Informasi Terpercaya Masa Kini

13 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika, Calon Mahasiswa Cek

0 52

KOMPAS.com – Jurusan kuliah yang tidak ada matematika bisa dipilih calon mahasiswa yang menyadari tidak begitu pintar di soal hitung menghitung atau pelajar yang ada rumusnya.

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika ini bisa dijadikan referensi mahasiswa yang tahun ini mau kuliah.

Mengetahui jurusan kuliah yang tidak ada matematika ini perlu diketahui agar kamu tidak merasa salah jurusan dan menyesal di kemudian hari.

Sehingga alangkah baiknya, para calon mahasiswa bisa memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi sesuai dengan bakat dan minatnya.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Peluang Kerjanya Besar, Calon Mahasiswa Cek

13 jurusan kuliah yang tidak ada matematika

Dilansir dari laman Aku Pintar dan sumber lain, Rabu (10/7/2024) berikut jurusan kuliah yang tidak ada matematika bisa kamu pilih saat mendaftar di perguruan tinggi.

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi termasuk jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Bahkan Jurusan Ilmu Komunikasi ini termasuk salah satu jurusan favorit calon mahasiswa dari kelompok Sosial Humaniora (Soshum).

Jika memilih jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang menulis berita, public speaking, membuat film, animasi, membuat iklan, desain, fotografi, dan masih banyak lainnya.

2. Hubungan Internasional

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika berikutnya adalah Jurusan Hubungan Internasional. Jurusan ini cocok bagi kamu yang pintar berbahasa asing dan tertarik mempelajari hubungan diplomasi antarnegara.

3. Sastra dan pendidikan bahasa

Semua jurusan sastra dan pendidikan bahasa tidak ada matematikanya. Jadi bagi calon mahasiswa yang tidak suka matematika, bisa memilih jurusan di bidang sastra maupun pendidikan bahasa.

Jurusan sastra dan pendidikan bahasa tidak hanya bahasa Indonesia saja. Tapi juga sastra dan pendidikan bahasa dari berbagai negara lainnya.

Pada Jurusan Sastra Bahasa akan belajar tentang tata bahasa, ejaan, gaya bahasa, penulisan, dan lain-lain.

Sedangkan Jurusan Pendidikan Bahasa juga juga mempelajari tata bahasa, gaya bahasa, bahkan sedikit sastra. Selain itu juga belajar tentang teori dan seluk-beluk pengajaran.

4. Sosiologi

Mahasiswa Sosiologi belajar tentang struktur sosial masyarakat dan interaksi antar individu didalamnya. Jika kamu tidak suka matematika, maka Jurusan Sosiologi ini bisa dijadikan referensi.

5. Desain/Animasi

Jurusan ini cocok dipilih bagi siswa yang menghindari matematika namun suka dengan menggambar atau desain.

Jika kamu ingin belajar grafis dengan cakupan lebih luas, termasuk animasi di dalamnya, Desain Komunikasi Visual bisa menjadi pilihan jurusan saat mendaftar di perguruan tinggi. Sementara jurusan Animasi lebih terfokus pada film atau game 3D.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Referensi Daftar UTBK SNBT 2024

6. Ilmu Filsafat

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika berikutnya adalah Jurusan Ilmu Filsafat. Mahasiswa Jurusan Ilmu Filsafat akan belajar memikirkan hakikat kehidupan manusia di dunia, penciptaan alam semesta, dan berbagai topik menarik lainnya.

7. Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum juga termasuk salah satu jurusan yang tidak ada matematikanya. Saat memilih jurusan ini, kamu akan membutuhkan pendalaman konsep dan teori yang tak tanggung-tanggung.

Prospek kerja lulusan Jurusan Hukum juga sangat luas. Sehingga Jurusan Ilmu Hukum ini bisa dijadikan pilihan saat mendaftar di perguruan tinggi.

8. Kriminologi

Jurusan ini lebih menekankan pada evaluasi bukti, pemikiran kritis, analisis data, penilaian etis, dan berbagai kecakapan ala detektif yang lain.

9. Ilmu Sejarah

Calon mahasiswa yang tidak suka matematika juga bisa memilih Jurusan Ilmu Sejarah. Dengan mempelajari peristiwa masa lampau, mahasiswa bisa belajar hikmah, fenomena, karakter, dan banyak hal lain yang dapat dibandingkan dengan keadaan masa kini.

10. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Banyak perguruan tinggi negeri yang menyediakan jurusan di bidang olahraga. Jurusan ini bisa dipilih bagi calon mahasiswa yang suka bidang olahraga.

Tak perlu khawatir karena di jurusan ini juga tidak akan ditemukan matematika di mata kuliahnya.

11. Jurusan di bidang seni

Jurusan yang tidak ada matematika selanjutnya adalah jurusan kuliah di bidang kesenian. Jurusan di bidang seni ada banyak.

Kamu bisa memilih jurusan bidang seni yang sesuai dengan bakat dan minatmu. Jurusan di bidang seni contohnya, Jurusan Sendratasik atau Seni Drama, Tari, Musik, Seni Rupa bahkan jurusan seni Lukis. Semua jurusan tersebut merupakan jurusan kuliah yang tidak ada matematiknya.

Baca juga: Cek Jurusan Kuliah dengan Program Double Degree di Telkom University

12. Arkeologi

Satu lagi jurusan kuliah yang tidak ada matematika adalah Jurusan Arkeologi. Jika memilih Jurusan Arkeologi, kamu akan belajar tentang sejarah manusia melalui penelitian terhadap benda-benda yang ditinggalkan oleh peradaban di masa lalu.

Calon mahasiswa yang memilih jurusan ini akan belajar konservasi dan restorasi benda-benda bersejarah, penafisran benda arkeologi, metode penelitian arkeologi dan lain sebagainya.

13. Antropologi

Jurusan Antropologi adalah pemahaman tentang manusia dan kebudayaan. Mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini meliputi pengkajian tentang cara manusia bertindak, berpikir, dan berinteraksi di masyarakat dalam lingkup agama, bahasa, politik, ekonomi, kesenian dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai 13 jurusan yang tidak ada matematika yang bisa dijadikan referensi calon mahasiswa yang mau mendaftar di perguruan tinggi tahun ini.

Leave a comment