Informasi Terpercaya Masa Kini

Menyingkap Rahasia di Balik Tidur Tanpa Bantal, Ada Keajaiban dan Manfaat bagi Kesehatan

0 20

PROKALTENG.CO –  Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan. Kualitas tidur yang baik dapat mempengaruhi produktivitas, mood, serta kesehatan fisik, dan mental.

Salah satu faktor yang sering diabaikan tetapi memiliki dampak besar pada kualitas tidur adalah penggunaan bantal. Bantal umumnya dianggap sebagai alat bantu tidur yang esensial. Ternyata, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari tidur tanpa bantal.

Dikutip dari laman Chasedental Sleep Care, berikut manfaat tidur tanpa menggunakan bantal.

  1. Mencegah Sakit Punggung

Banyak orang menggunakan bantal yang tidak mendukung lekuk alami tulang belakang mereka. Penggunaan bantal bisa mengakibatkan posisi tidur yang tidak alami.

  1. Membantu Mengatasi Sakit Leher

Sebagian besar bantal tidak memberikan dukungan yang tepat dan justru memperburuk postur tidur. Tanpa bantal, kepala berada pada posisi alami, mencegah kerusakan saraf dan ketegangan otot, sehingga mengurangi rasa sakit. Bantal yang terlalu empuk juga dapat mengganggu aliran darah ke leher.

  1. Mengurangi Sakit Kepala

Jika Anda pernah bangun tidur merasa pusing, bantal mungkin penyebabnya. Cobalah tidur tanpa bantal dan perhatikan apakah merasa lebih baik keesokan harinya.

Tidur dengan bantal empuk dapat mengurangi aliran darah ke kepala, mengurangi pasokan oksigen yang biasa dan menyebabkan sakit kepala di pagi hari.

  1. Mengurangi Stres

Tidur dengan posisi yang salah karena bantal bisa meningkatkan stres yang dapat memicu masalah mental dan kesehatan lainnya. Tidur tanpa gangguan membantu tubuh menurunkan hormon stres, dan setelah tidur malam yang nyenyak, Anda akan merasakan peningkatan energi keesokan harinya.

  1. Mencegah Jerawat Wajah

Tidur tanpa bantal bisa mencegah jerawat karena mengurangi kontak wajah dengan kotoran dan minyak yang menumpuk di bantal. Jerawat sering disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat akibat kotoran dan minyak. Bantal yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang menyebabkan peradangan, pembengkakan, kemerahan, dan infeksi pada wajah. (pri/jawapos.com)

Leave a comment