Informasi Terpercaya Masa Kini

Legenda Film Prancis Alain Delon Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

0 12

TRIBUNKALTIM.CO – Legenda film Perancis Alain Delon dikabarkan meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Aktor tersebut merupakan bintang era keemasan sinema Perancis, yang dikenal karena karakternya yang tangguh di layar kaca dalam film-film terkenal termasuk The Samurai dan Borsalino.

“Alain Delon meninggal dunia dengan tenang di rumahnya di Douchy, dikelilingi oleh ketiga anaknya dan keluarganya,” kata sebuah pernyataan yang dirilis kepada kantor berita AFP, seraya menambahkan bahwa keluarga telah meminta privasi.

Diketahui kesehatan Alain Delon sedang buruk beberapa tahun terakhir dan menjadi penyendiri.

 

Pernah digambarkan sebagai pria tertampan di film-film, Alain Delon membintangi film-film hits tahun 1960-an termasuk The Leopard dan Rocco and his Brothers.

Sejak 1990-an, penampilannya di film mulai jarang, tetapi ia tetap menjadi tokoh tetap di kolom selebriti.

Secara total, Alain Delon muncul dalam lebih dari 90 film selama kariernya.

Pernyataan dari keluarganya mengatakan, “Alain Fabien, Anouchka, Anthony, dan (anjingnya) Loubo, sangat sedih mengumumkan meninggalnya ayah mereka.

“Dia meninggal dunia dengan tenang di rumahnya di Douchy, dikelilingi oleh ketiga anaknya dan keluarganya.”

Ikon Sinema Prancis Yang Misterius Dan Berwajah Malaikat

Melansir dari situs france24.com, tak lama setelah meraih ketenaran melalui peran-peran film awalnya, Alain Delon didekati oleh sejumlah kreator film Eropa terhebat, yang kemudian memberinya peran dalam beberapa karya paling dihormati dalam sejarah perfilman.

Pada tahun 1960, sineas Italia Luchino Visconti memilihnya dalam Rocco and His Brothers yang dimahkotai dengan hadiah juri agung di Festival Film Venesia. 

Dua tahun kemudian, seorang sutradara Italia yang lebih terkenal, Michelangelo Antonioni, menyutradarai Alain Delon dalam Eclipse – memenangkan hadiah juri agung lainnya, kali ini di Festival Film Cannes .  

Pada tahun 1963, Alain Delon berperan sebagai keponakan kesayangan Pangeran Salina, Tancredi, dalam film adaptasi mewah garapan Visconti dari mahakarya Giuseppe Tomasi di Lampedusa, The Leopard. Kali ini, film tersebut memenangkan Palme d’Or.   

Pada tahun yang sama, Alain Delon bekerja sama untuk pertama kalinya dengan aktor Jean Gabin dalam film Any Number Can Win, dengan bintang yang sedang naik daun dan ikon layar lebar yang sudah mapan itu berperan sebagai duo penjahat yang merencanakan perampokan sebuah kasino di Cannes.

Dikenal oleh penonton berbahasa Inggris karena perannya sebagai Inspektur Maigret karya Georges Simenon, dan memiliki karier yang panjang sejak era sebelum perang, Gabin memberikan contoh bagi Alain Delon. 

Any Number Can Win tidak hanya menuai pujian dari kritikus tetapi juga sukses secara komersial – menjual 3,5 juta tiket.

Namun, ketika Alain Delon mencoba untuk masuk ke pasar box office utama – AS – tiga film Hollywood -nya menemui kegagalan secara komersial, meskipun ada kehadiran tokoh-tokoh terkenal seperti Dean Martin.

Tidak terinspirasi oleh proyek-proyek yang kemudian diusulkan kepadanya, bintang Perancis itu kembali ke Eropa. 

Polisi, Gangster dan Samurai 

Kembali ke Perancis, Alain Delon bertemu kembali dengan beberapa kenalan lama.

Pada tahun 1969, ia dan aktris Jerman-Perancis Romy Schneider – yang menjalin hubungan dengannya dari tahun 1959 hingga 1963 – berperan sebagai pasangan yang diliputi kecemburuan seksual dalam The Swimming Pool.

Tahun itu ia juga bertemu kembali dengan Gabin dan Henri Verneuil, sutradara Any Number Can Win dalam film gangster Perancis The Sicilian Clan.  

Namun, kolaborasinya dengan tokoh nouvelle cloudy Jean-Pierre Melville-lah yang menghasilkan film paling memukau dalam karier Alain Delon, mahakarya neo-noir The Samurai, di mana penampilannya yang “berwajah malaikat” menciptakan kontras yang kuat dengan perannya sebagai pembunuh bayaran yang soliter dan metodis.

Alain Delon dan Melville kemudian membuat dua film lagi bersama, The Red Circle dan A Cop – dua film terakhir yang dibuat Melville; keduanya memancarkan aura yang sangat muram. 

Pada saat yang sama, Alain Delon mulai mengambil peran sebagai produser, dan akhirnya memproduksi empat puluh film selama kariernya.

Meskipun demikian, baru pada tahun 1981 ia mengambil peran sebagai sutradara, untuk film thriller kriminal For a Cop’s Hide.

Ia menyutradarai film lainnya, Le Battant, pada tahun 1983.  

Namun, meskipun kesuksesan profesionalnya tidak diragukan lagi, Alain Delon mulai dicurigai sejak tahun 1968.

Tahun itu, pengawalnya, Stevan Markovic, ditemukan tewas di tempat pembuangan sampah.

Surat Markovic kepada saudaranya kemudian ditemukan, yang berbunyi, “jika saya terbunuh, itu 100 persen kesalahan Alain Delon dan ayah baptisnya, François Marcantoni” – yang terakhir adalah seorang gangster Korsika.

Meskipun polisi telah lama mencurigai keterlibatan mereka dalam pembunuhan Markovic, Alain Delon dan istrinya saat itu, Nathalie, tidak pernah dituntut. 

Pujian dan Kontroversi di Akhir Kariernya

Pada akhir tahun 1980-an, Alain Delon telah meniti karier selama tiga puluh tahun.

Namun – terlepas dari semua pujian yang dihasilkan oleh karya-karyanya – ia semakin banyak mengalami kegagalan saat ia memasuki tahap akhir kariernya. 

Selama tahun 1990-an, ia berakting dalam beberapa film komersial, seperti Dancing Machine dan The Return of Casanova.

Setelah beberapa kali gagal – yang diakhiri dengan Day and Night, yang disutradarai oleh filsuf Perancis Bernard-Henry Lévy – Alain Delon mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia perfilman pada tahun 1997, meskipun ia terus mengambil peran sesekali. 

Meskipun demikian, selama periode inilah Alain Delon dianugerahi beberapa penghargaan paling bergengsi yang diberikan oleh lembaga politik dan budaya.

Pada tahun 1991, presiden Perancis saat itu, François Mitterrand, mengangkatnya menjadi chevalier Legion of Honour.

Empat belas tahun kemudian, penerus Mitterrand, Jacques Chirac, mengangkatnya ke pangkat komandan atas “kontribusinya terhadap seni sinema dunia”.  

Bukan hanya negara Perancis yang memberinya penghargaan.

Pada tahun 1995, Festival Film Berlin menganugerahinya Beruang Emas untuk pencapaian seumur hidup.

Kemudian pada tahun 2019, Festival Film Cannes menganugerahinya Palme d’Honneur.

Namun, norma sosial banyak berubah dalam kurun waktu antara kedua penghargaan ini.

Keputusan Cannes untuk menghormatinya memicu kegemparan di pihak organisasi feminis khususnya, yang mengkritiknya karena telah membuat pernyataan “rasis, misoginis, dan homofobik” di depan umum. 

Memang, sebagian besar masyarakat sudah terasing dari Alain Delon, yang diduga terkait dengan dunia kriminal bawah tanah, diduga berteman dengan mantan pemimpin Front Nasional Jean-Marie Le Pen, dan pernyataan reaksionernya tentang perempuan dan kaum gay sangat memengaruhi reputasinya. 

Pada tahun 2008, ia tampil di layar lebar untuk terakhir kalinya, dalam komedi fantasi yang dipasarkan secara massal Asterix at the Olympic Games. Mungkin tidak mengherankan, film ini agak kurang memiliki keresahan eksistensial yang mendidih dari The Samurai dan kesuraman yang mewah dan lesu dari The Leopard.

Di sisi lain, film ini memungkinkan Alain Delon untuk memainkan citra publiknya sebagai seorang megalomaniak, dalam peran Julius Caesar. 

Ikon Sinema Global 

Meskipun merupakan karakter yang kontroversial, Alain Delon tetap menjadi ikon di kalangan artistik, dengan sederet tokoh terkemuka, termasuk Sofia Coppola, Quentin Tarantino, Madonna, dan Marianne Faithfull, yang terus memberikan penghormatan.  

Dalam budaya populer Perancis, ia masih dianggap sebagai salah satu raksasa sinema dunia, berkat keindahan penampilannya yang memukau dan penuh teka-teki – kualitas yang juga telah mendorong komersialisasi citranya, terutama dalam kasus Dior, yang menggunakan citranya dalam iklan parfum, dan merek rokok yang dijual di Kamboja yang telah menggunakan namanya selama bertahun-tahun. 

Tampaknya Alain Delon menyadari status ikoniknya, mengingat kecenderungannya untuk menyebut dirinya sendiri sebagai orang ketiga.

Namun, ia berbicara sebagai orang pertama saat mengenang kariernya saat menerima Palme d’Honneur, “Ketika saya memulai karier, saya tahu bahwa hal tersulit adalah bertahan, dan saya bertahan selama 62 tahun.

Sekarang saya tahu bahwa hal tersulit adalah pergi, karena saya tahu saya akan melakukannya,” katanya sambil menangis. (*)

Ikuti berita populer lainnya di Google News, Channel WA, dan Telegram.

Leave a comment