Informasi Terpercaya Masa Kini

KRONOLOGI Seunghan RIIZE Hengkang dari Grup hingga Diteror Karangan Bunga Duka Cita oleh Fans Korea

0 3

TRIBUNJOGJA.COM – Foto karangan bunga duka cita berjejer di depan gedung SM Entertainment di Seoul, Korea Selatan untuk mendesak Seunghan RIIZE keluar dari grup viral di media sosial.

Foto tersebut membuat banyak BRIIZE internasional, sebutan untuk penggemar grup marah karena merasa Seunghan tidak berbuat salah yang fatal.

Diketahui, pada November 2023, SM Entertainment sempat mengumumkan Seunghan hiatus dari RIIZE hingga waktu yang tak ditentukan. 

Seunghan mengajukan diri untuk rehat sejenak akibat tekanan mental yang kemudian disetujui agensi.

Agensi juga sempat membeberkan beberapa tuduhan yang menerpa Seunghan hingga memicu keputusan hiatus tersebut. 

Sebagian besar tuduhan itu berisi video, foto, dan komentar kontroversi Seunghan pada masa trainee yang bocor di internet.

Seunghan mulai hiatus pada 22 November 2023, sehingga RIIZE melanjutkan aktivitas dengan formasi enam member, yakni Wonbin, Sohee, Shotaro, Sungchan, Eunseok, dan Anton.

BRIIZE internasional menganggap penggemar di Korea Selatan tidak adil dengan mempermasalahkan masa lalu Seunghan.

Apalagi, Seunghan dinilai tidak neko-neko setelah debut.

Penggemar internasional mempertanyakan sikap SM Entertainment yang seolah-olah tutup mata terkait perundungan pada Seunghan oleh BRIIZE di Korea.

Seunghan sendiri memilih untuk mundur dari grup, meski sempat ada isu RIIZE bakal tampil bertujuh lagi.

Pada 13 Oktober, Seunghan mengungkapkan keputusannya untuk meninggalkan grup. 

Dalam surat pengunduran diri, ia turut mengaku khawatir dengan perasaan para penggemar dan sesama anggota. 

Dia menjelaskan bahwa dia ingin penggemar “tidak lagi mengalami kebingungan dan rasa sakit” serta memastikan bahwa “tidak ada lagi kerugian yang dialami oleh anggota maupun perusahaan.”

Dalam suratnya, Seunghan menekankan bahwa dia tidak ingin penggemar bertengkar satu sama lain. Ia berharap hubungan antara RIIZE dan penggemar mereka, BRIIZE, tetap kuat seperti sebelumnya, karena telah saling mendukung dan tumbuh bersama.

Berikut isi lengkap surat tersebut:

“Halo, ini Seunghan.

Saya tahu banyak orang telah memikirkan dengan serius tentang kembalinya saya, dan saya sepenuhnya menyadari betapa seriusnya situasi ini. Saat saya merenungkan apakah saya hanya memikirkan diri sendiri dan apakah saya menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan dan para anggota, apakah pantas bagi saya untuk tetap berada di grup yang menerima begitu banyak cinta, saya hanya merasa khawatir dan menyesal.

Saya percaya bahwa keputusan terbaik untuk semua pihak adalah saya meninggalkan grup.

Saya tidak ingin penggemar lagi merasakan kebingungan atau rasa sakit, dan saya juga tidak ingin ada lagi kerugian yang dialami anggota dan perusahaan karena saya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada perusahaan dan anggota yang telah berusaha memberikan saya kesempatan lagi, dan saya dengan tulus berterima kasih serta meminta maaf kepada mereka yang mendukung saya meskipun ada kekurangan saya. S

aya tidak ingin hubungan antara RIIZE dan BRIIZE, yang selalu saling mendukung dan tumbuh bersama, menjadi rusak. Saya juga tidak ingin penggemar bertengkar karena saya, saat yang mereka butuhkan hanyalah terus mencintai RIIZE.

Dari lubuk hati saya yang terdalam, saya akan terus mendukung grup yang saya cintai dan berharap RIIZE menerima lebih banyak cinta di masa depan.”

Wizard Production selaku divisi yang menangani RIIZE dalam SM Entertainment mengumumkan Seunghan hengkang dari boy group tersebut.

Dalam pernyataan resmi yang diunggah ke media sosial pada Minggu (13/10) malam, mereka menyatakan keputusan itu diambil langsung oleh Seunghan yang ingin keluar dari RIIZE demi para member dan fan grup itu.

Baca juga: Terlibat Kontrovesi, SM Entertainment Umumkan Seunghan Hiatus dari RIIZE

“Seunghan secara konsisten mengungkapkan keinginannya untuk keluar grup demi para member dan penggemar. Demi menghormati keputusan artis tersebut, kami mengumumkan kepergian Seunghan dari RIIZE,” pernyataan Wizard Production.

Pernyataan yang ditandatangani Direktur Wizard Production Kim Hyeong-guk dan Lee Sang-min itu juga meminta maaf kepada fan atau BRIIZE yang menjadi bingung menyusul pengumuman kembalinya Seunghan pada 11 Oktober 2024.

Mereka mengaku memutuskan mengenai kembalinya penyanyi bernama lengkap Hong Seung-han dalam RIIZE berdasarkan pertimbangan cukup lama karena penyanyi itu sudah banyak merenungkan kesalahan di masa lalu, dan RIIZE juga menunjukkan pertumbuhan sebagai grup.

“Namun, pengumuman tentang kembalinya Seunghan, kami merenungkan dengan saksama setiap pendapat dan tanggapan yang dikirim penggemar, dan kami menyadari keputusan itu sebenarnya telah lebih menyakiti penggemar dan malah menyebabkan kebingungan yang lebih besar bagi mereka.”

Oleh sebab itu, mereka pada akhirnya menghormati keputusan Seunghan untuk keluar dari RIIZE permanen.

“Kami juga dengan tulus meminta maaf karena telah menciptakan kesulitan dan kebingungan bagi keenam anggota yang, sejak debut mereka, selalu memberikan segalanya sambil memikirkan para penggemar dan yang membuat RIIZE saat ini menjadi mungkin dengan berpikir dan bekerja lebih keras daripada siapa pun di setiap momen.”

Mereka kemudian menyatakan bakal terus mendukung Seunghan dan juga RIIZE meski tak lagi bersama. Perusahaan itu turut menegaskan akan lebih berhati-hati dan waspada, serta bekerja keras sehingga RIIZE dan BRIIZE bisa bahagia dalam waktu lama.

“Kami akan mendukung Seunghan di masa mendatang agar ia dapat menunjukkan bakatnya dan mengejar mimpinya.”

“Kami akan terus melakukan yang terbaik untuk mendukung para anggota RIIZE agar mereka dapat tumbuh lebih jauh di masa mendatang,” mereka menegaskan.

 

( Tribunjogja.com / Bunga Kartikasari )

Leave a comment