Informasi Terpercaya Masa Kini

Cincin Pintar Samsung Galaxy Ring Segera Masuk Indonesia?

0 3

KOMPAS.com – Samsung tampaknya akan segera memboyong cicin pintar Galaxy Ring ke Indonesia.

Indikasinya berasal dari nomor model aksesori pintar yang muncul di laman sertifikasi perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Di laman sertifikasi Postel, tercantum sejumlah nomor model Galaxy Ring, mulai dari SM-Q501 hingga SM-Q500. Bila ditotal, ada setidaknya sembilan nomor model Galaxy Ring di situs Postel, meliputi:

  • SM-Q500
  • SM-Q507
  • SM-Q506
  • SM-Q505
  • SM-Q503
  • SM-Q502
  • SM-Q501
  • SM-Q508
  • SM-Q509

Nomor model SM-Q500 terdaftar di laman Postel per Senin (14/10/2024) dengan nomor sertifikat 104327/SDPPI/2024 Sementara delapan nomor model lainnya sudah lolos sertifikasi sejak Jumat (11/10/2024) dengan nomor sertifikat yang berbeda-beda.

Baca juga: Modisnya Cincin Kesehatan Samsung Galaxy Ring yang Serba AI

Samsung Galaxy Ring sendiri diluncurkan pertama kali secara global pada Juli lalu dalam acara Galaxy Unpacked 2024, bersama dengan ponsel lipat Galaxy Z Fold 6, Galaxy Z Flip 6, earbuds Samsung Buds 3 hingga smartwatch Samsung Watch 7.

Saat itu, cincin pintar ini dirilis dalam sembilan ukuran, sesuai dengan standar ukuran cincin di Amerika Serikat. Mulai dari ukuran 5 – 13.

Mengacu total nomor model yang tercantum di laman Postel, konsumen di Indonesia tampaknya juga akan kebagian semua ukuran Galaxy Ring.

Sebagai gambaran, Samsung Galaxy Ring ukuran 5 saat dirilis global, memiliki bobot 2,3 gram, ukuran 6 berbobot 2,4 gram, ukuran 7 berbobot 2,4 gram, ukuran 8 berbobot 2,6 gram, hingga ukuran 13 yang berukuran 3 gram.

Situs tersebut itu tidak merinci informasi lain tentang Galaxy Ring, termasuk berkaitan dengan spesifikasinya. Laman itu hanya merinci bahwa perangkat pintar ini berasal dari Vietnam, menunjukkan bahwa Galaxy Ring dibuat di Vietnam.

Meski sudah muncul di laman Postel, pihak Samsung sendiri belum memberikan pengumuman apa pun soal Galaxy Ring. Yang jelas, kemunculan nomor model cincin pintar itu di laman Postel menjadi indikasi hadirnya Galaxy Ring di Tanah Air. Kita tunggu saja.

Spesifikasi Galaxy Ring

Samsung Galaxy Ring dirancang untuk memantau kesehatan pengguna dengan ukuran yang lebih mungil ketimbang arloji pintar atau gelang pintar (smartband), baik ukuran perangkat maupun sensornya.

Perangkat ini memiliki dimensi 7 mm x 2,6 mm dengan berat yang bervariasi tergantung ukuran yang dipilih. Ukurannya menggunakan standar Amerika Serikat, yaitu ukuran 5 hingga 13.

Cincin pintar ini mesti dipasangkan dengan ponsel Samsung Galaxy, kemungkinan melalui Bluetooth. Pengguna juga harus mengunduh aplikasi kesehatan Samsung Health secara gratis di ponsel untuk melihat berbagai data pemantauannya.

Baca juga: Cincin Pintar Samsung Galaxy Ring Resmi Dirilis, Harga Rp 6,4 Juta

Samsung Galaxy Ring memiliki berbagai fitur, termasuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Galaxy AI yang dapat memantau kesehatan secara cerdas dan preventif.

Samsung Ring diklaim menghadirkan analisis tidur terbaik di kelasnya dari Samsung. Cincin pintar ini dibekali algoritma AI yang membantu pengguna memahami pola tidur dengan mudah, sambil membangun kebiasaan tidur yang lebih baik.

Selanjutnya, cincin pintar ini turut dibekali fitur Cycle Tracking, yang dapat melacak siklus menstruasi perempuan dengan lebih baik, yang dilakukan lewat pemantauan suhu kulit semalaman.

Kecerdasan buatan Galaxy AI disebut bisa membuat laporan kesehatan terperinci dengan berbagai metrik kesehatan.

Misalnya saja Energy Score yang mampu meningkatkan kesadaran pengguna tentang pengaruh kesehatan terhadap kehidupan sehari-hari.

Skor energi ini dihitung dengan menilai kondisi fisik dan mental pengguna berdasarkan empat faktor penting, yakni aktivitas sehari, tidur, detak jantung saat tidur, serta variabilitas denyut jantung saat tidur.

“AI memproses informasi ini untuk memberikan pengukuran all in one, apakah Anda harus beristirahat atau bisa beraktivitas lebih lanjut,” kata dr Matthew Wiggins dari Digital Health Samsung Research di atas panggung peluncuran Galaxy Ring (10/7/2024) waktu AS.

Nantinya pengguna bisa memanfaatkan fitur Wellness Tips untuk mendapatkan pesan yang dipersonalisasi sesuai kesehatan pengguna. Hal ini didorong oleh data komprehensif yang dikumpulkan serta minat individu.

Fitur-fitur Galaxy Ring lainnya termasuk Heart Rate Alert untuk mendapat notifikasi real-time terkait detak jantung tinggi atau rendah, Live Heart Rate Check untuk mendapatkan detail tambahan seputar detak jantung, Auto Workout Detection untuk pelacakan berjalan atau berlari otomatis, serta Inactive Alert sebagai pengingat kebugaran harian.

Terakhir, pengguna bisa mengambil foto atau mematikan alarm di smartphone Samsung Galaxy dengan gerakan mencubit ganda Gestures, dan mencari lokasi cincin pintar ini di smartphone lewat fitur Find My Ring di Samsung Find.

Baca juga: Apa Itu Samsung Galaxy Ring yang Jadi Kejutan di Galaxy Unpacked 2024?

Samsung Ring memiliki memori 8 MB, dengan kapasitas baterai yang berbeda-beda tergantung ukuran cincin.

Cincin pintar Samsung dengan ukuran 5 memiliki baterai 18 mAh, sedangkan ukuran 13 yang terbesar memiliki baterai 23,5 mAh. Cincin ini juga sudah dilengkapi charging case dengan kapasitas 361 mAh.

Charging case ini mempunyai dimensi 48,9 x 48,9 x 24,51 mm dengan bobot 62 gram.

Baterai Samsung Galaxy Ring diklaim bisa bertahan selama tujuh hari. Samsung menyebut baterai ini bisa terisi 40 persen dalam waktu 30 menit.

Samsung Ring memiliki sensor pemantauan suhu kulit, akselerometer, dan sensor Photoplethysmography (PPG). Konektivitas yang didukung adalah Bluetooth Low Energy 5.4.

Leave a comment