Informasi Terpercaya Masa Kini

Rencana Jokowi Berkantor di IKN Kaltim Bulan Juli Belum Terealisasi,Terhambat Air dan Listrik

0 39

TRIBUNKALTIM.CO – Rencana Presiden Jokowi berkantor di IKN Kalimantan Timur bulan Juli ini belum terealisasi.

Hal ini dikarenakan terhambat air dan listrik.

Padahal, diakui Jokowi, dirinya sudah siap mulai berkantor di IKN di Kaltim.

Namun, berdasarkan laporan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jokowi menyebutkan bahwa sarana dan prasarana itu belum siap.

Baca juga: Daftar Proyek IKN di Kaltim yang Ditargetkan Kelar Juli 2024, Proyek Disetop Sementara Jelang HUT RI

“Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,” ujar Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2024).

“Sudah (dapat laporan dari Kementerian PUPR), tapi belum (belum siap). Sudah, tapi belum,” kata dia menegaskan.

Jokowi menyebutkan, keputusan presiden mengenai pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN juga bergantung pada situasi di lapangan.

Presiden Pastikan Keberlanjutan IKN Artikel Kompas.id Ia mengatakan, keppres pemindahan ibu kota bisa saja terbit sebelum atau setelah Oktober 2024 ketika ia sudah lengser dari jabatan presiden.

“Kita melihat situasi lapangan.

Kita tidak ingin memaksakan sesuatu yang memang belum jangan dipaksakan, semua dilihat progress lapangannya dilihat,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengaku optimistis dapat segera berkantor di IKN. Ia pun sempat berencana berkantor di IKN ada akhir Juni maupun awal Juli 2024. 

Namun, ia menekankan bahwa kepastian berkantor itu akan menunggu sarana prasarana inti termasuk ketersediaan air.

“Sangat optimistis untuk berkantor dari sini.

Tinggal menunggu sambungan air di Juli nanti,” ungkap Presiden Jokowi, Rabu (5/6/2024).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga sempat menyebutkan bahwa Jokowi akan berkantor di IKN jika sejumlah utilitas telah terpasang, termasuk saluran air.

“Insya Allah kalau air sudah masuk (Presiden berkantor di IKN),” kata Basuki di Kantor Presiden, Jakarta Pusat pada 3 Juni 2024.

Jokowi ke Abu Dhabi Juli Ini, “Follow Up” Rencana Investasi Pemilik Burj Khalifa di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertolak ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pada Juli 2024 ini. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono saat ditemui di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Senin (8/7/2024).

“Nanti tanggal 15 tanggal 16 beliau (Jokowi) baru ke Abu Dhabi untuk menindaklanjuti kunjungan Mohamed Ali Rashed Alabbar untuk membangun financial center di IKN,” ucap Basuki.

Adapun Mohamed Alabbar merupakan pendiri sekaligus konglomerat properti multinasional, Emaar Properties, yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), mengunjungi IKN pada Minggu (26/5/2024).

Perusahaan pengembang yang membangun dan memiliki aset gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, ini didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Mantan Kepala OIKN Bambang Susantono.

Bambang Susantono yang saat itu menjabat sebagai Kepala OIKN mengatakan, Mohamed Alabbar tertarik berinvestasi di IKN untuk 3 sektor.

“Tertarik untuk beberapa jenis, nanti dia hitung-hitung lagi apa di energi atau di transportasi atau properti, itu 3 yang kemarin kita bicarakan, belum mengkristal ya, masih berproses,” kata Bambang saat ditemui di The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Bambang juga mengatakan Mohamed Alabbar terkesan dengan pembangunan IKN saat melakukan kunjungan ke sana.

Sementara Mohamed Alabbar mengucapkan terima kasih karena mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Indonesia, negeri yang sangat indah.

“Pembangunan di IKN yang masif menunjukkan kerja keras, kualitas desain, kualitas konstruksi yang baik dan cepat, yang tak pernah kami saksikan sebelumnya,” ujar Alabbar.

Daftar Proyek IKN Kaltim yang Ditargetkan Kelar Juli 2024

Inilah daftar proyek IKN Kalimantan Timur yang ditargetkan kelar pada Juli 2024.

Kemudian, nantinya proyek IKN di Kaltim akan disetop sementara jelang HUT RI tepatnya pada 10 Agustus 2024.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengebut pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sampai dengan Juli 2024, terdapat beberapa proyek yang dtargetkan rampung.

Baca juga: 2 Orang Terpenting Indonesia di Upacara HUT RI di IKN, Pemprov Kaltim Ungkap Kesiapan Tim Kesehatan

Ini sekaligus mendukung pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

“Kantor Presiden, Kawasan Istana Presiden, Area Sumbu Kebangsaan, Memorial Park, Beranda Nusantara (ditargetkan rampung pada Juli 2024),” kata Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Danis Hidayat Sumadilaga saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Selain itu, juga ada infrastruktur pendukung seperti Kantor Sekretariat Presiden yang akan dioperasikan secara fungsional.

Kemudian, ada Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 1 yang akan digunakan sebagai tempat menginap para petugas upacara.

“Kita sediakan toilet dan shower untuk mendukung acara,” lanjut Danis.

Untuk tempat menginap para petugas upacara, turut difungsikan apartemen ASN sebanyak 12 tower.

Sementara dari sisi konektivitas, akan difungsionalkan Jalan Tol IKN Seksi 3A, 3B, dan 5A sebanyak satu jalur dan satu arah.

“Progresnya bagus, sudah diaspal, target kita pokoknya akan satu jalur, satu arah, tiga lajur,” tuntas Danis.

Pekerjaan konstruksi di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dihentikan sementara jelang Upacara Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2024.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, proyek akan dihentikan pada 10 Agustus 2024.

“Insya Allah tanggal 10 (Agustus) lah kira-kira sudah kita hentikan,” kata Danis saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Pekerjaan yang dihentikan khususnya yang berada di luar ruangan dan membutuhkan mobilisasi kendaraan dan alat berat.

Sementara pekerjaan yang bisa dilakukan di dalam ruangan dan tidak menganggu pelaksanaan upacara, maka akan tetap berjalan.

Guna memanfaatkan waktu libur sementara para pekerja konstruksi, Satgas IKN akan mengadakan sejumlah acara.

 Pasalnya dalam waktu tersebut, para pekerja konstruksi tidak dipulangkan ke rumah dan tetap berada di kawasan IKN.

“Nah kalau yang harus di luar nanti kita adakan acara sendiri.

Kayak olahraga, kemudian kita adakan juga semacam pelatihan, sertifikasi, kita manfaatin lah supaya enggak diem,” jelas Danis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ini Daftar Proyek IKN yang Kelar Dibangun Bulan Juli 2024”, Klik untuk baca: https://ikn.kompas.com/read/2024/07/06/110000987/ini-daftar-proyek-ikn-yang-kelar-dibangun-bulan-juli-2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jokowi ke Abu Dhabi Juli Ini, “Follow Up” Rencana Investasi Pemilik Burj Khalifa di IKN”, Klik untuk baca: https://ikn.kompas.com/read/2024/07/08/181220087/jokowi-ke-abu-dhabi-juli-ini-follow-up-rencana-investasi-pemilik-burj-khalifa-di.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Soal Rencana Berkantor di IKN, Jokowi: Air dan Listrik Belum Siap”, Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/07/08/19282511/soal-rencana-berkantor-di-ikn-jokowi-air-dan-listrik-belum-siap.

Ikuti berita populer lainnya di Google News Tribun Kaltim

Ikuti berita populer lainnya di saluran WhatsApp Tribun Kaltim

Leave a comment