Informasi Terpercaya Masa Kini

4 Makanan yang Enggak Boleh Dimasak di dalam Oven. Pernah Lakukan?

0 4

CewekBanget.ID – Oven sering digunakan untuk memanggang makanan.

Tapi, enggak semua jenis makanan cocok dimasak atau dipanggang dengan menggunakan oven.

Berikut daftar makanan yang enggak boleh dimasak di oven seperti yang dikutip dari Sajian Sedap. Jangan sampai kita lakukan, ya!

Baca Juga: 4 Penyebab Perut Panas, Enggak Cuma karena Makanan Pedas Lho!

1. Makanan yang digoreng

Jangan pernah kepikiran untuk mengubah cara memasak makanan yang udah seharusnya emang digoreng, menjadi dipanggang di dalam oven.

Reaksi kimia yang ditimbulkan oleh penggorengan dengan minyak berbeda dengan reaksi kimia yang dihasilkan saat memanggang dalam oven, dan pada akhirnya kita enggak akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Salah satu alasannya adalah lapisannya enggak akan menempel dengan baik, dan bagian luarnya bisa memiliki tekstur yang sangat keras, enggak terlalu renyah.

Dan karena lemak membawa rasa di lidah, tanpa lemak, makanan tersebut akan terasa hambar, meskipun segala sesuatunya tetap sama.

2. Makanan yang dikukus

Beberapa orang bisa jadi memiliki ide untuk mengukus dengan oven.

Namun pada akhirnya, lingkungan hangat, lembut, dan lembap yang dihasilkan oleh pengukusan enggak dapat ditiru secara efektif di dalam oven, girls!

3. Makanan beku

Beberapa makanan beku benar-benar aman untuk dibawa langsung dari freezer ke oven.

Makanan pembuka beku, makanan nampan kemasan atau pizza, bola-bola adonan kue atau roti gulung semuanya dapat langsung dibawa dari pendingin ke oven tanpa masalah.

Namun makanan seperti bagian ayam, casserole buatan sendiri, dan sejenisnya harus selalu dicairkan sepenuhnya sebelum kita memasaknya di oven.

Kalau enggak, makanan berisiko enggak menjadi cukup panas dengan cepat dan berada terlalu lama di zona bahaya 40 hingga 140 derajat untuk penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Kecuali kita mengetahui dari kemasan atau resep bahwa sesuatu dirancang khusus untuk dimasak dari beku, selalu cairkan semalaman di lemari es sebelum dimasukkan ke dalam oven, lalu diamkan pada suhu kamar setidaknya selama satu jam sebelum dimasukkan ke dalam oven untuk menghindarinya.

Baca Juga: Ini 5 Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan saat Keracunan Makanan!

4. Telur utuh

Banyak sekali cara untuk memasak telur matang dalam jumlah besar, termasuk menggunakan oven untuk melakukannya.

Namun meskipun secara teknis kita bisa mendapatkan telur yang matang sepenuhnya di oven, itu enggak akan menjadi puncak kesempurnaan santapan.

Bintik-bintik kecil dapat muncul pada bagian putih telur, lapisan luar telur menjadi sangat kenyal, dan proses ini dapat memakan waktu hingga 45 menit tergantung berapa lama waktu yang dibutuhkan oven untuk memanaskannya.

Selalu lebih baik untuk merebus atau mengukus telur, atau bahkan sous vide jika kita memiliki peralatannya. 

   

(*)

Baca Juga: 4 Makanan Pengganti Skincare Mahal. Bisa Hemat Pengeluaran, Nih!

Leave a comment