Informasi Terpercaya Masa Kini

Resep Terong Ungu Bawang Putih Pedas Ala Korea

0 11

Bingung mencari ide untuk menyajikan menu makan siang? Resep terong ungu bawang putih ala Korea bisa jadi solusi. Selain enak dan mudah dibuat, sajian menu makan siang terong ungu bawang putih diketahui memiliki banyak manfaat. Salah satunya, terong ungu memiliki manfaat seperti mengandung antioksidan, menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan.

Oleh karenanya, resep terong ungu bawang putih ala Korea cocok untuk sajian makan siang.Dikutip dari laman Seonkyoung Longest, terdapat resep terong ungu bawang putih pedas yang bisa disajikan untuk 4 porsi dengan total memasak kurang 20 menit :

 

Bahan

1 pon terong

3 siung bawang putih yang sudah dicincang

2 daun bawang yang sudah dicincang

2 sdm kecap asin

1 sdm agave nectar, madu atau gula (kurang sesuai selera)

1 sdm minyak wijen

1 hingga 2 sdt gochugaru, serpihan cabai merah Korea

2 sdt biji wijen

Lada hitam

 

Cara membuat

– Didihkan air di dalam wajan atau pengukus panci. Tempatkan pengukus bumbu dengan hati-hati dan letakkan terong dengan sisi kulit menghadap ke bawah.

– Tutup kukus selama 3 hingga 5 menit. Jika Anda menyukai terong yang teksturnya lebih kencang, 3 menit sudah cukup. Jikaa Anda menyukai terong dengan tekstur halus, maka 5 menit cukup.

– Setelah selesai dimasak, angkat kukusan dari api dan buka tutupnya. Biarkan dingin selama 5 menit

– Potong 2 hingga 3 siung bawang putih dan 2 daun bawang. Campurkan bawang putih cincang daun bawang, 2 sdm kecap asin, 1 sdm nectar agave,1 sdm minyak wijen, 1 hingga 2 sdt gochugaru, 2 sdt biji wijen dan sejumput lada hitam dalam mangkuk pencampur.

– Robek perlahan terong menjadi setengah atau sepertiga, tergantung ukuran terong. Tambahkan ke dalam campuran saus dan aduk perlahan dengan tangan Anda. Hiasi dengan biji wijen.

-Sajikan dengan nasi hangat dan lauk Korea lainnya jika diinginkan.(jpc)

Leave a comment