Informasi Terpercaya Masa Kini

FIFA Resmi Tolak Naturalisasi Bek Belanda, Mats Deijl, untuk Timnas Malaysia

0 3

Pemain Belanda keturunan Malaysia, Mats Deijl, resmi tak bisa dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Malaysia. Hal itu karena tidak sesuai dengan regulasi FIFA.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menjelaskan bahwa Mats Deijl memiliki garis keturunan Malaysia dari kakek-nenek moyang. Berdasarkan regulasi, pemain naturalisasi diakui FIFA jika punya garis keturunan maksimal dari kakek-nenek.

”FAM menginformasikan bahwa FIFA telah memastikan pemain klub Go Ahead Eagles asal Belanda, Mats Deijl, belum lolos persyaratan kelayakan untuk brgabung dengan Harimau Malaya,” bunyi pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

”Berdasarkan dokumen yang terlampir, pemain berusia 27 tahun itu memiliki darah Malaysia dari nenek moyangnya, bukan dari kakek atau neneknya, sebagaimana diatur dalam ketentuan FIFA,” lanjut pernyataan itu.

Adapun FAM telah menghubungi pihak klub, agen, dan sang pemain sejak 27 Juni lalu untuk bermain bersama Timnas Malaysia. Dari hasil diskusi itu, Mats Deijl menunjukkan keinginannya membela Malaysia.

Dari dokumen-dokumen yang sudah dianalisis, Mats Deijl memiliki darah Malaysia dari nenek moyang (ibu dari kakek garis keturunan ayah) yang lahir di Singapura pada 1893, di mana saat itu Singapura merupakan bagian dari Malaysia.

Mats Deijl adalah bek kanan 27 tahun yang bermain untuk Go Ahead Eagles di Eredivisie musim ini. Sepanjang kiprahnya, ia selalu bermain untuk tim-tim Belanda, seperti Willem II, Brabant II dan FC Den Bosch.

Leave a comment