Informasi Terpercaya Masa Kini

V hingga RM BTS Rayakan Kemenangan Han Kang yang Raih Nobel Sastra 2024

0 3

KOMPAS.com – V, member boygroup BTS, mengucapkan selamat kepada penulis Korea Selatan, Han Kang, yang menjadi wanita Asia pertama yang memenangi Hadiah Nobel dalam bidang sastra.

Selamat, saya membaca Human Acts saat berada di militer (menjalani wajib militer),” tulis V di akun Instagram-nya, dilansir The Korea Times, Jumat (11/10/2024).

Begitu pula leader BTS, RM, yang membagikan postingan yang sama kepada 46,7 juta pengikutnya di Instagram, dengan menambahkan keterangan emoji perayaan.

Kabar tentang kemenangan Han Kang yang luar biasa ini memicu banjir ucapan selamat dari dunia hiburan.

Baca juga: Penulis Korea Selatan Han Kang Menangkan Nobel Sastra 2024

Karya Han, yang dipuji oleh Komite Nobel “karena prosa puitisnya yang intens yang menghadapi trauma sejarah dan mengekspos kerapuhan kehidupan manusia,” juga telah menjadi inspirasi kreatif bagi generasi muda, termasuk tokoh-tokoh terkemuka dalam dunia K-pop dan bidang lainnya.

Seolhyun, anggota girlband K-pop AOA, juga mengungkapkan kekagumannya pada karya Han, dengan mengunggah kutipan dari Human Acts yang berbunyi: “Apa itu manusia? Apa yang harus kita lakukan untuk memastikan kita tetap menjadi manusia?” sebagai caranya untuk merayakan kemenangan Han.

Sementara aktor Teo Yoo, yang membintangi film Past Lives pada 2023, membagikan sebuah adegan dari film tersebut di media sosial yang bertuliskan, “Orang Korea tidak akan pernah memenangkan Hadiah Nobel Sastra,” bersama dengan judul, “Anda seharusnya tetap tinggal di Korea.”

Baca juga: V BTS Rilis Singel “FRI(END)S

Dia menggunakan kemenangan Hadiah Nobel Han Kang sebagai cara untuk menghibur rasa rendah diri yang kompleks dari karakternya dalam film tersebut.

Sedangkan aktor Ryu Deok-hwan juga ikut merasakan kegembiraan atas kemenangan Han Kang.

Novel Han Kang yang saya baca saat militer, memiliki dampak yang besar bagi saya,” tulisnya.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-30, RM BTS Sumbang Rp 1,1 Miliar untuk Para Veteran di Korea

Ada pula penyiar dan pemilik toko buku Kim So-young yang mengungkapkan perasaan emosionalnya.

K-pop, K-content, K-food, K-beauty-ini semua sudah sangat mengesankan, tetapi sekarang adalah sastra. Saya sangat terharu menyaksikan budaya Korea berkembang pesat dalam hidup saya,” tulisnya.

Leave a comment