Informasi Terpercaya Masa Kini

Ukraina Simpan Rudal Canggih Buatan AS Karena Berhasil Dinetralkan Rusia

0 27

Senjata presisi tinggi buatan Barat ‘disimpan’ oleh Ukraina karena tidak berguna melawan peperangan elektronik Rusia

TRIBUNNEWS.COM, RUSIA –  Menurut laporan, senjata berpemandu presisi jenis baru dari perusahaan patungan AS-Swedia, telah dihentikan penggunaannya oleh militer Ukraina karena Rusia menetralisirnya dengan menggunakan  sistem perangkat elektronik tercanggih.

Pejabat Ukraina dan Barat mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa rudal atau bom luncur berdiameter kecil yang diluncurkan di darat (GLSDB), yang diproduksi oleh dua perusahaan Boeing (AS) dan Saab (Swedia), telah dinetralkan dan dihancurkan.

Bom itu tidak lagi digunakan oleh Ukraina tetapi menunggu perbaikan .

GLSDB merupakan bom berpemandu dengan jangkauan sekitar 150 km berkat sayap kecil yang dapat ditarik keluar dari tubuhnya.

Pada tahun 2022, materi pemasaran bom tersebut mengatakan bahwa sistem navigasinya “didukung oleh GPS yang sangat tahan terhadap gangguan”.

Baca juga: Media Rusia: Moskow Berencana Blokir YouTube Bulan September Mendatang

Artikel sebelumnya di Business Insider menjelaskan bahwa Ukraina menerima bom ini pada awal Februari 2024 setelah berbulan-bulan meminta amunisi jarak jauh dengan harapan dapat mengenai sasaran di daerah terpencil seperti Krimea.

Pada bulan April, Defense One melaporkan bahwa Wakil Menteri Pertahanan AS Bill LaPlante mengatakan bahwa versi senjata udara-ke-darat yang diluncurkan dari darat menjadi rentan terhadap serangan peperangan elektronik Rusia.

Menurut Defense One, Tuan LaPlante mungkin mengacu pada GLSDB.

“Ketika Anda mengirimkan sesuatu yang tidak berhasil kepada orang-orang yang berada dalam perjuangan hidup dan mati, mereka akan mencobanya tiga kali dan kemudian membuangnya,” kata LaPlante, seraya menambahkan bahwa Ukraina tampaknya tidak lagi tertarik pada hal tersebut. senjata ini juga?

Sebulan kemudian, tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa sistem panduan bom GLSDB mengalami gangguan dari Rusia, menyebabkan banyak bom meleset dari sasarannya.

Business Insider telah menghubungi Boeing, Saab, dan militer Ukraina untuk memberikan komentar.

Menurut Wall Street Journal, senjata tersebut dipandu oleh GPS, yang berarti Rusia dapat mengganggu sinyal dari jarak jauh menggunakan kemampuan peperangan elektroniknya yang canggih.

Ini adalah salah satu senjata berpemandu presisi tinggi milik Amerika yang dapat dinetralkan atau dikurangi efektivitasnya oleh Rusia di medan perang Ukraina.

Rusia disebut memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat untuk melawan ancaman senjata canggih yang diberikan AS.

Unit peperangan elektronik Rusia juga telah mengurangi efektivitas High Mobility Multiple Launch Rocket System (HIMARS) dan Joint Direct Attack Munitions (JDAM) yang diluncurkan dari udara.

Business Insider melaporkan pada bulan Mei bahwa AS sedang mempelajari cara mengatasi masalah ini jika terjadi perang dengan kekuatan militer.

Di Ukraina, peluru artileri model lama tidak rentan terhadap peperangan elektronik, yang memainkan peran penting dalam perang ini dengan banyaknya gesekan di garis depan.

Menurut Business Insider, sekutu Barat Ukraina mengalami kesulitan menyediakan amunisi artileri yang cukup untuk negara tersebut; sementara Rusia telah meningkatkan produksi peluru artileri dan juga mengambil pasokan dari sekutunya, Korea Utara.

Setelah Rusia membuat kemajuan di medan perang awal tahun ini ketika Partai Republik di Kongres AS memblokir bantuan ke Ukraina, dimulainya kembali bantuan telah memungkinkan Ukraina untuk memblokir kemajuan lebih lanjut dari pasukan Rusia, dan sekali lagi membuat konflik menemui jalan buntu.

GLSDB  bom luncur versi baru berpemandu presisi GBU-39/B.

Rudal bom luncur ini diadaptasi untuk digunakan dalam sistem roket peluncuran ganda (MLRS).

GLSDB juga bisa ditembakkan dari berbagai sistem peluncuran roket seperti HIMARS yang sudah dimiliki militer  Ukraina.

Jangkauan rudal GLSDB ini sangat jauh mampu mencapai target hingga 150 kilometer sehingga pernah membuat Rusia khawatir.

Keunggulan GLSDB:

  • Peningkatan jangkauan
  • Artileri terpandu
  • Akurasi hingga satu meter
  • Semua sudut, semua aspek serangan, bahkan target di belakang titik peluncuran
  • Beberapa roket untuk menyerang banyak sasaran, dengan dampak yang hampir bersamaan
  • Kemampuan segala cuaca setiap saat
  • Penghindaran medan, seperti pegunungan
  • Kemampuan menembus gua
  • Dapat diluncurkan dari posisi tersembunyi atau terlindungi untuk menghindari deteksi
  • Dampak yang dapat diprogram dan penundaan fuzing untuk penetrasi yang dalam atau jarak yang dekat dengan ketinggian ledakan
  • Varian SDB Focused Lethality Munition (FLM) untuk kerusakan tambahan yang rendah
  • Varian laser SDB untuk kemampuan target bergerak
Leave a comment