Informasi Terpercaya Masa Kini

Israel Balas Serang Houthi di Yaman dengan Jet Tempur, 3 Tewas dan 87 Luka-luka

0 7

HODEIDAH, KOMPAS.com – Israel membalas serangan Houthi dengan menyerang target militer di dekat pelabuhan Hodeidah dengan jet tempur pada Sabtu (20/7/2024), menewaskan sedikitnya tiga orang dan 87 korban luka-luka.

Sehari sebelumnya, drone Houthi menghantam pusat perekonomian Israel di Tel Aviv, merengut satu nyawa dan empat orang terluka.

Kantor berita televisi yang dikelola Houthi, Al Masirah TV, melaporkan bahwa sebagian besar korban luka akibat serangan Israel kali ini menderita luka bakar parah.

Baca juga: Jarang Terjadi, Drone Houthi Tembus Sistem Pertahanan Israel, 1 Orang Tewas di Tel Aviv

Mengutip pernyataan Kementerian Kesehatan, Al Masirah TV juga menyebutkan bahwa serangan Israel menargetkan fasilitas minyak dan pembangkit listrik.

Warga Hodeidah mengatakan kepada Reuters melalui telepon, ledakan terdengar di seluruh kota selama pemboman intensif.

Al Masirah TV menyampaikan, pasukan pertahanan sipil dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di tangki minyak pelabuhan.

Juru bicara militer Israel berujar, pelabuhan itu digunakan Houthi untuk menerima pengiriman senjata dari Iran. Target yang berjarak lebih dari 1.700 km dari Israel itu termasuk situs penggunaan ganda seperti infrastruktur energi.

Israel memberitahu para sekutu sebelum melakukan serangan, yang menurut militer dilakukan oleh jet tempur F-15 Israel dan semuanya kembali dengan selamat.

Baca juga: Houthi Yaman Akui Bertanggung Jawab atas Serangan Drone di Israel

Dewan Politik Tertinggi Houthi menyatakan, akan ada tanggapan efektif terhadap serangan itu. Juru bicara militer Houthi Yahya Saree berkata, Houthi tidak akan ragu menyerang target vital Israel.

Serangan terhadap Yaman, yang menurut pejabat Israel terjadi setelah lebih dari 200 serangan Houthi terhadap Israel, semakin memperlihatkan kekhawatiran bahwa perang Gaza dapat meluas menjadi konflik regional.

“Kebakaran yang saat ini berkobar di Hodeidah terlihat di seluruh Timur Tengah dan signifikansinya jelas,” kata Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant.

“Houthi menyerang kami lebih dari 200 kali. Kali pertama mereka melukai warga negara Israel, kami menyerang mereka, dan kami akan melakukan ini di tempat mana pun yang mungkin diperlukan,” lanjutnya.

Baca juga: Cerita Warga Israel Saat Drone Houthi Serang Tel Aviv, seperti Suara Jet Tempur

Leave a comment