Informasi Terpercaya Masa Kini

Kim Young-hoon dari Korea Selatan Jadi Orang dengan IQ Tertinggi di Dunia

0 17

KOMPAS.com – Pria asal Korea Selatan bernama Kim Young-hoon diakui sebagai orang dengan IQ tertinggi di dunia sepanjang sejarah.

Diberitakan Korea Herald, Kamis (18/7/2024), Kim Young-hoon tercatat memiliki IQ dengan skor 276.

Untuk diketahui, seseorang dapat dinyatakan memiliki IQ sangat tinggi jika skornya melampaui 180. 

Posisi pemilik IQ tertinggi di dunia sebelumnya ditempati seorang profesor keturunan China-Australia bernama Terence Tao dengan skor IQ 230.

Kim Young-hoon dinyatakan sebagai orang dengan IQ tertinggi di dunia saat baru berusia 35 tahun.

Baca juga: Kisah Adhara Perez Sanchez, Anak Istimewa dengan IQ Lebih Tinggi dari Albert Einstein dan Stephen Hawking

Ikuti Kejuaraan Memori Dunia

Kim Young-hoon mendapat pengakuan sebagai orang dengan IQ tertinggi di dunia dalam Kejuaraan Memori Dunia atau World Memory Competition.

Hal tersebut diumumkan oleh World Mind Sports Council (WMSC) selaku penyelenggara kejuaraan tersebut.

World Mind Sports Council dengan ini mengakui Kim Young-hoon dari Korea Selatan sebagai orang dengan IQ tertinggi di dunia dan mengucapkan selamat kepadanya,” kata WMSC, Kamis (18/7/2024).

WMSC merupakan penyelenggara kejuaraan kecerdasan otak global yang didirikan oleh pencipta sistem mind map, Tony Bujan.

Baca juga: 30 Remaja Korea Utara Dihukum Mati dan Penjara karena Menonton Drakor

Dia juga menyelenggarakan Kejuaraan Membaca Cepat Dunia (World Fast Reading Conference) dan Kejuaraan Mind Map Dunia (World Mind Map Conference).

Kim Young-hoon diketahui memiliki IQ 276 dalam tes kecerdasan tingkat tinggi Kompetisi Memori Dunia, dikutip dari MK, Kamis.

Dia menjalani tes berupa ujian penilaian relatif dan ujian multiaspek dalam bentuk kompetisi yang dilakukan orang-orang terpilih dengan kecerdasan tinggi.

Misalnya, pemilik IQ 180 berkumpul dan berkompetisi dalam bentuk turnamen untuk menentukan pemenang. Selama bertanding, IQ peserta akan dievaluasi secara menyeluruh.

“Saya ingin meneliti dan membantu meningkatkan kemampuan otak orang-orang di seluruh dunia menggunakan bakat saya di masa depan,” kata Kim setelah menang dalam kejuaraan tersebut.

Baca juga: Negara Asia Tenggara dengan Rata-rata IQ Tertinggi di Dunia 2023, Indonesia Peringkat Berapa?

Siapa Kim Young-hoon?

Kim menempuh pendidikan di bidang, seperti psikologi, ilmu saraf, konseling dan pembinaan, linguistik, sosiologi, filsafat, serta teologi nondenominasional di King’s College London Institute of Psychiatry, Psychology & Neuroscience, University of London, Korea University, dan Yonsei University.

Dia juga dinominasikan sebagai Doktor Kehormatan Sains oleh Queen Mary, University of London pada 2024.

Di bidang olahraga pikiran, Kim adalah penasihat spesialis IQ tertinggi di World Memory Championships (WMSC) dan tiga kejuaraan yang diadakan.

Dia adalah juri asal Korea Selatan pertama di WMSC dan Asia Pacific Memory Championships. Pada 2024, dia menjadi anggota resmi Komite Pengesahan Penghargaan WMSC.

 Baca juga: Krisis Populasi, Pemerintah Korea Selatan Bentuk Kementerian Perencanaan Kependudukan

Saat ini, Kim bekerja sama dengan laboratorium, serta pusat penelitian di University of Cambridge dan Yale University sebagai penasihat kemitraan penelitian.

Kim pertama kali dikenal publik setelah tampil dalam acara “Gifted Discovery Team” dari saluran televisi SBS pada 2015. Saat itu, dia masih dinyatakan sebagai pemilik IQ peringkat ketiga di dunia.

Namun, Kim menunjukkan kejeniusan dengan mengingat dua set atau 104 kartu poker yang dikocok acak dalam waktu sekitar 10 menit.

Kim secara resmi dinobatkan sebagai pemegang rekor IQ tertinggi oleh Korea Record Institute pada November 2023. Dia lalu mendapat rekor yang sama dari World Genius Directory, Global Genius Registry, Esoteriq Society, dan GIGA Society.

Dia adalah satu-satunya orang Korea yang menjadi anggota seumur hidup dari Mega Society dan bahkan terdaftar dalam Buku Rekor Dunia.

Baca juga: Citra Satelit Ungkap Korea Utara Sedang Bangun Resor Mewah, Berdiri di Atas Pantai Pasir Putih

Kim Young-hoon mendirikan organisasi nirlaba, United Sigma Intelligence Association yang beranggotakan lebih dari 100 individu cerdas di seluruh dunia.

Anggotanya termasuk profesor dari universitas ternama seperti Harvard, Yale, dan Princeton.

Selain itu, ada pula tujuh pemenang Hadiah Nobel serta para pemikir terhebat dunia, seperti Noam Chomsky, Yuval Harari, Richard Dawkins, Howard Gardner, Neil deGrasse Tyson, Anthony Giddens, dan Terence Tao.

Atas prestasinya, Kim dinobatkan sebagai orang nomor satu di dunia dari segi IQ oleh salah satu majalah terlaris di AS, Readers Digest. 

Dia juga merupakan orang Korea Selatan pertama yang mendapatkan wawancara eksklusif dengan US Weekly, majalah selebritas Hollywood nomor satu di AS.

Leave a comment