Informasi Terpercaya Masa Kini

6 Tanaman yang Disukai Siput dan Cara Membasminya

0 9

JAKARTA, KOMPAS.com – Siput menjadi salah satu hama pengganggu di kebun. Ya, kehadiran siput  dapat merusak kebun dan tanaman. 

Hewan berlendir ini akan merayap menjelajahi kebun dan tidak berhenti mengunyah tanaman serta mengotori. 

Baca juga: 5 Cara Menyingkirkan Siput dari Kebun

Demi menjaga kebun dan tanaman, penting segera mengambil tindakan membasmi siput. Ada berbagai cara membasmi siput dari kebun, salah satunya menanam tanaman yang disukai siput.

Dengan begitu, dapat menciptakan dinding perlindungan di sekitar tanaman yang tidak disukai siput dan tanaman favorit Anda.

Hal ini juga membuat siput akan lebih fokus pada tanaman yang disukainya. Teknik ini sangat berguna jika Anda ingin menghentikan siput memakan tanaman. 

Nah, dilansir dari Ideal Home, Rabu (24/7/2024), berikut sejumlah tanaman yang disukai siput. 

Baca juga: 10 Cara Alami Membasmi Siput di Halaman Rumah

Hosta 

Hosta berdaun dan hijau adalah beberapa tanaman tahan banjir terbaik di luar sana. Tumbuh subur di lingkungan lembap dan basah menjadikannya makanan lezat di dunia siput. Anda bisa memanfaatkan ini untuk keuntungan. 

John Clifford, ahli taman di Gardenstone, menjelaskan menjauhkan siput dari tanaman yang lebih berharga dapat dilakukan dengan menanam tanama hosta di sekeliling taman atau lokasi strategis lainnya.

Faktanya, penanaman perangkap sangat mirip dengan penanaman pendamping.

Namun, jika Anda akan mengorbankan hostas untuk membasmi siput dari kebun, sebaiknya mempelajari cara menanam hostas sebelum memulai. 

Baca juga: Ada Siput dan Bekicot di Kebun, Baik atau Buruk?

Delphinium

Selanjutnya, tanaman yang disukai siput adalah delphiniun. Dengan bunga yang tinggi dan varietasnya yang semarak, kemungkinan besar Anda menyukai delphinium.

Siput tampaknya juga memiliki pemikiran sama karena akan mengunyah tanaman berwarna-warni ini sepanjang musim panas.

Faktanya, Morris Hankinson, Direktur Hopes Grove Nurseries, mengatakan tunas baru delphinium yang masih muda sangat rentan.

Jadi, dengan menanam delphinium di sekitar kubis atau tanaman hydrangea muda, Anda bisa melindunginya dari makhluk berlendir serta memberi kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup.

Meski tampaknya memalukan untuk mengorbankan delphinium, tanaman keras yang kuat ini akan kembali tahun depan, jadi tidak sia-sia. 

Baca juga: Cara Menyingkirkan Siput dari Tanaman

Dahlia

Dahlia adalah salah satu tanaman yang disukai siput. Jika Anda ingin menjaga pot tanaman bebas siput, tapi tidak ingin menggunakan bahan kimia, menanam bunga dahlia adalah pilihan efektif.

Apabila ingin mencobanya sendiri, pastikan tahu kapan waktu tepat untuk menanam dahlia agar bisa memanfaatkannya secara maksimal.

John menyarankan meletakkan di tempat yang mudah dijangkau dan tunggu sampai siput datang, kemudian singkirkan siput secara manual.

Tentu saja, Anda masih bisa menanam dahlia di dalam pot dan menggunakan kaki pot dan selotip tembaga untuk menjaganya tetap bebas dari siput. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Tak Disukai Siput 

Pansy 

Bunga pansy juga menjadi tanaman yang disukai siput. Bunga pansy harus menjadi tanaman pokok di taman mana pun. 

Pansy dapat memberikan warna yang sangat dibutuhkan dan penutup tanah yang mengesankan saat dibutuhkan.

Namun, hal ini membuat bunga pansy sangat disukai siput. “Penanaman yang lebat dan penutup tanah yang tebal menciptakan iklim mikro yang lembap, yang disukai siput,” ucap Morris. 

Selain itu, taman dengan banyak tempat persembunyian, seperti bebatuan, mulsa, dan dedaunan yang lebat, menawarkan siput perlindungan dari predator dan elemen-elemennya. 

Jika ada kesempatan, siput akan memakan bunga pansy lebih dari apa pun di taman. 

Baca juga: 5 Hama yang Sering Mengganggu Tanaman, Kutu Daun hingga Siput

Garbera daisy

Gerbera daisy sering menjadi pilihan populer untuk karangan bunga, tetapi ada baiknya Anda juga menanamnya di kebun.

Hal ini karena siput akan langsung tertarik pada bunga-bunga yang mekar berwarna-warni ini sehingga Anda memiliki kesempatan mengusirnya dari tanaman kesayangan Anda.

Faktanya, siput sangat menyukai bibit gerbera dan tanaman muda. Jadi, disarankan menanam beberapa tanaman gerbera daisy setiap tahun untuk membasmi siput dan menjauhkannya dari tanaman yang lebih rentan atau tanaman yang diinginkan.

Namun, jika tidak ingin mengorbankan semuanya, Anda dapat menanam lebih banyak di tempat lain untuk memanfaatkan bunga-bunga berwarna-warni. 

Baca juga: 6 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Pot dan Raised Planters

Krisan 

Ada begitu banyak varietas krisan yang menakjubkan di luar sana, tapi satu kesamaan yang dimiliki adalah menjadi tanaman yang disukai siput.

Lebih tepatnya, taman yang penuh dengan bunga krisan bagaikan makan “prasmanan” makan sepuasnya untuk siput. 

Meski mungkin terlihat memalukan untuk mengorbankan bunga krisan, menanamnya sedemikian rupa akan membuat siput fokus pada bunga krisan, bukan pada tanaman lain, dapat menjadi cara bagus membasmi siput dari kebun.

Dalam banyak kasus, cukup dengan menanam bung akrisan di sekitar tanaman Anda yang lebih rentan sudah cukup.

Leave a comment