Informasi Terpercaya Masa Kini

Band Kotak Sentil Balik Ahmad Dhani Usai Dituduh Nyanyikan Lagu Posan,Beberkan Pembagian Royalti

0 11

TRIBUNSUMSEL.COM- Band Kotak angkat bicara setelah dituduh masih menyanyikan lagu ciptaan milik mantan drummernya, Posan Tobing saat tampil di konser.

Sebelumnya, Ahmad Dhani menyinggung aksi band kotak saat konser di Cianjur, Sabtu (13/7/2024).

Pada konser tersebut Kotak tercatat menyanyikan 13 lagu. Tiga di antaranya digarisbawahi oleh Dhani sebagai lagu ciptaan orang lain, yakni “Tinggalkan Saja”, “Masih Saja”, dan “Pelan-pelan Saja.”

Masalah di masa lalu pun kembali disorot lagi.

Baca juga: Ahmad Dhani Sentil Band Kotak Diduga Nyanyikan Lagu Ciptaan Posan Tobing, Singgung Soal Etika

Karena tuduhan itu datang dari musisi kondang yang suaranya menuai perhatian publik.

Tantri Syalindri dkk lantas menyampaikan ulang klarifikasi terdahulu di tahun 2022.

Melalui akun Instagramnya, mereka mengunggah kembali rekaman video lama ketika ramai konflik antara Posan Tobing dan band Kotak berkait hak cipta.

Ia juga menambahkan tangkapan layar berita salah satu portal yang memuat mengenai pembagian royalti berkait tiga lagu ciptaan orang lain yang dinyanyikan Kotak seperti yang disebut Ahmad Dhani di postingannya.

Intinya, tiga lagu yang digarisbawahi oleh Dhani sebetulnya sudah tak perlu lagi dipermasalahkan.

Sebab, sudah ada lembaga bernama WAMI yang mengurusi royalti.

Lagu “Pelan-pelan Saja”, Dewiq 50 persen, Pay 25 persen, sisanya 25 persen dibagi 4 masing-masing mendapatkan 6,25 persen.

Baca juga: Tampang Penonton Tarik Tangan Tantri Kotak Berujung Terjatuh dari Atas Panggung, Kini Meminta Maaf

Sementara lagu “Masih Cinta”, Dewiq 50 persen, Pay 12,5 persen, Kotak 37,5 persen dibagi 4 masing-masing mendapatkan 9,38 persen.

Pun lagu “Tinggalkan Saja” merupakan ciptakan Kotak dan Pay. Sedangkan liriknya ditulis oleh Cella.

“Mau kasih paham bahwa di kontrak seperti ini detailnya, jadi bukan ciptaan beliau seorang. Jadi masalah ini diulang setiap tahun,” demikian pernyataan band Kotak lewat insta story.

Dulu personel Kotak juga sudah menyampaikan klarifikasi bahwa mereka sudah tak lagi menyanyikan lagu ciptaan Posan Tobing sejak yang bersangkutan dari band tersebut.

Sebelumnya, Dhani menuduh Kotak membawakan lagu tersebut tanpa izin dan itu melanggar hak cipta.

Bahkan ia sampai menuliskan kalimat tuduhan menggunakan hurup kapital.

Ahmad Dhani menyinggung Band Kotak karena membawakan lagu lagi itu tanpa persetujuan dari penciptanya.

“MEMBAWAKAN LAGU CIPTAAN SESEORANG TANPA IJIN PENCIPTA ADALAH TINDAKAN TIDAK PUNYA ETIKA DAN MELANGGAR HÜKÜM HAK CIPTA,” tulisnya dalam keterangan unggahan.

Diketahui, Posan Tobing telah melarang band Kotak untuk membawakan lagu ciptaannya.

Pasalnya Posan Tobing mengklaim dirinya tak mendapat royalti, selain itu persoalan ini juga sudah dibawa ke ranah hukum.

Posan Tobing sendiri merupakan mantan drummer band Kotak pada 2004 hingga keluar 2011 lalu.

Duduk Perkara Perseteruan Posan Tobing dan Band Kotak

Dilansir dari Tribunnews, Posan Tobing melayangkan somasi terbuka untuk para personel Band Kotak yakni Cella, Chua, dan Tantri.

Somasi terbuka itu dilayangkan kepada ketiganya terkait hak cipta.

Posan menyebut Dimana ketiganya menyanyikan lagu ciptaan Posan Tobing tanpa izin.

Bersama mantan vokalis Kotak, Julia Angelia keduanya melakukan somasi terkait permasalahan tersebut.

“Jadi kami duduk disini ingin menyampaikan, kami melakukan somasi terbuka kepada Cella, Chua, dan Tantri personel band Kotak,” kata Jerys Napitupulu kuasa hukum Posan dan Julia dalam jumpa pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (7/7/2023)

Somasi tersebut berisi 11 poin tuntutan yang ditujukan oleh para personel grup musik Kotak dengan benang merah melarang keras Chella, Chua dan Tantri menyanyikan lagu ciptaan Posan dan Julia.

“Diantaranya dengan tegas melarang Cella, Chua, Tantri, dan seluruh personel band Kotak membawakan lagu-lagu yang diciptakan oleh Posan Tobing dan Julia Angelia, dalam setiap panggungnya dimana pun,” ucap Jerys Napitupulu.

Baca juga: Profil Posan Tobing Mantan Drummer Band Kotak Somasi Tantri Larang Nyanyi Lagu Ciptaannya

Keputusan somasi tersebut akhirnya dilakukan lantaran Posan mengaku geram para personel Kotak masih membawakan lagu ciptaannya disetiap aksi panggung mereka.

“Sampai sekarang mereka manggung masih membawakan lagu-lagu ciptaan dari saya dan Julia Angelia. Kami tau dari warganet yang mengunggah di media sosial,” jelas Posan Tobing.

“Ini keterlaluan, karena mereka tidak pernah izin sedikit pun kepada saya dan Julia Angelia membawakan lagu yang kami ciptakan,” sambungnya.

Sehingga Posan Tobing bisa memastikan somasi tersebut merupakan larangan dan tidak mengungkit masalah royalti.

“Intinya somasi terbuka ini dengan tegas, saya dan Julia Angelia melarang Cella, Chua, dan Tantri yang mengatasnamakan Kotak, membawakan lagu-lagu yang kami ciptakan,” ujar Posan Tobing.

Jerys Napitupulu memastikan somasi tersebut akan terus dilakukan hingga menemukan titik terang dari para personel Kotak sampai waktu yang belum ditentukan.

Baca berita lainnya di google news

Leave a comment