Informasi Terpercaya Masa Kini

Google akan Mengembangkan Split Screen untuk Ponsel Lipat Baru

0 23

TEMPO.CO, JakartaGoogle akan mengembangkan mode split screen di ponsel lipat generasi yang disebut Pixel 9 Pro Fold. Google akan mengoptimalkan split-screen menyiapkan tampilan aplikasi berdampingan, bahkan saat ponsel dalam posisi portrait atau sedang dilipat.

Mode split screen berdampingan saat ini sebagian besar ponsel pintar Android hanya mengizinkan pemisahan atas-bawah. Ini dalam posisi potrait, karena layarnya yang kecil dan berbentuk persegi panjang.

Laporan Phone Arena, dikutip dari Antara, Selasa, 2 Juli 2024, menyebutkan mode split screen bersebelahan itu dilakukan, karena diketahui Pixel 9 Pro Fold memiliki aspek rasio yang hampir persegi untuk layarnya. Bahkan, saat dilipat dengan demikian, split screen dalam tampilan portrait.

Fungsi ini pertama kali diperkenalkan di Android 14 QPR2 dan telah disempurnakan lebih lanjut pembaruan selanjutnya. Referensi kode dalam Proyek Sumber Terbuka Android (AOSP) secara khusus menyebutkan Pixel Fold 2, yang menyiratkan fitur ini dirancang untuk Pixel 9 Pro Fold yang akan datang.

Fungsi Split Screen

Laporan Android Authority, Pixel 9 Pro Fold akan mendapat beberapa fungsi split-screen baru. Jika menggunakan perangkat dalam orientasi potret dapat dengan mudah membagi layar dan menjalankan dua aplikasi berdampingan, dari kiri ke kanan.

Selain rasio aspek tampilan, resolusi juga berperan dalam mengaktifkan fitur ini. Layar Pixel 9 Pro Fold diharapkan memiliki resolusi 2.076 x 2.152 dalam mode potret, sehingga memerlukan opsi pemisahan layar kiri dan kanan.

Meskipun pembagian kiri-kanan dalam mode portrait merupakan pembaruan ini bukan satu-satunya peningkatan yang dilakukan Google untuk mendukung multitasking di Android. Adapun Android 15 memperkenalkan kemampuan untuk menyimpan pengaturan split screen yang biasa digunakan di menu utama sehingga untuk pekerjaan berkelanjutan dalam mode desktop pengguna bisa lebih leluasa menyesuaikan tampilan aplikasinya.

Multitasking dengan mode split screen bukan hal baru di Android. Ini pertama kali diperkenalkan di Android 7.0 Nougat pada 2016. Namun, penerapan Pixel 9 Pro Fold, dengan rasio aspek dan resolusinya yang unik, mewakili langkah maju yang signifikan dalam menjadikan multitasking lebih intuitif dan efisien di perangkat seluler.

Sebelum peluncuran Pixel 9 Pro Fold pada 13 Agustus 2024, masih perlu tinjauan Google memiliki kejutan lain untuk pengguna yang menyukai fungsi multitasking. Meskipun fokus pembaruan ini ada di Pixel 9 Pro Fold, manfaatnya juga meluas ke perangkat lipat lainnya.

Seiring pertumbuhan pasar perangkat lipat, fitur-fitur seperti multitasking layar terpisah kiri-kanan dalam mode potret akan makin penting untuk memaksimalkan perangkat lipat.

ANTARA | TECH RADAR

Pilihan Editor: Google Mengembangkan Circle to Search, Mengenali Fitur Ini

Leave a comment