Informasi Terpercaya Masa Kini

Pesawat berpenumpang belasan orang jatuh di Nepal, pilot satu-satunya korban selamat

0 10

Sedikitnya 18 orang tewas setelah pesawat maskapai Saurya Airlines jatuh dan terbakar saat lepas landas dari ibu kota Nepal, Kathmandu, pada Rabu (24/07).

Pilot pesawat merupakan satu-satunya yang selamat dari kecelakaan fatal tersebut. Saat ini dia mendapat perawatan di rumah sakit

Sebanyak 19 orang berada dalam uji terbang Saurya Airlines, termasuk staf teknis maskapai dan dua awak kabin.

Saruya Airlines mengoperasikan penerbangan ke lima tujuan di Nepal. Maskapai itu memiliki tiga jet Bombardier CRJ-200, menurut situs maskapai.

Insiden itu terjadi sekitar pukul 11:15 waktu setempat (05:30 GMT), beberapa menit setelah pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Tribhuvan, menurut pernyataan pusat koordinasi pencarian dan penyelamatan Otoritas Penerbangan Sipil Nepal.

Pesawat maskapai Saurya Airlines saat itu sedang melakukan uji terbang menuju Pokhara, tujuan wisata populer.

Kepala Bandara Internasional Tribhuvan, Jagannath Niraula, mengatakan kepada BBC Nepali bahwa kecelakaan itu “terjadi segera setelah pesawat lepas landas, bahkan dalam waktu satu menit”.

Hingga saat ini, otoritas bandara belum dapat memastikan penyebab kecelakaan tersebut. Namun, Jagannath Niraula mengatakan, penilaian awal menunjukkan pesawat tersebut terbang ke arah yang salah.

“Saat lepas landas, pesawat berbelok ke kanan, padahal seharusnya berbelok ke kiri,” kata Jagannath Niraula kepada BBC Nepali.

Foto-foto menunjukkan sejumlaj petugas penyelamat berjalan melewati reruntuhan pesawat. Beberapa bagian pesawat tersebut benar-benar hitam dan hangus.

Gambar sebelumnya menunjukkan pesawat diselimuti api dan asap. Mobil-mobil pemadam kebakaran dan ambulans dikerahkan ke lokasi setelah kejadian tersebut.

Sebanyak 17 korban meninggal adalah warga Nepal, sementara satu orang berkewarganegaraan Yaman yang bekerja sebagai insinyur.

Seorang pejabat bandara mengatakan “terdengar suara retakan” dari pesawat.

Baca juga:

  • Boeing mengaku bersalah atas tuduhan penipuan, keluarga korban kecelakaan Lion Air ingin ‘semua yang terlibat dipidana’
  • Apa itu turbulensi pesawat dan kenapa bisa terjadi?
  • Pesawat penjaga pantai yang bertabrakan dengan pesawat Japan Airlines ‘belum diizinkan lepas landas’

Industri penerbangan Nepal memiliki catatan keselamatan yang buruk – hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari cuaca yang tidak dapat diprediksi hingga peraturan yang longgar.

Pada Januari 2023, setidaknya 72 orang tewas dalam kecelakaan Yeti Airlines. Belakangan, kejadian ini disebut-sebut terkait dengan momen ketika sang pilot secara keliru memutus aliran listrik.

Itu adalah kecelakaan udara paling mematikan di Nepal sejak 1992. Saat itu seluruh 167 orang yang berada di dalam pesawat Pakistan International Airlines tewas setelah pesawat tersebut jatuh selagi mendekati Bandara Kathmandu.

  • Black box atau kotak hitam, delapan hal yang perlu Anda ketahui
Leave a comment