Informasi Terpercaya Masa Kini

Toyota New GR Yaris Kini Ada Pilihan Transmisi Matik

0 57

TANGERANG, KOMPAS.com – Toyota New GR Yaris sudah resmi di jual Toyota Astra Motor (TAM), dan ditampilkan di GIIAS 2024. Bedanya dengan GR Yaris pertama, varian baru ini model reguler, jadi selalu diproduksi dan tidak terbatas.

Buat harganya, New GR Yaris juga dijual dengan dua versi, manual dan otomatis. Versi yang manual, harganya Rp 1,15 miliar, sedangkan yang otomatis dibanderol Rp 1,198 miliar.

Secara umum, ada empat bagian yang diubah pada New GR Yaris, yakni eksterior, kabin, performa, dan transmisi. Misal di bumper depan, modelnya baru dan dibikin canard yang memudahkan aliran angin dan downforce.

Baca juga: Toyota New GR Yaris Meluncur, Harga mulai Rp 1,1 Miliar

Selain itu bedanya bisa dilihat di bagian belakang, lampunya menyambung dari sisi kanan ke kiri. Lalu ada juga pemakaian bahan mesh dari besi di bumper belakang dan depan.

Beralih ke kabin, ubahan bisa dilihat desainnya lebih condong ke pengemudi atau driver oriented. Hasilnya pengemudi bisa mengakses fitur seperti head unit atau tombol mode dengan lebih mudah.

Lalu ada juga penyematan klaster instrumen GR TFT sebesar 12,3 inci. Tampilannya lebih modern karena sudah full digital, tidak pakai jarum lagi buat speedometer dan takometer.

Baca juga: Spesifikasi Mitsubishi All New Triton Ultimate dan Daftar Harga

Buat model yang di Indonesia, diberikan Digital Video Recorder dan Panoramic View Camera. Makin aman saat di jalan dan tidak takut saat parkir atau jalan di tempat yang sempit.

Kemudian buat mesin, memang masih pakai 1.600cc tiga silinder turbo tapi sudah disempurnakan. Hasilnya tenaga naik jadi 305 PS atau sekitar 300 TK di 6.500 RPM dan torsi 400 Nm di 3.250-4.600 RPM.

Performa tadi disalurkan ke semua roda (all wheel drive) dengan tiga mode berkendara. Normal Mode, sebaran tenaga 60 persen ke roda depan, 40 persen belakang. Gravel Mode (Sport) 53 persen depan 47 persen belakang, dan Track Mode yang bervariasi bisa 60:40 sampai 30:70.

Buat transmisi, ini yang paling baru karena sekarang tersedia varian otomatis delapan percepatan. Toyota bilang biar pengemudi bisa fokus berkendara, tak pikirkan kapan ganti gigi, kesenangan berkendara.

Tersedia juga Limited Slip Differential (LSD), yang meningkatkan handling GR Yaris saat di tikungan. Bagian suspensi juga didesain ulang, tujuannya biar handling makin stabil.

Bukan cuma soal performa, GR Yaris juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense 3.0. Fiturnya seperti Lane Tracing Assist, Lane Departure Alert, Automatic High Beam, Dynamic Radar Cruise Control, dan Pre-collision System.

New GR Yaris tersedia satu warna baru, yakni Precious Metal dan sisanya ada Platinum White Pearl, Precious Black, dan Emotional Red.

Leave a comment