Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Membuat Video dari Teks dengan Dream Machine Luma AI, Gratis

0 43

KOMPAS.comGenerative AI (Artificial Intelligence) atau AI yang bisa mengolah data menjadi konten baru, kini kian berkembang pesat. Ada banyak model generative AI yang tersedia saat ini dengan dibekali berbagai kemampuan.

Dalam perkembangannya, generative AI sekarang tidak hanya bisa mengolah konten statis seperti konten teks atau gambar, tetapi bisa juga konten dinamis seperti video.

Baca juga: Cara Menggunakan Gemini AI Google Bahasa Indonesia, Mudah dan Praktis

Beberapa pengembang pun kini berlomba-lomba menghadirkan generative AI yang bisa menghasilkan konten video. Adapun salah satu generative AI yang punya kemampuan menghasilkan konten video dan menarik untuk dicoba adalah Dream Machine.

Di Dream Machine, pengguna bisa membuat video dari perintah teks atau prompt tertentu. Lantas, bagaimana cara membuat video dari teks dengan Dream Machine?

Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat video AI dengan Dream Machine.

Sekilas tentang Dream Machine

Untuk diketahui, Dream Machine merupakan generative AI yang dikembangkan startup asal Amerika Serikat, Luma AI. Dream Machine memiliki kemampuan untuk mengolah video dari teks atau text-to-video.

Secara umum, kemampuan Dream Machine mirip dengan generative AI text-to-video lain seperti Sora dari OpenAI. Namun, jika dibandingkan dengan Sora, Dream Machine saat ini lebih mudah diakses oleh pengguna.

Sebagai informasi, Dream Machine dirilis Luma AI pada 12 Juni 2024 dan bisa dijajal oleh semua pengguna secara gratis. Sementara itu, akses Sora buatan OpenAI masih terbatas untuk sejumlah pengguna saja.

Pengguna saat ini bisa menjajal Dream Machine untuk membuat video AI dari teks secara gratis. Ada banyak gaya video yang dapat dibuat Dream Machine, seperti gaya kartun, realistis, dan lainnya.

Pengguna dapat membuat prompt tertentu untuk mendapatkan video dengan gaya yang sesuai keinginan. Selain gaya, pengguna juga bisa membuat prompt untuk mengatur angle dan pergerakan kamera video.

Di Dream Machine, untuk sekarang ini, pengguna sayangnya hanya bisa membuat video dari teks dengan durasi sangat singkat, yakni 5 detik. Kemampuan Dream Machine ini tengah ramai dipakai pengguna untuk membuat video dari beberapa meme yang populer.

Adapun beberapa contoh video meme yang dibuat pengguna dengan Dream Machine adalah sebagai berikut.

Cara membuat video AI dengan Dream Machine

Cara membuat video AI dengan Dream Machine itu pada dasarnya cukup mudah. Secara umum, pengguna tinggal memasukkan prompt dan Dream Machine bakal mengolahnya menjadi video.

Baca juga: Cara Membuat Gambar AI dari Teks di Google Bard, Mirip Bing Image Creator

Agar video yang dihasilkan sesuai keinginan, pengguna harus memasukkan prompt dengan detail yang bisa meliputi objek, gaya, dan angle kamera. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membuat video dari teks dengan Dream Machine adalah sebagai berikut:

  • Buka website Dream Machine dari Luma AI ini https://lumalabs.ai/dream-machine.
  • Kemudian, klik opsi “Try Now” dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Selanjutnya, masukkan prompt untuk membuat video. Dalam tutorial ini, KompasTekno memasukkan prompt sebagai berikut:
    • Low-angle shot of a majestic tiger prowling through a snowy landscape, leaving paw prints on the snow.
  • Setelah itu, Dream Machine bakal mengolah prompt tersebut menjadi video.
  • Proses pengolahan video bisa berjalan hingga beberapa menit. Jika permintaan pembuatan video terlalu tinggi, prosesnya bakal lebih lama.
  • Setelah selesai diolah, pengguna bisa langsung menonton video itu. Pengguna juga bisa mengunduh dan membagikannya.
  • Adapun video dengan prompt di atas yang kami buat di Dream Machine bisa dilihat lebih jelas di tautan ini.
  • Saat hasilnya disajikan, pengguna bisa menambahkan prompt untuk membuat video baru yang melanjutkan video berdurasi 5 detik sebelumnya dengan klik opsi “Extend”.

Itulah cara membuat video AI dengan Dream Machine. Untuk diketahui, Dream Machine tidak hanya bisa membuat video AI dari teks, tetapi bisa juga membuat video dari gambar. Jadi, pengguna bisa memasukkan gambar ke Dream Machine.

Kemudian, Dream Machine akan menggunakan elemen pada gambar itu untuk dibuat menjadi video. Pengguna bisa menambahkan prompt pada gambar yang diinput untuk membuat video tertentu.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Art Generator buat Bikin Gambar dari Teks, Ada Canva dan Midjourney

Kemampuan membuat gambar menjadi video atau image-to-video dari Dream Machine inilah yang ramai dipakai pengguna di medsos untuk membuat video dari meme. Dream Machine dapat diakses dengan mudah, baik melalui browser di desktop maupun di perangkat mobile.

Meski mudah diakses, Dream Machine memiliki batasan penggunaan. Pengguna akun gratis hanya bisa membuat video maksimal 5 kali per hari dan 30 kali per bulan dengan video yang dihasilkan memiliki watermark “Luma”.

Sementara itu, jika ingin membuat video dengan lebih banyak dan tanpa watermark, pengguna perlu berlangganan. Untuk paket paling murah, pengguna bisa langganan Dream Machine seharga 29,99 dollar AS (Rp 488.424) per bulan.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment