Informasi Terpercaya Masa Kini

NATO Makin Berani Lawan Rusia, Kirim Pesawat F-16 untuk Ukraina

0 33

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Bantuan jet tempur F-16 gelombang pertama sedang dalam perjalanan ke Ukraina dan akan mulai melakukan serangan musim panas ini. Tindakan ini akan meningkatkan eskalasi pada perang Rusia-Ukraina.

Hal itu menurut pernyataan dari pemerintah Belanda dan Denmark yang dirilis oleh Gedung Putih pada pertemuan puncak NATO. Dick Schoof, perdana menteri Belanda, dan Mette Frederiksen, mitranya dari Denmark, mengatakan proses transfer F-16 ke Kiev sedang berlangsung setelah berbulan-bulan pelatihan pilot dan negosiasi politik.

The Guardian melansir, Kedua pemimpin tersebut mengatakan bahwa “Ukraina akan menerbangkan F-16 operasional musim panas ini”. Paket ini yang pertama dari sekitar 85 pesawat tempur yang telah ditugaskan ke Kiev untuk membalikkan keadaan di medan perang, dan Ukraina memberi isyarat bahwa mungkin akan ada lebih banyak pesawat tempur yang akan datang. 

Pasokan F-16 yang telah lama ditunggu-tunggu adalah bagian dari apa yang dikatakan Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, sebagai “paket substansial” dukungan untuk Ukraina, yang mencakup sumbangan empat sistem pertahanan udara Patriot. Bantuan dan pelatihan yang dipimpin NATO untuk Ukraina menunjukkan komitmen bahwa jalan Kiev pada akhirnya menuju keanggotaan NATO tidak dapat diubah.

Sekutu juga mengkritik Cina, dengan bahasa yang lebih keras dari yang digunakan sebelumnya, karena membantu invasi Rusia ke Ukraina, menyebutnya sebagai “pendukung yang menentukan” perang dengan mendukung Moskow dalam kemitraan “tanpa batas”. Ini termasuk memasok komponen untuk peralatan militer dan bahan kimia untuk bahan peledak. . “Hal ini meningkatkan ancaman yang ditimbulkan Rusia terhadap negara-negara tetangganya dan keamanan Euro-Atlantik,” kata mereka dalam komunike KTT.

Pengumuman mengenai F-16 diperkirakan akan dilakukan bersamaan dengan pertemuan puncak tersebut. Harapannya adalah bahwa pesawat tempur tersebut akan mampu meredam serangan bom luncur Rusia yang diluncurkan dari pesawat tempur yang beroperasi hingga jarak 70 kilometer yang telah menghancurkan garis depan.

Namun masih belum jelas seberapa jauh Ukraina akan dapat menggunakan F-16 untuk menyerang sasaran di wilayah atau wilayah udara Rusia. AS sebelumnya mengkhawatirkan potensi eskalasi, namun sebagian melonggarkan posisinya dengan mengizinkan pemboman sasaran di wilayah Rusia dengan artileri jarak jauh.

Keir Starmer, perdana menteri Inggris yang baru, mengatakan dia senang melihat Ukraina menggunakan rudal Storm Shadow untuk menyerang sasaran di Rusia selama rudal tersebut digunakan untuk mempertahankan diri. Ia menegaskan kembali kebijakan Inggris yang ada. “Ini untuk tujuan defensif, namun Ukraina harus memutuskan bagaimana mengerahkannya untuk tujuan defensif tersebut,” katanya.

Hal ini mengakhiri penantian panjang bagi Ukraina, yang presidennya, Volodymyr Zelenskiy, telah melobi setidaknya selama 18 bulan agar jet barat dapat melengkapi angkatan udara standar Soviet yang kecil dan sudah tua, yang tidak dapat menandingi Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, tengah, seorang pilot, kiri, dan pengurus Perdana Menteri Belanda Mark Rutte berpose di depan jet tempur F-16 di Eindhoven, Belanda, Ahad, 20 Agustus 2023. – (AP Photo/Peter Dejong)

Zelenskiy mengatakan dia berterima kasih kepada Denmark, Belanda dan Amerika Serikat karena telah mengambil apa yang dia gambarkan sebagai langkah bantuan praktis. Ia mengindikasikan bahwa dia berharap akan ada lebih banyak sumbangan untuk meningkatkan jumlah bantuan ke target 130.

“F-16 juga akan digunakan untuk meningkatkan pertahanan udara Ukraina. Saya yakin bahwa mereka akan membantu kita dalam melindungi warga Ukraina dengan lebih baik dari serangan brutal Rusia, seperti serangan minggu ini terhadap rumah sakit anak-anak Okhmatdyt di Kiev,” kata presiden.

Norwegia dan Belgia juga telah berkomitmen untuk memasok F-16 di masa depan. “Saya mengantisipasi bahwa koalisi kemampuan angkatan udara kita akan semakin diperkuat melalui bergabungnya peserta baru.”

Masih belum jelas seberapa efektif F-16, jet tempur yang dirancang pada 1970-an, dalam perang melawan Rusia. Yang paling penting adalah bagaimana mereka disembunyikan dan dilindungi ketika berada di darat, pada saat pertahanan udara Ukraina sedang dibombardir Rusia.

Bulan ini, Rusia mengatakan telah menghancurkan lima jet Su-27 Ukraina dalam serangan rudal Iskander terhadap pangkalan udara di Myrhorod. Ukraina mengakui beberapa kerugian di tengah kritik bahwa pesawat-pesawat itu berbaris di landasan pada siang hari dalam jangkauan rudal Rusia.

Pada Selasa malam, Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa anggota NATO akan memasok empat baterai antirudal Patriot, sementara Italia akan memasok Samp-t serupa, yang dapat digunakan untuk melindungi pangkalan udara dari serangan Rusia.

“Saat ini, transfer jet F-16 sedang dilakukan, datang dari Denmark, dari Belanda,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. IA mengatakan, pemerintah harus mengkonsentrasikan pikiran Vladimir Putin pada fakta bahwa ia tidak akan hidup lebih lama dari Ukraina.

Ukraina diperkirakan tidak akan menjadi anggota NATO sampai perangnya dengan Rusia berakhir, karena beberapa negara, yang dipimpin oleh AS, percaya bahwa keanggotaan langsung akan menyebabkan perang antara Moskow dan aliansi militer tersebut.

Leave a comment