Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Fitur AI di Samsung Galaxy A55 yang Bikin Pengalaman Pengguna “Naik Level”

0 5

KOMPAS.com – Samsung Galaxy A55 dibekali dengan berbagai fitur kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

KompasTekno merangkum sekitar tujuh fitur AI yang ada di suksesor Galaxy A54 ini, termasuk Circle to Search yang termasuk ke dalam fitur Galaxy AI.

Ada juga beberapa fitur yang bisa berfungsi sesuai dengan kegiatan pengguna, seperti Adaptive Battery, Adaptive Brightness, dan sejenisnya.

Kecanggihan sederet fitur AI ini berguna untuk membuat penggunaan smartphone lebih mudah, mulus, dan ringkas. Fitur AI juga membuat penggunaan Samsung A55 terasa “naik level”, karena operasional fitur menjadi tidak biasa.

Misalnya saja fitur Circle to Search yang disebutkan di awal. Fitur ini membuat pengalaman “googling” lebih mudah dan cepat, tanpa harus membuka aplikasi Google dan menulis keyword atau kueri.

Lantas, apa saja ketujuh fitur AI yang ada di Samsung A55?

Baca juga: Samsung Bundling Galaxy A55 5G dengan Headphone Gaming dan Skin MLBB Gratis

1. Circle to Search

Circle to Search memungkinkan pengguna mencari informasi soal barang atau obyek yang ada di layar mereka dengan cara melingkari obyek tersebut. Fitur ini menawarkan pengalaman “googling” yang lebih mudah dan efisien.

Sebab, pengguna cukup melingkari obyek yang dicari, tanpa perlu bingung memikirkan keyword atau kueri untuk di Google Search.

Ketika dilingkari, pengguna akan disuguhkan dengan laman hasil pencarian Google yang memuat informasi soal barang yang dilingkari, lengkap dengan laman penjualan dan harga barang tersebut. 

Untuk mengakses Circle to Search, pengguna hanya perlu menekan tombol home atau navigation tab selama beberapa detik pada layar yang sedang menampilkan obyek yang informasinya ingin dicari tahu.

2. Bixby Vision

Bixby Vision merupakan fitur mirip Google Lens. Fitur ini dapat menerjemahkan semua bahasa asing yang dibidik pengguna menggunakan fitur kamera ke bahasa lokal.

Selain itu, fitur ini juga bisa menyalin teks yang ada di dalam gambar ke aplikasi lain, serta mencari informasi soal obyek yang sedang dibidik kamera.

Cara menggunakan fitur ini adalah dengan membuka aplikasi dengan nama “Bixby Vision” yang ada dalam daftar aplikasi yang sudah terpasang (instal).

3. Secure Folder berbasis AI

Secure Folder merupakan fitur yang bisa mengamankan semua aplikasi, file, gambar, video, hingga dokumen ke tempat atau folder yang aman.

Ketika suatu aplikasi atau konten tersimpan di Secure Folder, hanya pengguna yang memiliki nomor PIN yang tersimpan yang bisa mengakses semua hal yang ada di dalam folder “rahasia” ini. 

Untuk mengatur dan menggunakan fitur ini, pengguna bisa pergi ke menu “Settings” > “Biometrics and security” > dan “Secure Folder”. Fitur ini sebenarnya sudah ada di smartphone Galaxy, namun kini dipercanggih dengan AI.

Teknologi AI di Secure Folder, berfungsi untuk membmuat penyimpanan lebih aman. Sebab, AI bisa mengidentifikasi aktivitas mencurigakan dan melindungi data sensitif.

Baca juga: Cara Amankan Data Rahasia di HP Samsung Galaxy A54 5G

4. Battery Protection

Sesuai namanya, Battery Protection merupakan fitur AI yang bisa mengatur proses pengisian baterai sesuai dengan kegiatan pengguna. 

Ketika diatur ke opsi “Adaptive”, maka pengisian baterai akan menjadi mode “Maximum” ketika pengguna sedang tidur. Mode ini memungkinkan sistem memperpanjang masa hidup baterai dengan membatasi pengisian maksimal ke angka 80 persen, bukan 100 persen.  

Ketika pengguna terbangun, terutama di pagi hari, pengisian baterai akan beralih ke mode “Basic” atau normal, sehingga baterai ponsel terisi hingga 100 persen dan siap dipakai seharian.

Fitur ini bisa diakses di menu “Settings” > “Battery” > dan “Battery protection”.

5. Adaptive Brightness 

Adaptive Brightness memungkinkan sistem meningkatkan atau mengurangi level kecerahan layar (brightness) sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar. 

Jika cahaya sekitar terang, maka brightness akan dinaikkan, sedangkan apabila gelap, maka brightness akan diturunkan supaya mata tidak sakit. 

Selain Adaptive Brightness, Samsung Galaxy A55 juga mendukung fitur Adaptive Motion Smoothness yang bisa mengurangi angka refresh rate layar sesuai konten yang ditampilkan, tentunya guna menghemat baterai.

Untuk memakai kedua fitur ini, pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu “Settings” > “Display”.

6. Modes and Routines

Modes and Routines memungkinkan ponsel pengguna menentukan pemakaian fungsi-fungsi ponsel secara otomatis sesuai dengan kegiatan pengguna. 

Ketika mode “Sleep” atau “Relax” aktif, misalnya, notifikasi ponsel akan dibungkam dan nada dering akan dibuat sunyi supaya tak mengganggu. Tingkat kecerahan ponsel juga akan diredupkan supaya layar lebih enak dipandang.

Nah, untuk mengatur Modes and Routines di Samsung A55, pengguna bisa pergi ke menu “Settings” > “Modes and Routines”.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy A55 Awesome Lemon, HP Cantik dan Nyentrik

7. Live Transcribe

Live Transcribe memungkinkan sistem melakukan transkrip atau mencatat percakapan orang yang sedang berbicara dengan kita. 

Fitur ini bisa dipakai di sebuah meeting atau acara resmi. Dalam kegiatan ini, Live Transcribe bisa mencatat semua hal yang diutarakan oleh pembicara, sehingga pengguna tak perlu repot-repot mengetik atau mencatat hal yang dibicarakan orang tersebut.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna perlu pergi ke menu “Settings” > “Accessibility” > dan “Live Transcribe”.

Tertarik menjajal tujuh fitur AI di Galaxy A55? Pengguna bisa membeli ponsel tersebut dengan harga mulai dari Rp 5,7 juta. Aneka fitur AI ini juga tersedia di Galaxy A35 yang dijual dengan harga mulai dari Rp 4,7 juta.

Baca juga: Samsung Galaxy A55 dan Galaxy A35 Varian Baru Resmi di Indonesia, Kini Didukung Galaxy AI

Leave a comment