Informasi Terpercaya Masa Kini

Begini Cara Mudah Kurangi Kadar Gula pada Nasi, Bisa Cegah Diabetes Bun

0 2

Nasi dipilih sebagai makanan pokok karena harganya yang terjangkau. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi di dalamnya pun baik dan sangat bermanfaat untuk tubuh.

Sayangnya, nasi menjadi sumber karbohidrat yang memiliki kadar gula tinggi. Sehingga, jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan mendatangkan berbagai penyakit.

Mengonsumsi terlalu banyak nasi bisa meningkatkan risiko diabetes. Sehingga, banyak orang dianjurkan untuk mengurangi nasi karena kandungan gula alami di dalamnya.

Menurut para peneliti dalam studi yang dipublikasikan Diabetes Care pada tahun 2020, tingkat konsumsi nasi putih yang tinggi berkaitan erat dengan peningkatan risiko diabetes. Meski begitu, Bunda bisa menurunkan kadar gula dalam nasi dengan cara penyajian tertentu.

Cara konsumsi nasi untuk penderita diabetes

Kalau Bunda tidak mau kadar gula darah naik setelah makan nasi, maka cara yang paling mudah adalah dengan tidak makan nasi panas. Alih-alih mengonsumsi nasi yang baru matang, Bunda hanya perlu mendinginkan nasi tersebut.

Baca Juga : Waspadai 5 Gejala Diabetes yang Muncul di Malam Hari

Penelitian yang dipublikasikan Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi nasi yang telah didinginkan selama 24 jam dan dipanaskan kembali bisa memberikan respons gula darah yang jauh lebih rendah daripada nasi panas yang baru dimasak.

Para peneliti mengatakan, manfaat ini juga bisa diperoleh ketika Bunda mendinginkan nasi di suhu ruang selama beberapa saat sebelum mengonsumsinya.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang dipublikasi PubMed Central juga menemukan bahwa nasi dingin memiliki zat pati resisten yang tinggi sehingga aman dikonsumsi oleh para pasien diabetes.

Seperti apa penjelasannya lebih lanjut? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment