Informasi Terpercaya Masa Kini

Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-Oleh di Australia

0 3

Sepertinya sudah menjadi tradisi orang Indonesia, membawakan buah tangan kepada orang terdekat. Tak jarang orang-orang bahkan sudah menagih oleh-oleh padahal kita belum berangkat ke tempat tujuan. 

Agustus yang lalu saya berkesempatan pergi ke Australia, tentu tak afdol rasanya jika tidak membawa kenang-kenangan baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga dan kerabat. Cendera mata khas Australia cukup beragam, dari mulai yang standar seperti magnet dan gantungan kunci, atau barang khas aborigin hingga yang ekstrem seperti dendeng daging kangguru!

Jika berkunjung ke Australia berikut beberapa tempat rekomendasi berbelanja oleh-oleh di dua kota terbesatnya yaitu di Brisbane dan Sydney. 

1. Pasar 

Pasar favorit turis Indonesia tentunya Paddy’s Market di Sydney. Di sini kita bisa memilih beragam jenis oleh-oleh dengan harga lebih miring. Jangan khawatir tak bisa berbahasa Inggris, karena mayoritas pedagang adalah orang Indonesia!

Rekomendasi saya untuk belanja gantungan kunci, magnet atau tote bag di sini, karena harganya lebih terjangkau dan kualitasnya pun cukup bersaing. Untuk kaos atau jaket harganya relatif lebih murah, namun desainnya tidak terlalu bervariasi. Untuk magnet dan gantungan kunci harga bervariasi mulai dari 2 Dollar saja. Biasanya pedagang memberi harga diskon misalnya beli 4 jenis gantungan kunci dengan harga 10 dollar. 

Harga dan jenis barang yang dijual di tiap toko relatif sama, dan biasanya akan ada bonus jika kita membeli partai besar. Beberapa pedagang juga tak segan memberikan tester makanan seperti kacang macadamia ataupun coklat. 

Namanya juga belanja di pasar, pastilah tak senyaman berbelanja di mal. Tetap waspada dengan barang bawaan saat berbelanja karena pasar ini kerap penuh dengan pengunjung dari berbagai belahan dunia. Paddy’s Market tidak buka hingga malam hari, rata-rata toko-toko akan tutup di jam 6 sore. Oya, pasar yang terletak di kawasan China Town ini juga tutup pada hari senin dan selasa.

2. Souvenir Shop

Jika tak sempat ke Paddys Market, kita bisa berbelanja di toko souvenir. Toko souvenir biasanya terletak di pusat kota atau di dekat lokasi wisata. Harganya biasanya lebih mahal, tapi terkadang kualitas barang memang lebih oke dibanding di pasar. Toko souvenir ini juga bervariasi, ada yang kelasnya UMKM ada pula yang lebih premium. 

Di Brisbane sendiri ada beberapa toko souvenir, misalnya di daerah Queen street ada City Hall Gift Centre, Australia the gift dan Nextra gift and souvenir. Toko Souvenir di Brisbane rata-rata tutup pada jam 9 malam, dengan pilihan pembayaran bervariasi bisa cash maupun kartu. 

3. Factory Outlet

Ini adalah surga belanja bagi mayoritas warga Indonesia. Harbour town factory outlet yang saya kunjungi terletak di Gold Coast, sekitar 1 jam dari pusat kota Brisbane. Harbour Town adalah tempat yang wajib dikunjungi apalagi buat pecinta belanja dan merk ternama.

Pusat perbelanjaan berkonsep terbuka dengan deretan pohon palem, siapkan kaca mata hitam dan topi jika tak ingin kepanasan. Harbour Town Gold Coast adalah pusat perbelanjaan outlet pertama dan terbesar di Australia dengan lebih dari 220 toko. Tak perlu khawatir kelaparan karena di sini fasilitas lengkap dengan food court, dan dilengkapi juga dengan mushola. Bagi turis jangan lupa untuk meminta diskon turis saat berbelanja.

4. Campus

Australia dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan bermutu, sehingga tak heran dijadikan tempat favorit orang Indonesia untuk meneruskan pendidikan. Ada banyak kampus bergengsi yang ada di Australia, sehingga oleh-oleh dari kampus dapat menjadi opsi. 

 Toko souvenir kampus biasanya buka di hari kerja saja, namun saat ini sudah banyak kampus yang menyediakan opsi online store. Kaos, jumper hingga tote bag dengan label nama kampus dapat dibeli untuk orang tersayang. Beberapa teman bahkan membeli souvenir khas kampus sebagai afirmasi positif supaya tercapai cita-cita masuk ke kampus favorit.

5. Toko Farmasi

Vitamin sangat terkenal di Australia, biasanya banyak rekan yang akan titip fish oil atau multivitamin Blackmores. Chemist atau toko farmasi bisa menjadi pilihan untuk membelinya. Pastikan jeli membaca tanggal kadaluarsa. Bagi umat muslim, bacalah kandungannya dengan teliti karena beberapa vitamin terkadang mengandung babi.

6. Supermarket 

Untuk berbelanja coklat dan makanan, supermarket bisa menjadi pilihan. Coles dan Woolworth (warga lokal kerap menyingkatnya menjadi woolies) adalah dua supermarket ternama di Australia. Untuk oleh-oleh, pilihlah produk-produk Australian made yang tidak bisa ditemui di negara lain. Jangan lupa untuk membandingkan harga dari beberapa supermarket, karena beberapa produk akan lebih miring jika kita jeli.

Rekomendasi saya adalah membeli coklat, keju, madu, snack hingga kacang macadamia di sini. Harganya lebih murah dari toko oleh-oleh dan biasanya supermarket buka hingga jam 9 malam. Jika mau memberikan oleh-oleh tak biasa dan penuh tantangan, bisa membeli dan mencoba vegemite, selai khas Australia yang rasanya unik.

7. Bandara

Sepertinya bandara menjadi opsi terakhir untuk berbelanja oleh-oleh, karena biasanya harganya lebih mahal. Namun jika beruntung, beberapa duty free shop menawarkan harga yang kompetitif. 

Biasanya ada beberapa barang eksklusif yang hanya dijual di bandara seperti mug, kaos atau makanan. Berbelanja di bandara juga menjadi opsi untuk sekedar membelanjakan sisa-sisa dollar yang tersisa.

Selamat berbelanja!

Leave a comment