Informasi Terpercaya Masa Kini

Berapa Banyak Kalori yang Dibakar dengan Berjalan Kaki? Simak Penjelasannya Berikut

0 29

TRIBUNHEALTH.COM – Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang menyenangkan dan mudah, serta bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Aktivitas fisik jenis ini dapat dilakukan di luar ruangan, di dalam ruangan, atau treadmill di tanjakan untuk pembakaran kalori yang lebih besar.

Dikutip dari Health, untuk kesehatan secara keseluruhan dan pencegahan penyakit, Pedoman Aktivitas Fisik untuk Amerika merekomendasikan agar orang dewasa melakukan aktivitas fisik dengan waktu berikut.

150 menit aktivitas fisik intensitas sedang, 75 menit aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi, atau kombinasi yang setara, setiap minggunya.

Baca juga: Alasan Aktivitas Fisik Penting untuk Kesehatan, Termasuk Menurunkan Risiko Berbagai Penyakit

Jumlah Kalori yang Dibakar

Menurut Health, jumlah rata-rata kalori yang dibakar seseorang saat berjalan kaki bervariasi.

Hal ini tergantung pada berbagai faktor seperti berat badan, kecepatan berjalan, dan jarak yang ditempuh.

Misalnya, rata-rata orang dengan berat 140 pon akan membakar 64 kalori per mil sambil berjalan dengan kecepatan sedang, yaitu 2,8 mil per jam (mph).

Sedangkan orang dengan berat 200 pon akan membakar 87 kalori dengan berjalan dengan jarak dan kecepatan yang sama.

Usia dan jenis medan yang dilalui seseorang (yaitu trotoar datar vs. bukit) juga dapat memengaruhi jumlah total kalori yang terbakar.

Baca juga: Menaiki 50 Anak Tangga Sehari Dapat Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Faktor Kecepatan, Berat, dan Jarak

Kecepatan, jarak, dan berat badan Anda menentukan berapa banyak kalori yang Anda bakar saat berjalan.

Ringkasan Aktivitas Fisik, sumber yang digunakan banyak peneliti untuk memperkirakan dan mengklasifikasikan biaya energi dari aktivitas fisik manusia, mencantumkan berbagai kecepatan berjalan yang dapat digunakan untuk menghitung pembakaran kalori secara keseluruhan.

Berdasarkan klasifikasi jalan kaki dari Ringkasan Aktivitas Fisik, orang dengan berat 170 pon akan membakar sekitar 80 kalori dengan berjalan sejauh satu mil dengan kecepatan lambat (2,0 mph).

74 kalori berjalan satu mil dengan kecepatan sedang (2,8 mph).

83 kalori berjalan satu mil dengan kecepatan cepat (3,5 mph).

Atau 91 kalori berjalan satu mil dengan kecepatan sangat cepat (4 mph).

Kecepatan dan jarak dapat disesuaikan seiring waktu tergantung pada tujuan gerakan Anda.

Misalnya, jika Anda baru mengenal jalan kaki untuk aktivitas fisik dan ingin melanjutkan ke tingkat jalan cepat, Anda disarankan untuk memulai dengan perlahan dan secara bertahap meningkatkan jumlah langkah dan kecepatan seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 4 Keuntungan Ganti Gula dengan Stevia, Dapat Mengelola Diabetes hingga Tekanan Darah

Baca juga: 8 Keuntungan Rutin Melakukan Meditasi, Jaga Tekanan Darah Tetap Normal hingga Mencegah Stres Kronis

Cara Membakar Lebih Banyak Kalori dengan Jalan Kaki

Jika Anda ingin meningkatkan pembakaran kalori sambil berjalan kaki, ada beberapa metode dan tips efektif yang dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori Anda. Ini termasuk:

– Berjalan dengan kecepatan lebih cepat akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan berjalan dengan kecepatan lambat atau sedang.

– Berjalan mendaki bukit atau menambah tanjakan pada treadmill. Dibandingkan dengan berjalan di permukaan datar, berjalan di atas bukit atau di tanjakan di atas treadmill (pengaturan yang menyerupai berjalan di atas bukit) meningkatkan jumlah energi yang kita keluarkan untuk membakar lebih banyak kalori.

– Naik tangga bila memungkinkan. Naik atau turun tangga akan meningkatkan keseluruhan langkah Anda, sehingga membakar lebih banyak kalori.

– Memasukkan beberapa interval sprint atau jogging ke dalam jalan kaki Anda akan meningkatkan kecepatan Anda secara signifikan dan menghasilkan lebih banyak kalori yang terbakar.

– Berusahalah untuk berjalan lebih banyak sepanjang hari Anda. Berjalanlah saat hendak ke toko atau saat hendak makan siang daripada mengemudi.

– Mendengarkan musik favorit sambil berjalan kaki dapat meningkatkan intensitas dan membuat jalan kaki menjadi lebih menyenangkan.

Cara sederhana lainnya untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari dan melakukan lebih banyak langkah adalah dengan berdiri di siang hari.

Cobalah berbicara di telepon sambil mondar-mandir di rumah Anda.

Otot-otot di punggung dan kaki Anda akan bekerja lebih keras untuk membakar lebih banyak kalori seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 10 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan, Mengurangi Stres juga Menenangkan Pikiran

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Leave a comment