Informasi Terpercaya Masa Kini

Jokowi Bakal Lantik 3 Wamen Baru Hari Ini, Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu

0 16

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tiga pejabat baru di Kabinet Indonesia Maju jelang akhir masa jabatannya. Seluruh pos jabatan yang akan diisi figur baru itu merupakan wakil menteri (wamen).

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan pelantikan itu akan berlangsung pada pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

“Hari ini, tanggal 18 Nuli 2024, pukul 15.00 WIB akan diagendakan pelantikan beberapa Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara,” ujar Ari saat dikonfirmasi oleh wartawan, Kamis (18/7/2024).

Baca Juga : Tim Sinkronisasi Prabowo Benarkan Thomas Djiwandono Dilantik jadi Wamenkeu Hari Ini (18/7)

Posisi wamen yang akan dilantik oleh Presiden adalah penambahan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu). Artinya, akan ada penambahan satu wamenkeu lagi yang mendampingi Menteri Sri Mulyani, selain Wamenkeu Suahasil Nazara.

Kemudian, akan ada pengangkatan pejabat baru yakni Wakil Menteri Investasi. Sebelumnya, Kementerian Investasi hanya dipimpin oleh Menteri Investasi yakni Bahlil Lahadalia.

Baca Juga : : Ponakan Prabowo Thomas Djiwandono Dilantik jadi Wamenkeu Hari Ini (18/7), Kemenkeu Buka Suara

Selanjutnya, Istana akan melantik pengganti Wakil Menteri Pertanian yang saat ini dijabat Harvick Hasnul Qolbi. Meski demikian, Ari enggan memerinci lebih lanjut siapa tiga orang yang akan dilantik menjadi tiga wamen baru itu.

“Posisi Wakil Menteri yang akan dilantik oleh Presiden adalah penambahan Wamenkeu, pengangkatan Wameninves dan pergantian Wamentan. Mengenai siapa nama-nama yang akan dilantik, nanti tunggu jam 15.00 WIB ya,” ujar Ari.

Baca Juga : : Thomas Djiwandono Tepis Isu soal Gap antara Presiden Jokowi dan Prabowo

Berdasarkan pemberitaan Bisnis sebelumnya, Ketua Tim Gugus Sinkronisasi Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming, Sufmi Dasco buka suara terkait kabar pelantikan Thomas Djiwandono sebagai wakil menteri keuangan pada hari ini, Kamis (18/7/2024).

Wakil Ketua DPR tersebut mengakui bahwa pihaknya baru menerima kabar bahwa anggota timnya akan dilantik menjadi wakil Sri Mulyani Indrawati. 

“Iya, kami baru terima berita semalam bahwa rencananya akan ada pelantikan wamenkeu hari ini,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (18/7/2024).

Leave a comment