Informasi Terpercaya Masa Kini

Diusulkan Jadi Wakil Kaesang pada Pilkada Jakarta, Jusuf Hamka: Harus Siap …

0 18

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengusaha sekaligus politikus Golkar, Mohammad Jusuf Hamka, menegaskan, dirinya siap jika memang ditugaskan Golkar untuk mendampingi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, maju pada Pilkada Jakarta 2024.

“(Kalau) Pak Airlangga siap, saya ya (siap) perintah. Harus siap,” ujar Jusuf Hamka di daerah Taman Patra, Kuningan, Jakarta, Sabtu (13/7/2024).

Meski begitu, ia tak bisa menilai seperti apa sosok putra Presiden Joko Widodo yang digadang-gadang menjadi calon gubernur itu. Meskipun demikian, jarak usianya dengan Kaesang terpaut jauh.

Menurut pengusaha jalan tol itu, penilaian tersebut lebih baik ditanyakan langsung kepada Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Baca juga: Temui Mahfud MD, Jusuf Hamka Mengaku Ingin Bahas soal Utang Negara

Hanya saja, ia mengaku tak masalah bila ditugaskan untuk mendampingi sosok politikus yang jauh lebih muda dari dirinya.

Ia justru menukil salah satu semboyan yang dikenalkan Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara, untuk menggambarkan hubungannya dengan Kaesang.

“Tut Wuri Handayani (dari belakang memberikan dorongan),” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya menyiapkan pengusaha Jusuf Hamka untuk mendampingi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024.

Airlangga menyebutkan, opsi itu bakal diambil apabila Kaesang bersedia maju di Jakarta.

“Untuk mendukung tadi Mas Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun (Jusuf Hamka),” ujar Airlangga dalam jumpa pers usai bertemu Kaesang di DPP Golkar, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024).

Baca juga: PSI Belum Sepakat dengan Golkar soal Duet Kaesang-Jusuf Hamka di Jakarta

Adapun Jusuf Hamka turut dipamerkan oleh Airlangga dalam jumpa pers. Jusuf Hamka tampak mengenakan kemeja berwarna kuning.

Airlangga menjelaskan, Jakarta memiliki tantangan yang sangat besar karena penduduknya mencapai 10 juta orang.

Dia menyebut Jakarta harus bisa memiliki solusi dalam memecah kemacetan.

“Khusus untuk Jakarta, Golkar tentu melihat tantangan Jakarta besar sekali, termasuk kita ingin Jakarta ini salah satu kota dengan penduduk 10 juta. Kita harus bisa kalahkan Thailand untuk mengatasi kemacetan sehingga tantangan utama Jakarta adalah infrastruktur,” imbuhnya.

Sementara itu, Airlangga mengaku tidak terburu-buru dalam memutuskan siapa yang akan diusung di Jakarta.

Pasalnya, kata dia, masih ada waktu lebih kurang dua bulan lagi.

Terlebih lagi, Airlangga masih harus berbicara dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) terlebih dahulu untuk pencalonan di Jakarta ini.

Leave a comment