Informasi Terpercaya Masa Kini

Tak Cuma Jadi Investasi, Ini Keuntungan Punya Rumah di Usia Muda

0 2

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membeli properti merupakan suatu pencapaian tersendiri bagi seseorang. Hal ini mengingat hunian menjadi kebutuhan dasar di samping pangan dan sandang.

Saat ini generasi muda pun semakin sadar akan pentingnya kepemilikan rumah. Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan mulai memotong suku bunga acuan pada Semester II 2024.

Hal ini seiring dengan inflasi yang terkendali pada level 2,57 pada periode Januari 2024 dan rupiah stabil serta proyeksi pemangkasan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed).

“Itu perkiraan sekarang sehingga kalau kami rencanakan kemungkinan ada ruang terbuka di semester II,” ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo, Jumat (18/10/2024).

Hal ini tentunya akan menjadi kabar baik terutama bagi sektor properti dan real estate. Sepanjang tahun 2023, indeks properti dan real estate hanya tumbuh 0,41 persen.

Mengutip data dari 99.co dan Rumah.com, tren pergeseran usia konsumen juga tampak dengan dominasi pencari properti generasi muda. Pencari properti berumur 18-24 tahun berkontribusi sebesar 22,0 persen. Sementara pencari properti berumur 25-34 tahun berkontribusi sebesar 26,4 persen.

Lantas apa saja keuntungan membeli rumah atau hunian pertama di usia muda?

 

Kenyamanan

Alasan pertama mengapa generasi milenial dan generasi Z harus mempertimbangkan untuk memiliki rumah pertama, yaitu dari segi kenyamanan. Tinggal di rumah sendiri tentu lebih nyaman ketimbang hidup di kos ataupun kontrakan. Ruangannya lebih luas. Selain itu kamu juga bisa mendekorasi rumah sesuai dengan keinginan.

Modal Berumah Tangga

Buat yang ingin menikah, terutama para kaum adam, tidak ada salahnya segera memikirkan untuk membeli properti pertama. Alasannya karena rumah ini bisa menjadi modal untuk mengantongi restu dari calon mertua. Rumah menjadi bukti bila kamu mampu menafkahi anak orang, jadi calon mertua tidak khawatir akan kesejahteraan anaknya. Nggak perlu yang mahal-mahal, asalkan rumah tersebut cukup untuk menampung 4 orang anggota keluarga, sehingga bisa ditempati oleh suami, istri, dan dua orang anak.

Investasi Jangka Panjang

Tak hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa menjadi aset investasi yang aman dan menggiurkan. Kenapa? Sebab investasi properti memiliki kenaikan harga yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Apalagi jika rumah terawat, lokasinya strategis, dan fasilitasnya lengkap, siapa pun dijamin kepincut.

Itulah tadi tiga manfaat dari memiliki rumah sejak usia muda. Buat generasi milenial dan gen Z yang punya impian untuk segera membeli hunian pertama, kamu bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan seperti Kredit Pemilikan Rumah dari BRI.

KPR BRI bisa digunakan nasabah untuk pembelian baru, second, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/take over top up dari bank lain. Agar lebih yakin, kamu bisa menggunakan simulasi KPR melalui Homespot.id terlebih dahulu.

Ada fitur yang siap membantu kamu mengecek simulasi cicilan KPR berdasarkan penghasilan per bulan serta cicilan yang kamu miliki. Kamu juga bisa cek daftar properti impianmu di laman Homespot.id.

Leave a comment