Informasi Terpercaya Masa Kini

Warta Kota Mengajar di Blok A Pasar Tanah Abang,3 SMA Antusias Dengar Materi AI dan Digitalisasi

0 2

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG — Berbeda dari biasanya, kali ini Warta Kota Mengajar hadir di tengah-tengah Pasar Tanah Abang untuk menyiarkan materi tentang jurnalistik kepada sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Sedikitnya ada tiga sekolah yang ikut serta kegiatan Warta Kota Mengajar di lantai 8 Blok A Pasar Tanah Abang.

Di antaranya, SMAN 16 Jakarta, SMAN 7 Jakarta, dan SMAN 24 Jakarta. 

Meski dilaksanakan di tempat yang berbeda, kegiatan Warta Kota Mengajar tetap mendulang antusias luar biasa dari para pelajar. 

Dengan mengenakan batik, satu persatu siswa tersebut datang ke lokasi sekira pukul 08.00 WIB. 

Mereka langsung menempati area di tengah food court Pasar Tanah Abang. 

Suasana keceriaan pun melingkupi wajah para siswa tersebut.

Beberapa dari mereka bahkan langsung menyiapkan catatan untuk membuat resume kegiatan Warta Kota Mengajar hari ini. 

Pasalnya, tak hanya pemaparan materi terkait jurnalistik yang kali ini membawakan tema Artificial Intelligence (AI) dan sosial media, Warta Kota Mengajar juga menghadirkan pihak Pasar Jaya dan PT Cakrawala Tirta Buana untuk memberikan sambutan.

Selain itu, mereka juga memberikan penjelasan tentang digitalisasi pasar saat ini, terutama di Pasar Tanah Abang yang merupakan sentra grosir terbesar di Indonesia. 

Pemaparan itu disampaikan oleh HRD Manager PT Cakrawala Tirta Buana, H.M Jazuri dan Content Creator Tanah Abang, Cici Palugada. 

Menurut perwakilan Warta Kota, Fred Mahatma Tis, tahun ini kegiatan Warta Kota Mengajar menargetkan hadir di 50 sekolah di DKI Jakarta.

Kali ini, Warta Kota bekerja sama dengan Pasar Jaya untuk menghadirkan edukasi terkait jurnalistik.

“Kira-kira mungkin 12 tahun lalu, kami sudah hadir dengan Warta Muda, lalu kami punya komunitas teman-teman SMA reporter dan kuliah-kuliah awal yang belajar Jurnalistik,” kata Tis dalam sambutannya di Warta Kota Mengajar spesial Pasar Tanah Abang, Rabu.

Menurutnya, panjangnya perjuangan dan perjalanan tersebut membuat tim Warta Kota Mengajar akan membagikannya kepada para pelajar di berbagai sekolah di DKI Jakarta sebagai tambahan soft skill.

Oleh karenanya, lanjut Tis, pada momen kali ini pihaknya akan membawakan materi tentang AI dan Sosial Media.

Sementara itu, Agus Lamun selaku Manager Humas Perumda Pasar Jaya menyampaikan bahwa acara Warta Kota Mengajar ini sangat baik untuk pengenalan era globalisasi.

Pasalnya menurut dia, generasi muda mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman yang kian pesat.

“Kalau kita tidak berubah, tentu tidak akan digusur oleh perubahan itu sendiri,” kata Agus memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Agus memberikan pemaparan singkat mengenai Pasar Jaya selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta.

Menurutnya, saat ini pihaknya melakukan pengelolaan terhadap pasar dan propertinya.

Total, ada 156 pasar di Jakarta yang dikelola oleh Pasar Jaya, termasuk Pasar Tanah Abang.

“Oleh karenanya, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk mengenali Pasar Jaya, Pasar Jaya daerah-daerah BUMD. Jadi mungkin teman-teman tidak sadar, di daerah sekitar teman-teman ada pasar,” kata Agus.

“Ternyata, BUMD ini memiliki 156 pasar di Jakarta,” imbuhnya.

Menurut Agus, pembekalan terkait digitalisasi yang disampaikan Warta Kota, akan mengarahkan para siswa untuk menerapkannya di segala hal, termasuk pada pasar tradisional.

“Sehingga, pemahaman ini akan teman-teman bawa pulang dan teman-teman bisa implementasikan di masyarakat luas,” jelas dia.

Oleh karenanya, Agus berharap agar generasi muda saat ini memiliki kemampuan dan lebih memahami soal digitalisasi lewat Warta Kota Mengajar. 

Adapun Christison Samuel selaku General Manager PT Cakrawala Tirta Buana, menyampaikan bahwa Pasar Tanah Abang ini bisa menjadi tempat belajar terkait integrasi digitalisasi dari jualan offline ke online.

“Karena dunia ini sudah dalam dunia digital yang diisi oleh manusia-manusia kreatif yang memanfaatkan percepatan teknologi, jadi semoga adik-adik bisa belajar di sini,” pungkasnya. (m40)

Leave a comment