Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

0 3

KOMPAS.com – Kulkas berfungsi untuk mempertahankan kesegaran makanan, sehingga dapat bertahan lebih lama. Namun, tidak semua makanan boleh disimpan di kulkas.

Beberapa makanan bisa cepat busuk, jika dimasukkan ke dalam kulkas. Ada juga makanan yang rasanya rusak setelah terkena suhu dingin di dalam kulkas.

Agar tidak keliru lagi, merangkum Martha Stewart dan Real Simple, Rabu (23/10/2024), berikut adalah daftar makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Membuat Kulkas Berbau Tidak Sedap

Pisang

Pertama, makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas adalah pisang. Pisang yang belum matang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam lemari es karena suhu dingin akan memperlambat proses pematangan alami.

Tak hanya itu, suhu dingin juga akan mengubah kulit pisang menjadi coklat tua hingga hitam. Tentunya, ini membuat pisang tampak tidak menarik.

Simpan pisang mentah pada suhu ruangan hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Setelah matang, pisang dapat disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari untuk memperpanjang masa simpannya.

Baca juga: Bebas Bau, Ini Cara Membersihkan Kulkas Secara Mendalam

Kemangi

Kemangi merupakan rempah yang sensitif terhadap suhu dingin. Suhu yang terlalu rendah akan menyebabkan daun kemangi mengerut dan menghitam. Jadi, sebaiknya jangan simpan rempah ini di kulkas.

Jika ingin kemangi segar lebih lama, simpan kemangi di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan pada suhu ruangan.

Tips lainnya, potonglah batang kemangi dan taruh di dalam segelas air, seperti menyimpan bunga potong segar. Jangan lupa ganti airnya agar kemangi tidak cepat busuk.

Baca juga: 6 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Roti

Berikutnya, makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas adalah roti. Untuk roti yang akan segera dimakan, jangan dimasukkan ke dalam lemari es karena suhu dingin akan menyebabkan roti kehilangan kelembapannya, sehingga tekstur roti jadi lebih kering dan keras.

Sebaiknya, simpan roti yang akan segera dimakan di tempat yang sejuk dan kering, seperti lemari dapur atau meja dapur.

Sementara itu, jika kamu berencana untuk menyimpan roti untuk sementara waktu, menyimpannya di kulkas dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur.

Baca juga: 6 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Atas Kulkas

Bawang putih

Bawang putih utuh yang belum dipotong akan menjadi lunak dan bertunas lebih cepat, jika disimpan di kulkas. Meskipun kecambah bawang putih dapat dimakan, rasanya bisa sangat pahit, sehingga sulit dinikmati.

Alih-alih menyimpan di dalam kulkas, tempat terbaik untuk menyimpan bawang putih adalah di tempat yang sejuk dan kering, seperti meja dapur.

Madu

Madu juga termasuk makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas. Masalahnya, suhu dingin di dalam lemari es akan membuat tekstur madu terlalu kental dan hampir padat, sehingga sulit digunakan.

Baca juga: Jangan Meletakkan Microwave di Atas Kulkas, Ini Bahayanya

Madu diawetkan secara alami oleh kandungan gulanya. Jadi, bahan pemanis ini mampu bertahan lama pada suhu ruangan.

Untuk memastikan konsistensi cairannya tetap terjaga, sebaiknya simpan madu di botol kaca dan taruh di dalam lemari dapur yang tidak terkena cahaya.

Bawang bombay

Selain bawang putih, bawang bombay utuh juga sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Hal ini karena pati dalam bawang bombay akan berubah menjadi gula saat terkena suhu dingin, sehingga bawang bombay menjadi lebih manis dan lembut.

Baca juga: Suhu Kulkas yang Ideal dan Jaga Makanan Tetap Segar

Terlebih lagi, bawang bombay memiliki bau yang cukup kuat, sehingga bahan makanan lain di dalam lemari es mungkin terpengaruh jika disimpan di dekatnya.

Sama seperti jenis bawang lainnya, bawang bombay sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering, seperti lemari dapur atau meja dapur.

Melon

Selanjutnya, makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas adalah melon utuh. Melon yang belum dipotong sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam lemari es karena dapat menyerap rasa lainnya.

Baca juga: 6 Penyebab Kulkas Bocor dan Cara Mengatasinya

Kandungan rasa manis dan antioksidan pada melon juga meningkat setelah dipanen, tetapi pendinginan akan memperlambatnya. Selain itu, suhu rendah dapat membuat tekstur melon menjadi berpasir dan lunak.

Jika melon masih utuh dan belum dipotong, sebaiknya simpan di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Setelah dipotong-potong, melon boleh disimpan di kulkas agar lebih awet.

Kentang

Kentang utuh yang belum dikupas sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Alasannya mirip dengan bawang bombay, yakni karena suhu dingin akan mengubah pati dalam kentang menjadi gula, yang menyebabkan kentang menjadi manis dan berubah tekstur saat dimasak.

Kentang yang belum dikupas sebaiknya disimpan di dapur atau di lemari dapur yang gelap. Hindari menyimpan kentang bersama bawang dan buah-buahan karena kentang dapat mempercepat perkecambahan.

Baca juga: 7 Tips Merawat Kulkas agar Lebih Hemat Listrik

Alpukat

Alpukat masuk dalam daftar makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas, terutama alpukat yang belum matang. Cara terbaik untuk menyimpan alpukat mentah adalah dengan meletakkannya di atas meja dapur, jauh dari buah dan sayuran lainnya.

Alpukat yang belum matang biasanya akan bertahan di suhu ruang selama empat hingga lima hari.

Kemudian, jika alpukat sudah matang (atau hampir matang), kamu dapat menyimpannya di kulkas agar alpukat tetap segar selama beberapa hari. Saat menyimpan alpukat di lemari es, sebaiknya taruh di dalam wadah makanan kedap udara atau di laci buah.

Baca juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Tidak Sedap dari Kulkas

Tomat

Terakhir, makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas adalah tomat. Tomat mengandung enzim yang bereaksi terhadap suhu dingin, yang menyebabkan membran sel rusak dan menghasilkan buah yang lembek dan bertepung.

Selain itu, tomat sangat cepat menyerap bau dari makanan lain di salam lemari es, sehingga dapat menurunkan kualitas dan rasanya.

Simpanlah tomat mentah maupun yang sudah matang pada suhu ruangan. Tomat akan memiliki rasa paling lezat saat sudah sangat matang dan saat disimpan di tempat dengan suhu ruangan.

Leave a comment