Sajikan dengan Telur Pindang dan Sambal

Supaya rasa nasi liwet tambah nikmat, Ade menyarankan untuk mengolah air cucian beras menjadi air kaldu. Caranya, rebus air cucian beras bersama tulang ayam, lalu gunakan air kaldu untuk memasak nasi liwet bersama rempah.

“Sebetulnya, tidak pakai garam dan tidak pakai apa pun, masak nasi liwet pakai air kaldu saja sudah cukup,” ujar Ade.

Baca juga:

  • Resep Nasi Liwet Sunda, Bikin di Rice Cooker biar Lebih Praktis
  • Resep Nasi Liwet Solo, Masak Pakai Santan Encer

Jika memasak nasi liwet pakai rice cooker di rumah, Ade menyarankan untuk mengaduk nasi liwet pada saat nasi liwet sudah setengah matang. Tujuannya, supaya rempah yang dipakai bisa meresap secara merata.

“Tinggal tambah tempe orek dan sambal saja (saat menyajikan nasi liwet),” tutup Ade.

Leave a comment