Informasi Terpercaya Masa Kini

Tampilan Menawan Gaun Pengantin Radhika Merchant, Sarat Akan Budaya India

0 13

Pasangan anak konglomerat India, Radhika Merchant dan Anant Ambani, resmi menikah pada Jumat (12/7). Di momen spesial tersebut, Radhika memilih gaun pengantin yang sarat dengan budaya India.

Penata gaya Rhea Kapoor mengunggah potret menawan sang pengantin dalam balutan gaun rancangan Abu Jani Sandeep Khosla. Rhea menyebut gaun ini sebagai “Fairy Tale Come to Life” alias dongeng yang menjadi kenyataan.

Mengutip Rhea dalam keterangan unggahan itu, gaun pengantin Radhika merupakan interpretasi dari Panetar. Panetar adalah tradisi dari Gujarat di mana pengantin mengenakan gaun berwarna merah dan putih.

Sesuai dengan gaya khas India, gaun tersebut terdiri dari dua potongan, yakni atasan dan bawahan, dengan bagian perut terbuka. Ini disebut sebagai lehenga, yaitu busana yang terdiri dari tiga bagian: Atasan blus yang bernama choli, rok panjang dan melebar, serta dupatta atau selendang.

Lehenga rancangan Abu Sandeep ini berwarna dasar putih gading, dihiasi dengan sulaman zardozi. Jenis sulaman ini memiliki desain dengan tingkat kerumitan tinggi dan diciptakan menggunakan benang emas dan perak asli.

Sebagai bawahan, Radhika mengenakan ghagra atau rok panjang berplisket khas India, dilapisi dengan ekor gaun yang bisa dilepas. Ghagra tersebut dihiasi oleh pencampuran tiga jenis sulaman berdetail rumit, yaitu zardozi, naqshi, dan saadi. Selain berhiaskan bordiran, ghagra ini juga dilengkapi dengan payet, bebatuan, sulaman resham, dan tamba tikkis.

Tudung pengantin yang dikenakan menjuntai hingga 5 meter. Tak hanya panjangnya yang memukau, tudung ini juga dilengkapi dengan desain potongan jali. Bagian tudung yang bisa dilepas berhiaskan sulaman zardozi dengan ukuran 80 inci atau 2 meter.

Lehenga Radhika tentunya dilengkapi dengan dupatta—syal yang bentuknya mirip selendang—berwarna merah yang panjang menjuntai. Rhea pun mendeskripsikan sentuhan dupatta panjang ini sebagai “mempercantik siluet penampilan, berkat drama yang maksimal”.

Radhika menambah kilau pada tampilannya dengan memakai rangkaian perhiasan mewah milik keluarga Merchant. Yang membuat perhiasan ini sungguh berharga adalah pemakaiannya yang turun menurun; nenek, ibunda, dan saudari Radhika memakai untaian perhiasan tersebut saat menikah.

Sekilas tentang pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant

Pasangan yang bertunangan pada Januari 2023 ini melangsungkan pesta pernikahan selama tiga hari pada 12–14 Juli 2024. Pesta megah ini terdiri dari rangkaian upacara keagamaan Hindu dan adat India yang kental.

Mengutip The Guardian, pernikahan ini ditaksir menghabiskan dana hingga USD 600 juta, setara dengan Rp 9,6 triliun.

Di hari pertama, keduanya resmi menikah usai menjalani prosesi yang sakral. Di hari kedua, mereka melangsungkan prosesi bernama Shubh Ashirwad. Ini merupakan prosesi pemberkatan ilahi yang akan digelar di kediaman keluarga Ambani di Antilia. Di hari terakhir, pasangan pengantin akan menghadiri Mangal Utsav atau resepsi pernikahan.

Rangkaian upacara pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant telah berlangsung sejak berbulan-bulan lalu. Mereka menggelar dua pesta pra-pernikahan yang megah, lengkap dengan keunikan dan kemewahannya sendiri.

Pada Maret, mereka melangsungkan pesta pranikah di India dan mengundang nama-nama besar dunia, termasuk Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Lalu, pada Mei, pasangan ini menyelenggarakan pesta dansa di atas kapal pesiar yang berlayar di perairan Italia, tepatnya dari Palermo ke Portofino.

Leave a comment