Informasi Terpercaya Masa Kini

Demi Keselamatan, Dashboard Hyundai Kona EV Masih Banyak Tombol Fisik

0 5

Dashboard mobil listrik kekinian umumnya banyak yang menawarkan desain seamless dan simpel, dengan mengurangi atau bahkan meniadakan tombol fisik.

Biasanya pengaturan yang dioperasikan menggunakan tombol, dipindah ke menu yang ada di head unit layar sentuh, selain media hiburan juga sebagai pusat kendali kendaraan.

Termasuk untuk mengatur AC maupun volume musik. Pada model tertentu bahkan terdapat menu untuk menghidup-matikan lampu utama mobil. Sebab tuas kanan difungsikan sebagai pengaturan transmisi.

Kenyataan tersebut rupanya menjadi perhatian bagi Hyundai Motors Indonesia. Makanya pada mobil listrik keluaran terbaru Hyundai Kona EV, pabrikan mendesain dashboard-nya serupa IONIQ 5 dan IONIQ 6 yang masih terdapat banyak tombol fisik.

Product Expert Hyundai Motors Indonesia (HMID) Bonar Pakpahan mengatakan, bukan karena desain semata, kehadiran tombol fisik atau shortcut lebih kepada keamanan dan kemudahan pengemudi saat mengoperasikannya.

“Katakanlah berkendara di jalan tol dengan kecepatan 80 km/jam. Oleh karena satu dan lain hal misalnya mengaktifkan fitur di dalam kendaraan kemudian mengalihkan mata away dari jalan misalnya 2 detik, dengan kecepatan 80 km/jam tanpa kita sadari sudah menempuh jarak 44 meter,” buka Bonar di Bekasi, Rabu (2/10).

“Dalam 44 meter ini apa saja bisa terjadi, makanya meskipun fitur yang banyak itu bisa diakses melalui intercafe, tetapi kami juga hadirkan tombol fisik, sehingga pengemudi masih bisa berkonsentrasi ke depan,” lanjutnya.

Tombol fisik di dashboard Hyundai Kona EV terbilang beragam. AC digital beserta arah semburan, open-close air, defogger kaca depan dan belakang, hazard, hingga tuning radio dan volume model putar yang begitu memudahkan pengemudi maupun penumpang depan.

Lanjut ke konsol tengah, terdapat berbagai tombol untuk pengaturan lain seperti ventilated seat, kamera 360 sensor parkir, termasuk kenop putar untuk memilih mode berkendara.

“Di sinilah aspek safety yang kami tekanankan, makanya tombol fisik masih tetap kami hadirkan di mobil ini. Karena selain kemudahan untuk shortcut, juga meminimalkan kemungkinan untuk melihat layar display tadi, artinya kita masih tetap dalam kemudi, berkonsentrasi dan fokus,” pungkasnya.

Lalu bagaimana caranya untuk memilih transmisi apabila tak ada di konsol tengah? Untuk hal ini berada di tuas kanan, tapi posisinya di bawah tuas sein. Tinggal putar ke kiri atau kanan, hingga tekan P untuk mengoperasikannya.

Leave a comment