Informasi Terpercaya Masa Kini

Kampung Seni Borobudur Jadi Tempat Relokasi Pedagang dan Pengrajin

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Kampung Seni Borobudur di Dusun Kujon, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibangun sebagai tempat relokasi bagi para pedagang dan pengrajin yang sebelumnya menempati lahan parkir di pintu keluar Candi Borobudur.

Kawasan baru tersebut didesain lebih terstruktur dengan fasilitas lengkap. Sehingga, memberikan kenyamanan, baik bagi pengunjung maupun pedagang.

Dengan penataan ini, para pedagang dan pengrajin dapat menampilkan hasil karya mereka dalam suasana lebih estetis dan profesional, meningkatkan daya tarik, serta pengalaman wisatawan di kawasan Candi Borobudur.

Kampung Seni Borobudur hadir sebagai upaya untuk memperkuat identitas budaya dan memajukan ekonomi kreatif di kawasan Borobudur.

Baca juga: Penataan Kampung Seni Borobudur Telan Anggaran Rp 253,2 Miliar

Mengusung konsep ruang kreatif yang memadukan seni dan budaya lokal, inisiatif ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada para seniman lokal untuk berekspresi, tetapi juga membuka jalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kampung Seni Borobudur merupakan inisiatif yang tidak hanya memperkuat identitas budaya lokal, tetapi juga menjadi platform yang mendorong kreativitas dan kolaborasi antara seniman-seniman lokal,” ungkap Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Diana Kusumastuti, dikutip Senin (28/10/2024).

Sebagai situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO, pengembangan dan pelestarian kawasan Borobudur memerlukan koordinasi yang luas dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dengan dibangunnya Kampung Seni Borobudur, diharapkan ekonomi kreatif di kawasan ini semakin tumbuh, juga memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat dan pelestarian budaya Indonesia.

Leave a comment