Informasi Terpercaya Masa Kini

Wasit UEA Dirasa Teman, China: Keputusan AFC Bikin Indonesia Malu Sebelum Bertanding

0 4

SUPERBALL.ID – Keputusan AFC memilih wasit Uni Emirat Arab (UEA) memimpin laga Timnas Indonesia vs China disambut sangat baik oleh publik Negeri Tirai Bambu.

Beberapa hari lalu, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menugaskan wasit Omar Muhammad Ali dari UEA memimpin laga Timnas Indonesia melawan China.

Pertandingan keempat fase Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu akan digelar di Stadion Qingdao Yout Football, Selasa (15/10/2024).

Kabar ini disambut dengan begitu baik oleh fan sepak bola China, Omar Muhammad Ali dirasa sebagai teman sendiri oleh mereka.

Alasannya, Timnas China belum pernah menelan kekalahan dalam setiap pertandingan yang dipimpin Omar Muhammad Ali.

Selain di Kualifikasi Piala Dunia saat melawan Singapura, juga di Liga Champions Asia dengan dua klub perwakilan Liga Super China.

“Kabar ini disambut hangat kalangan banyak penggemar, karena tim China belum pernah kalah dalam pertandingan yang dipimpin oleh Omar Muhammad Ali.”

“Omar Muhammad Ali pernah memimpin pertandingan Timnas China di Kualifikasi Piala Dunia, dan juga memimpin dua tim Liga Super China di Liga Champions AFC,” tulis laman 163.com.

Saat bermain melawan Singapura, Timnas China berhasil menang 4-1, sekaligus kemenangan terbesar Branko Ivankovic sejak menukangi Tim Naga.

Baca Juga: Media Arab Ungkap Adanya Ancaman Pembunuhan terhadap Ahmed Al-Kaf

Sementara itu, ketika di Liga Champions Asia, Wuhan Three Towns dan Shandong Luneng Taishan juga belum terkalahkan.

“Dari sudut pandang ini, Omar Muhammad Ali memimpin pertandingan kandang tim nasional sepak bola di Indonesia merupakan kabar baik.”

“Apalagi jika tim China bisa memanfaatkan peluang ini, mereka mungkin bisa meraih tiga poin melawan Indonesia di kandang sendiri,” tulis 163.com lagi.

Pemilihan wasit oleh AFC ini jadi sorotan publik China usai kontroversi di laga sebelumnya antara Bahrain melawan Timnas Indonesia.

Wasit asal Oman, Ahmed Al-Kaf, dinilai telah mengeluarkan keputusan tidak adil hingga membuat kemenangan di depan mata Timnas Indonesia lenyap.

Protes pun sudah dilakukan PSSI lewat surat resmi yang dikirimkan ke AFC maupun ke FIFA, dan kini hanya tinggal menunggu hasilnya.

Karena insiden itu, publik China yang senang menyambut kehadiran Omar Muhammad Ali sempat melontarkan sindiran untuk Indonesia.

China menyebut Indonesia akan merasa malu sebelum bertanding karena keputusan AFC memilih Omar Muhammad Ali yang notabene dari negara Asia Barat seperti Oman.

Baca Juga: Peluang Lolos ke Piala Dunia Cuma 0,1 Persen, Media China: Kita Harus Menang 10-0 Lawan Timnas Indonesia

“Keputusan penting yang diumumkan AFC soal wasit langsung membuat Indonesia malu sebelum bertanding,” tulis 163.com.

Pertandingan melawan Timnas Indonesia merupakan laga hidup-mati bagi Timnas China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jika kembali kalah, skuad asuhan Branko Ivankovic dapat dipastikan tersingkir dari perebutan tiket ke putaran final Piala Dunia 2026.

China sudah menelan tiga kali kekalahan, dari Jepang, Arab Saudi dan teranyar digilas Australia di kandang lawan.

Alih-alih menyerah, China pun menolak kalah dan sesumbar bakal memetik kemenangan saat menjamu Timnas Indonesia.

Leave a comment