Informasi Terpercaya Masa Kini

Survei Litbang Kompas untuk Pilkada Jawa Barat,Ridwan Kamil di Posisi 1,DIsusul Dedi Mulyadi

0 21

TRIBUNWOW.COM – Survei Litbang Kompas menempatkan eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di posisi pertama untuk Pilkada Jabar.

Survei Litbang Kompas merilis hasil jajak pendapat untuk Pilkada Jabar di Bulan Juni 2024.

Hasilnya, berdasarkan survei Litbang Kompas yang dilakukan pada pada 15-20 Juni 2024, elektabilitas Ridwan Kamil mencapai 36,6 persen.

Baca juga: Partai Golkar Beri Restu Kaesang untuk Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil akan Kembali ke Jawa Barat

Sementara itu, Dedy Mulyadi masih belum bisa melampaui atau tetap hanya bisa membayangi Ridwan Kamil.

Elektabilitas Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu sebesar 12,2 persen.

Dikutip dari Kompas.id, Rabu (17/7/2024), nama lainnya yang muncul, seperti Bima Arya, Atalia Praratya, dan Ahmad Syaikhu hanya didikung kurang dari dua persen responden.

Selanjutnya, nama sejumlah pesohor yang terjun ke dunia politik elektabilitasnya juga tidak bisa menandingi Ridwan Kamil.

Seperti Desy Ratnasari, Dedy Mizwar, dan Komeng yang hanya memeroleh elektabilitas di bawa satu persen.

Baca juga: Jalan Ridwan Kamil Terhalang Kaesang Pangarep untuk Maju di Pilkada Jakarta, Golkar Diprediksi Kalah

Namun, hasil survei yang sama juga memotret bahwa sebanyak 41 persen responden belum menjawab atau menjawab tidak tahu.

Berikut perolehan lengkap survei Litbang Kompas terkait elektabilitas calob gubernur rujukan publik Jawa Barat sebagaimana dikutip dari Kompas.id:

  • Ridwan Kamil 36,6 persen
  • Dedi Mulyadi 12,2 persen
  • Bima Arya 1,6 persen
  • Atalia Praratya 1,6 persen
  • Ahmad Syaikhu 1 persen
  • Desy Ratnasari 0,8 persen
  • Dedy Mizwar 0,8 persen
  • Alfiansyah Komenang 0,8 persen
  • Lainnya 3,6 persen
  • Tidak tahu/tidak menjawab 41 persen.

Peneliti Litbang Kompas, Andreas Yoga Prasetyo mengatakan, Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil bisa disebut mendominasi karena elektabilitasnya mencapai 36,6 persen.

“Top of mind-nya memang Ridwan Kamil saat ditanyakan ke masyarakat, itu 36,6 persen. Itu tinggi sekali. Anies Baswedan saja kemarin 29,8 persen,” kata Andreas Yoga kepada Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Daftar Sosok yang Difavoritkan Maju Pilkada Jakarta Selain 2 Gubernur Terdahulu, Ada Ridwan Kamil

“Ini saja belum resmi dicalonkan ya. Nanti mungkin (elektabilitasnya) bisa lebih lagi jika sudah ada para calonnya (kembali dilakukan survei),” ujarnya melanjutkan.

Selain itu, Andreas menyebut bahwa pemilih loyal Ridwan Kamil juga terbilang tinggi.

Sebagaimana diperlihatkan dari jumlah responden yang menjawab pasti akan memilih jika Kang Emil dicalonkan menjadi Gubernur Jabar, yakni mencapai 48 persen.

Sementara pesaing terdekatnya, Dedi Mulyadi hanya mendapatkan 26,4 persen dukungan responden yang pasti akan memilihnya jika dicalonkan sebagai Gubernur Jabar.

Dari sisi resistensi, Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut juga cukup rendah, yakni 6,2 persen responden yang menyatakan tidak akan memilihnya jika dicalonkan jadi Gubernur Jabar.

Andreas juga mengatakan, masyarakat Jabar menilai positif kinerja Ridwan Kamil selama memimpin provinsi tersebut.

Terbukti, delapan dari 10 responden menyatakan kepemimpinan Kang Emil merupakan yang terbaik dibandingkan gubernur-gubernur lainnya.

“Masyarakat Jabar itu mempertimbangkan rekam jejak. Elektabilitas Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi baik karena dinilai memiliki pengalaman,” kata Andreas Yoga.

Survei Litbang Kompas dilakukan pada 15-20 Juni 2024, dengan melibatkan sebanyak 500 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Jawa Barat.

Margin of error survei lebih kurang 4,38 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei yang dilakukan melalui wawancara tatap muka ini didanai sepenuhnya oleh Harian Kompas. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Survei Litbang “Kompas”: Elektabilitas Ridwan Kamil 36,6 Persen, Mendominasi di Jawa Barat.”

Leave a comment