Informasi Terpercaya Masa Kini

H-2 Menuju Tanah Suci

0 2

Perjalanan umrah adalah rangkaian ibadah sejak dari berangkat dari rumah hingga kembali ke rumah. Oleh karena itu, proses menunaikan ibadah umroh dari keberangkatan sampai kepulangan harus berada dalam ketaatan beribadah.

Salah satu masjid yang memiliki keutamaan untuk dikunjungi di Madinah, adalah Masjid Quba’. Masjid Quba’ adalah masjid kedua dari dua masjid yang memiliki keutamaan dan kedudukan penting di kota Madinah. Masjid yang paling utama adalah Masjid Nabawi, di mana shalat di dalamnya lebih utama dari1.000 shalat di tempat lainnya; kecuali Masjidil Haram.

Tentang sejarah Masjid Quba’, Al-Mubarakfuri mengatakan, “Pada hari Senin 8 Rabiul Awal tahun 14 kenabian bertepatan tanggal 23 September tahun 622 M, Rasulullah saw tiba di Quba’. Beliau tinggal di Quba’ selama 4 hari, Senin, Selasa, Rabu dan Kamis”.

“Beliau memulai membangun masjid Quba’ dan shalat di dalamnya. Ini termasuk masjid yang pertama kali dibangun atas dasar ketakwaan setelah kenabian. Pada hari Kamis –Jum’ah; beliau naik unta atas perintah Allah (untuk melanjutkan perjalanan Hijrah ke Madinah). Abu Bakar yang mendampingi beliau”.

Terkait keutamaan Masjid Quba’, ada beberapa dalil yang menunjukkan keutamaan shalat di masjid itu. Abdullah bin Umar berkata, “Dahulu Nabi saw mendatangi Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendaraan, kemudian Beliau saw shalat dua rekaat” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Usaid bin Zhuhair Al-Anshari , ia berkata bahwa Nabi saw bersabda, “Shalat di Masjid Quba’, (pahalanya) seperti umrah” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Diriwayatkan dari Sahl bin Hunaif, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba’, kemudian dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah” (HR. Ibnu Majah dan lainnya).

Sabda Beliau saw dalam hadits di atas, “Kemudian dia mendirikan shalat”; maksud perkataan shalat di sini mencakup semua jenis shalat, baik fardu maupun sunnah.

Dari ‘Abdullah bin Dinar, ia mendengar ‘Abdullah bin ‘Umar berkata, “Nabi saw  biasa mendatangi Masjid Quba’ sambil memakai kendaraan, dan (kadang) berjalan kaki” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat Muslim lainnya disebutkan, ‘Abdullah bin Dinar berkata, “Ibnu ‘Umar biasa mendatangi Masjid Quba’ pada hari Sabtu. Ia berkata bahwa ia melihat Nabi saw  mendatangi masjid tersebut pula pada hari Sabtu.”

Untuk itu jamaah umroh dari berbagai negara menyempatkan untuk mengunjungi dan beribadah di Masjid Quba’ yang memiliki sejarah dan keistimewaan tersendiri.

Hari ini, Senin 28 Oktober 2024, adalah H-2 dari program “70 Hari Menuju Tanah Suci”. Dengan niat yang suci, semoga Allah mudahkan kita beribadah ke tanah suci. Agar menghapus dosa-dosa kita, dan memperbanyak kebaikan-kebaikan kita.

Allah tidak memanggil orang-orang yang mampu. Namun Allah memampukan orang-orang yang terpanggil. Bismillah.

Leave a comment