Informasi Terpercaya Masa Kini

PENGAKUAN Para Menteri di Akmil Magelang,Dibangunkan Jam 4 Pagi,Kaget Prabowo Sudah di Lapangan

0 3

TRIBUN-MEDAN.com – Inilah pengakuan para menteri saat berada di Akmil Magelang.

Pada Jumat (25/10/2024) pagi, suasana di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, penuh semangat saat para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga penasihat khusus Presiden mengikuti latihan baris-berbaris.

Latihan ini merupakan bagian dari retret Kabinet Merah Putih yang dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo Subianto, yang hadir lebih awal sebagai contoh kedisiplinan.

Kegiatan diawali dengan pembangkitan peserta pada pukul 04.00 WIB, di mana mereka bersiap di tenda masing-masing sebelum berkumpul di lapangan pada pukul 05.15 WIB.

“Para ‘pembantu’ Presiden Prabowo Subianto sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing. Pada pukul 05.15, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga,” ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, dalam keterangan persnya.

Hasan menambahkan, Prabowo adalah orang pertama yang tiba di lapangan, diikuti oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, Panglima TNI, Kapolri, hingga Jenderal (Purn) Wiranto yang turut serta.

Kegiatan dibuka dengan olahraga pagi selama 30 menit, dipimpin oleh pelatih dari Akademi Militer Magelang, sebelum peserta dibagi ke dalam lima kelompok untuk latihan baris-berbaris, dengan setiap kelompok didampingi tiga pelatih.

Namun, latihan ini bukan sekadar ajang olahraga atau unjuk kedisiplinan semata.

Prabowo menegaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menyamakan frekuensi antar anggota pemerintah.

“Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim,” ungkapnya.

Presiden mengibaratkan kerja sama tim yang baik seperti permainan sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama untuk mencapai kemenangan.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden dan seluruh peserta mengenakan pakaian lapangan Komponen Cadangan (Komcad), melambangkan kebersamaan dan komitmen mereka terhadap keamanan dan kedaulatan negara.

Prabowo juga mengingatkan akan pentingnya Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, yang menuntut kesiapan setiap warga negara dalam menghadapi berbagai ancaman.

Sebagai penutup, Prabowo menekankan bahwa Kabinet Merah Putih harus berfokus pada kolaborasi dan koordinasi untuk bisa berkompetisi di kancah internasional.

Latihan baris-berbaris ini menjadi simbol komitmen pemerintahan untuk terus bekerja sebagai satu tim, membawa Indonesia maju dengan visi dan misi yang seragam.

Kaget Prabowo Tiba Pertama di Lapangan

Jajaran Kabinet Merah Putih yang terdiri dari para menteri, wakil menteri (wamen), kepala badan, hingga utusan khusus di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka tengah mengikuti pembekalan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah.

Setelah tiba di Akmil Magelang pada Kamis (24/10/2024) kemarin, para menteri memulai kegiatan retret hari pertamanya pada hari ini, Jumat (25/10/2024).

Di hari pertama ini, kegiatan para menteri Kabinet Merah Putih diisi dengan latihan baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga.

Para menteri melakukan latihan itu dengan menggunakan seragam loreng atau pakaian lapangan Komponen Cadangan (Komcad).

Menurut Kepala Kantor Komunikasi Presiden Hasan Nasbi, para menteri dan seluruh jajaran Kabinet Merah Putih telah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing.

Selanjutnya pada pukul 05.15 WIB, mereka berkumpul di Lapangan Sapta Marga. 

Namun, ada yang mengejutkan para menteri di Lapangan Sapta Marga ini.

“Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama yang hadir.”

“Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin,” kata Hasan dilansir Kompas.com, Jumat (25/10/2024).

Selanjutnya setelah melakukan latihan baris-berbaris, para menteri lalu sarapan bersama.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi kepada seluruh jajaran menteri di Kabinet Merah Putih.

Ada empat materi yang akan diberikan pada hari ini, di antaranya adalah soal pencegahan korupsi.

Rupa Para Menteri Kabinet Merah Putih Kenakan Loreng Komcad

Para Menteri Kabinet Merah Putih akan mulai mengikuti retreat di Kawasan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024).

Sebagian Menteri telah mengenakan pakaian loreng, seperti Wakil Menteri Lingkungan Hidup Diaz Hedropriyono. 

Dalam Instagram pribadinya, Diaz menggugah fotonya di kawasan Akmil bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming dan sejumlah anggota Kabinet lainnya.

Di antaranya ada Menko Pangan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Rosan Roeslani, Menko Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah Agus Harimurti Yudhoyono.

Pakaian loreng yang digunakan merupakan seragam loreng komponen cadangan (Komcad).

Wamendagri Bima Arya mengatakan bahwa kegiatan pagi yang dilakukan yakni olahraga dan baris berbaris.

“Pagi lanjut olahraga lanjut baris berbaris terus arahan Presiden,” kata Bima Arya.

Sebelumnya retreat diikuti para menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Utusan Khusus dan Staf Khusus Presiden. 

Mereka  mendapatkan gemblengan berupa materi tentang bernegara dan pemerintahan, termasuk materi penting soal pencegahan korupsi.

Selain mendapatkan berbagai materi tentang pemerintahan, para peserta retret juga memiliki waktu untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri.

“Sebab Presiden Prabowo dalam arahannya meminta seluruh anggota kabinet bersatu, membangun sebuah super team yang siap menjalankan pemerintahan,” ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi.

(*/tribun-medan.com)

Baca berita TRIBUN MEDAN lainnya di Google News

Ikuti juga informasi lainnya di Facebook, Instagram dan Twitter dan WA Channel

Berita viral lainnya di Tribun Medan 

Leave a comment