Informasi Terpercaya Masa Kini

Kebiasaan Orang yang Tetap Kuat Secara Mental hingga Usia 70-an

0 43

Mempertahankan kekuatan mental di usia 70-an bahkan lebih bukanlah soal keberuntungan atau genetika. Ini adalah tentang perilaku dan gaya hidup yang dilakukan sehari-hari. Artinya agar Anda memiliki kekuatan mental di usia 70-an perlu menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang membuat pikiran Anda tetap tajam dan semangat Anda tetap terjaga.

Pada dasarnya ini tentang memilih untuk memelihara stamina mental Anda setiap hari. Dilansir dari laman Global English Editing, Senin (3/6), berikut beberapa kebiasaan orang yang tetap kuat secara mental hingga usia 70-an :

  1. Melatih otak Anda

Sama seperti tubuh fisik Anda, otak Anda memerlukan latihan teratur agar tetap bugar dan tajam. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa latihan mental terutama menguji ingatan dan keterampilan memecahkan masalah bisa membantu menjaga pikiran Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

Hal ini bukan tentang menjadi pemain catur kelas dunia atau menguasai kalkulus di usia tua melainkan tentang menjaga pikiran Anda tetap aktif dan terlibat.

  1. Mempertahankan pandangan positif

Positif bukan hanya sekadar kata kunci tetapi filosofi hidup. Mereka yang tetap kuat secara mental hingga usia 70-an atau lebih sering kali memiliki kebiasaan mempertahankan pandangan positif dalam hidup. Ini bukan tentang mengabaikan kenyataan atau menutup-nutupi hal buruk melainkan tentang memilih untuk fokus pada kebaikan dan menumbuhkan sikap optimisme.

  1. Pola makan yang sehat dan bergizi

Pola makan yang kaya nutrisi dan vitamin seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak dan lemak sehat sangat bermanfaat bagi otak dan tubuh Anda. Misalnya asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dan biji rami mampu mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Intinya, mereka yang tetap kuat secara mental hingga usia 70-an sering kali memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi yang mendukung kesehatan otaknya. Hal ini tentang membuat pilihan makanan yang menyehatkan otak dan tubuh Anda.

  1. Melatih mindfulness

Tanda ini merupakan kebiasaan yang dilakukan orang yang tetap kuat hingga usia 70-an untuk melepaskan penyesalan masa lalu dan kecemasan di masa depan serta fokus dengan masa saat ini.

Mereka biasanya melakukan meditasi selama beberapa menit setiap hari, atau hanya sekadar meluangkan waktu sejenak untuk bernapas dalam-dalam sambil menikmati udara segar.

  1. Menerima kegagalan

Orang yang memiliki kekuatan mental hingga usia 70-an sering menganggap dan melihat kegagalan sebagai kesempatan belajar bukan sebagai jalan buntu. Jadi, setiap kemunduran menjadi batu loncatan menuju pertumbuhan dan perbaikan.

Mereka juga memahami bahwa berbuat salah itu hal yang manusiawi sehingga mereka menerima kesalahan dengan anggun dan digunakan sebagai bahan pembelajaran agar lebih baik di masa mendatang.

  1. Mengutamakan perawatan diri

Orang-orang yang tetap kuat mental hingga usia 70-an sering kali memprioritaskan perawatan diri.Mereka memahami bahwa untuk menjaga kekuatan mental mereka perlu menjaga kesehatan fisik, emosional dan mental.

Mulai dari olahraga teratur hingga meluangkan waktu untuk melakukan hobi atau bersantai. Memprioritaskan perawatan diri bukanlah hal yang egos namun merupakan hal penting untuk menjaga diri Anda agar lebih siap menghadapi tantangan dan menjaga ketajaman mental Anda.(jpc)

Leave a comment