Informasi Terpercaya Masa Kini

CEK FAKTA: Geger Netanyahu dan Pejabat Israel Sembunyi di Bunker saat Rakyatnya Dihujani Rudal Iran

0 3

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah isu menyebut jika PM Israel, Benjamin Netanyahu, dan sejumlah pejabatnya bersembunyi di bunker saat dihujani rudal oleh Iran.

Sebagaimana diketahui, Tel Aviv mendapat serangan 400 rudal dari Iran pada Selasa 1 Oktober 2024 malam dan membuat wilayah tersebut hancur porak-poranda.

Dalam sebuah postingan yang viral di media sosial, Benjamin Netanyahu dan sejumlah pejabat Israel lainnya disebut lari dan bersembunyi di bunker saat serangan terjadi.

Baca Juga : Presiden Masoud Peringatkan Netanyahu: Serangan ke Israel Baru Sebagian Kecil Kekuatan Iran

Dalam sebuah klip video yang beredar di media sosial memperlihatkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diduga berlari mencari perlindungan di dalam bunker.

Saat rudal Iran, beberapa di antaranya hipersonik, memasuki wilayah udara Israel, sirene dibunyikan di seluruh negeri, mendorong ribuan orang mencari tempat aman.

Baca Juga : : Usai Walkout, Menlu Retno Sindir Pidato Netanyahu di Sidang Majelis PBB ke-79

Akun media sosial pro-Iran membagikan klip video yang diduga memperlihatkan Benjamin Netanyahu berlari melintasi lorong-lorong bunker.

“Momen-momen saat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, melarikan diri ke bunker saat menghadapi respons Iran,” klaim salah satu unggahan. 

Baca Juga : : Isi Lengkap Pidato Netanyahu di PBB, Langsung Kena “Walk Out” Sejumlah Negara

Meski demikian, narasi tersebut dinyatakan hoax. Media asal India, NDTV, melaporkan bahwa video tersebut sudah berusia setidaknya 3 tahun.

Video asli diduga memperlihatkan Benjamin Netanyahu bergegas melewati koridor Knesset, parlemen Israel. 

Leave a comment