Informasi Terpercaya Masa Kini

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Bahrain dan Cina Setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bergabung

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Timnas Indonesia akan menjalani dua laga tandang dalam lanjutan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda akan melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024 dan menghadapi Cina pada 15 Oktober 2024.

Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong kedatangan dua pemain baru, yaitu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Namun, kehadiran dua pemain tersebut diprediksi tak akan mengubah strategi pelatih asal Korea Selatan itu seperti pertandingan sebelumnya.

“Pelatih tak akan mengubah strategi ya, tak akan mengubah formasi, tetap 3-4-3. Bahkan sangat mungkin pelatih juga tak akan mengubah susunan pemain, meskipun ada pemain baru yang baru bergabung,” kata pengamat sepak bola Indonesia, Muhammad Kusnaeni, saat dihubungi Tempo di Jakarta pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Mees Hilgers menambah opsi pemain di lini belakang dan Eliano akan menjadi alternatif Shin Tae-yong di lini tengah. Meski begitu, Kusnaeni meyakini bahwa kedua pemain tak akan langsung masuk dalam sebelas pemain pertama Timnas Indonesia, melainkan menjadi pembeda dari bangku cadangan.

Menurut Kusnaeni, acap kali pelatih memberikan waktu dan kesempatan dulu untuk pemain yang baru bergabung untuk melihat cara bermain Timnas Indonesia di lapangan. “Mereka beradaptasi gitu loh, karena sehebat apapun pemain, itu butuh adaptasi. Kecuali keadaan darurat, membutuhkan pemain untuk segera dimainkan,” ujar dia.

Jika kondisi para pemain Timnas Indonesia normal, kemungkinan Shin Tae-yong akan memainkan Mees dan Eliano di babak kedua. “Tapi sekarang salah satu kondisi darurat yang sudah terjadi itu kan, satu pemain belakang nggak bisa dimainkan. Ada Justin Hubner yang tak akan main. Itu memaksa pelatih ‘mengubah ‘susunan pemain. Karena Justin kan starter selama ini,” ujar Kusnaeni.

Meski Justin tak akan bermain, menurut dia, Mees Hilgers juga tak akan langsung diberikan kesempatan untuk menjadi starter karena masih ada Jordi Amat yang kembali masuk skuad Timnas Indonesia. Kehadiran Jordo bisa membuat Jay Idzes bermain di pos lini belakang sebelah kanan dan dan Rizky Ridho di pos lini belakang sebelah kiri. “Atau sebaliknya,” kata Kusnaeni.

Dengan begitu, kemungkinan Shin Tae-yong akan tetap dengan formasi 3-4-3 dengan kiper Maarten Paes. Di lini belakang pelatih asal Korea Selatan itu diprediksi bakal menurunkan Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Jay Idzes.

Di depannya, ada Thom Haye dan Ivar Jenner, dengan wingback kiri Calvin Verdonk dan di kanan Asnawi Mangkualam. Ia juga memprediksi di lini depan ada Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, dan Witan Sulaeman. “Kemungkinan juga enggak akan berubah itu di awal-awal, karena pelatih akan berusaha menjaga. Jangan sampai di babak pertama itu tim enggak siap,” kata dia.

Prediksi susunan Pemain Timnas Indonesia vs Bahrain dan Cina.

Formasi: 3-4-3 ala Shin Tae-yong

Kiper: Maarten Paes

Lini Belakang: Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Jay Idzes.

Lini Tengah: Thom Haye, Ivar Jenner, Calvin Verdonk, dan Asnawi Mangkualam

Lini Depan: Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, dan Witan Sulaeman

Pilihan Editor:

Kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tak Berarti Buat Timnas Indonesia Selevel dengan Jepang dan Australia

Leave a comment